Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Buku Panduan Asesmen Numerasi Tingkat SD Konsep Numerasi

Buku Panduan Asesmen Numerasi Tingkat SD Konsep Numerasi

 


Asesmen Numerasi Tingkat SD

Konsep Numerasi

Bimtek Guru Belajar Seri Asesmen Kompetensi Minimum untuk Tingkat SD  Asesmen Numerasi Tingkat SD  Konsep Numerasi

IN PROGRESS

Numerasi termasuk dalam kompetensi yang paling mendasar yang ingin dievaluasi dalam Asesmen Kompetensi Minimum. Sebelum membahas lebih jauh mengenai asesmen numerasi dalam AKM, Bapak dan Ibu perlu meninjau kembali apa yang dimaksud dengan numerasi.

Numerasi merupakan suatu kompetensi yang mencakup pengetahuan, keterampilan, perilaku, dan disposisi yang dibutuhkan siswa untuk menggunakan matematika dalam cakupan dan situasi yang lebih luas. Numerasi menuntut siswa untuk mengenali dan memahami peran matematika di dunia, memiliki disposisi dan kapasitas untuk menggunakan pengetahuan dan keterampilan matematika untuk memecahkan masalah dalam kehidupan nyata.

Secara umum kompetensi numerasi ditandai dengan kemampuan seseorang untuk bernalar, mengambil keputusan yang tepat, dan memecahkan masalah. Kemampuan ini dalam penerapannya terkait dengan mata pelajaran lain yang siswa pelajari.

Untuk lebih jelas mempelajari bagaimana kompetensi numerasi dievaluasi dalam asesmen kompetensi minimum, Anda dapat melanjutkan pada aktivitas selanjutnya.

Mengenal Asesmen Kompetensi Minimum Numerasi

Bimtek Guru Belajar Seri Asesmen Kompetensi Minimum untuk Tingkat SD  Asesmen Numerasi Tingkat SD  Mengenal Asesmen Kompetensi Minimum Numerasi

IN PROGRESS

Pada topik sebelumnya, Bapak dan Ibu telah mempelajari Butir Soal Asesmen Literasi pada Setiap Jenjang. Pada topik ini Bapak dan Ibu guru akan mempelajari lebih jauh mengenai Asesmen Numerasi yang berlaku untuk Asesmen Kompetensi Minimum yang akan diberikan pada siswa. Dalam penilaiannya asesmen literasi membaca tidak hanya mengukur topik atau konten tertentu tetapi berbagai konten, berbagai konteks dan pada beberapa tingkat proses kognitif. 

Pada Numerasi, konten dibedakan menjadi empat kelompok, yaitu: Bilangan, Pengukuran dan Geometri, Data dan Ketidakpastian, serta Aljabar.  Kemudian, tingkat proses kognitif menunjukkan proses berpikir yang dituntut atau diperlukan untuk dapat menyelesaikan masalah atau soal. Pada Numerasi, ketiga level tersebut adalah pemahaman, penerapan, dan penalaran.  Sedangkan konteks menunjukkan aspek kehidupan atau situasi untuk konten yang digunakan. Konteks pada AKM dibedakan menjadi tiga, yaitu personal, sosial budaya, dan saintifik. 


Untuk mempermudah Bapak dan Ibu memahami penilaian asesmen literasi membaca silakan cek infografis berikut:

 

Menganalisis Tahap Asesmen Numerasi Tingkat SD

Bimtek Guru Belajar Seri Asesmen Kompetensi Minimum untuk Tingkat SD  Asesmen Numerasi Tingkat SD  Menganalisis Tahap Asesmen Numerasi Tingkat SD

IN PROGRESS

Selanjutnya, Bapak dan Ibu akan berlatih menganalisis tahap asesmen pada tingkat SD.

Pada jenjang SD/MI terdapat 3 level pembelajaran. Pada level 1 terdapat 3 konten yang dipelajari yakni, bilangan, geometri dan pengukuran serta aljabar. Sedangkan pada level 2-3 terdapat 4 konten yakni, bilangan, geometri dan pengukuran, aljabar, dan data dan ketidak pastian.

Pada level pembelajaran 1 untuk kelas 2, siswa akan belajar merepresentasi, mengurutkan dan operasi penjumlahan dan pengurangan bilangan. Siswa akan mengenal bangun geometri dan pengukurannya. Selain itu siswa juga akan mempelajari persamaan dan pertidaksamaan bilangan serta relasi dan fungsi bilangan.  Bapak dan Ibu juga dapat melihat penjelasan yang lebih lengkap melalui link berikut.

Level Pembelajaran 1 Numerasi

Pada level pembelajaran 2 untuk kelas 4, siswa akan belajar merepresentasi, mengurutkan dan operasi penjumlahan, pengurangan, pembagian, perkalian dengan bilangan bulat ataupun desimal. Siswa akan mengenal bangun geometri dan pengukurannya. Selain itu siswa juga akan mempelajari persamaan dan pertidaksamaan bilangan, relasi dan fungsi bilangan, juga rasio dan proporsi. Pada level ini siswa juga akan mempelajari data dengan representasinya serta ketidakpastian dan peluang.  Bapak dan Ibu juga dapat melihat penjelasan yang lebih lengkap melalui link berikut.

Level Pembelajaran 2 Numerasi.

Pada level pembelajaran 3 untuk kelas 6, siswa akan belajar merepresentasi, mengurutkan dan operasi penjumlahan, pengurangan, pembagian, perkalian dengan bilangan bulat ataupun desimal. Siswa akan mengenal bangun geometri dan pengukurannya. Selain itu siswa juga akan mempelajari persamaan dan pertidaksamaan bilangan, relasi dan fungsi bilangan, juga rasio dan proporsi. Pada level ini siswa juga akan mempelajari data dengan representasinya.  Bapak dan Ibu juga dapat melihat penjelasan yang lebih lengkap melalui link berikut.

Level Pembelajaran 3 Numerasi.


Contoh Butir Soal Asesmen Numerasi Tingkat SD

Bimtek Guru Belajar Seri Asesmen Kompetensi Minimum untuk Tingkat SD  Asesmen Numerasi Tingkat SD  Contoh Butir Soal Asesmen Numerasi Tingkat SD

IN PROGRESS

Pada aktivitas sebelumnya, Bapak dan Ibu telah belajar menganalisis tahap asesmen numerasi pada tingkat SD. Pada topik ini, Bapak dan Ibu akan mengenal contoh-contoh butir asesmen numerasi tingkat SD. 

Level Pembelajaran 1 Numerasi.

1. Memahami bilangan cacah (maks. tiga angka).

Desi ingin mengambil beberapa kartu bilangan yang nilai angka satuannya lebih kecil dari 5. Kartu-kartu apa saja yang dapat diambil oleh Desi?

Pembahasan:
B dan C, Bilangan pada digit satuan di gambar trapesium merah adalah 4 dan bilangan pada digit satuan di gambar jajargenjang ungu adalah 1. Keduanya lebih kecil daripada 5.

Anda dapat melihat lebih banyak contoh-contoh soal kompetensi ini melalui tautan berikut Contoh-contoh butir soal kompetensi 1 level 1

2. Memahami pecahan satuan sederhana (1/2, 1/3, 1/4, 1/5).

Perhatikan kue cokelat yang telah dipotong berikut!

Potongan-potongan kue coklat tersebut digambarkan sebagai berikut

Jika Andi mendapatkan ⅓ bagian dari kue yang telah dipotong, pilihan yang menggambarkan kue bagian Andi adalah…

A

B

C

D

Anda dapat melihat lebih banyak contoh-contoh soal kompetensi ini melalui tautan berikut Contoh-contoh butir soal kompetensi 2 level 1

3. Mengenal garis bilangan dan mengetahui posisi bilangan cacah pada garis bilangan.

Tabel berikut menunjukkan nilai Ulangan Harian dari 5 orang siswa.

No

N a m a

Nilai

1

Tika

89

2

Wira

90

3

Ady

91

4

Titin

87

5

Dian

88

Jika mereka diminta berdiri berurutan dengan nilai terbesar  berada di depan, maka yang berdiri pada posisi:

Kalimat

Benar

Salah

paling depan adalah Ady

paling belakang adalah Dian

tepat di depan Tika adalah Wira

Anda dapat melihat lebih banyak contoh-contoh soal kompetensi ini melalui tautan berikut Contoh-contoh butir soal kompetensi 3 level 1

4. Membandingkan dua bilangan cacah (maks. tiga angka).

Kartu bilangan tersebut bila diurutkan dari bilangan yang terkecil hingga terbesar adalah….

A

B

C

D

Pembahasan: A, urutan bilangan dari terkecil hingga terbesar adalah 107, 245, 254, 335, dan 371

Anda dapat melihat lebih banyak contoh-contoh soal kompetensi ini melalui tautan berikut 
Contoh-contoh butir soal kompetensi 4 level 1

5. Menghitung hasil penjumlahan/ pengurangan dua bilangan cacah (maks. tiga angka).

Berapakah bilangan yang tepat untuk mengisi titik-titik berikut ?

Jawab:
308. 473 + X = 781. Berarti X = 781 – 473 = 308.

Anda dapat melihat lebih banyak contoh-contoh soal kompetensi ini melalui tautan berikut Contoh-contoh butir soal kompetensi 5 level 1

6. Menentukan beberapa (maks. 5) kelipatan suatu bilangan cacah n dengan n < 10. 

Perhatikan garis bilangan berikut!

Bilangan pada  berturut-turut dari kiri ke kanan adalah 65 dan 90
Jawab:
65 dan 90, garis bilangan pada gambar berjarak 5 satuan. Sehingga bilangan sebelum 70 adalah 70-5=65 dan bilangan setelah 85 adalah 85+5=90
.
Anda dapat melihat lebih banyak contoh-contoh soal kompetensi ini melalui tautan berikut 
Contoh-contoh butir soal kompetensi 6 level 1

7. Mengenal segi empat, segitiga, segi banyak, dan lingkaran.

Perhatikan gambar-gambar di bawah ini! 

Manakah pernyataan yang sesuai dengan gambar diatas?

Bangun persegi panjang ditunjukkan nomor 1, 4, dan 6

Bangun persegi ditunjukkan nomor 4, 5, dan 8

Bangun segitiga ditunjukkan oleh nomor 1 , 7, dan 9

Bangun segi banyak ditunjukkan oleh nomor 3, 4, dan 6

Bangun segi empat ditunjukkan oleh nomor 2, 3, dan 4

Anda dapat melihat lebih banyak contoh-contoh soal kompetensi ini melalui tautan berikut Contoh-contoh butir soal kompetensi 7 level 1

8. Mengenal balok dan kubus.

Perhatikan gambar berikut!

Benda yang ditunjuk oleh tanda panah pada gambar tersebut berbentuk
Jawab: Kubus

Anda dapat melihat lebih banyak contoh-contoh soal kompetensi ini melalui tautan berikut Contoh-contoh butir soal kompetensi 8 level 1

9. Mengenal satuan baku untuk panjang (cm, m), berat (gr, kg), waktu (detik, menit, jam) dan volume (liter).

Berapa kilometer jarak dari Bank Swadaya ke pasar Gede?

A

0,25 km

B

2,5 km

C

25 km

D

250 km

Anda dapat melihat lebih banyak contoh-contoh soal kompetensi ini melalui tautan berikut Contoh-contoh butir soal kompetensi 9 level 1

10. Menyelesaikan persamaan sederhana menggunakan operasi penjumlahan/pengurangan saja (dalam bentuk yang ramah bagi anak).

Gambar di bawah ini menunjukkan susunan permen jeli berbentuk boneka.

Pada gambar terdapat permen jelly warna merah, hijau, kuning, dan putih.

Berdasarkan gambar di atas, pernyataan berikut yang benar adalah …

A

Banyak permen putih = banyak permen merah + banyak permen hijau.

B

Banyak permen putih = banyak permen merah + banyak permen kuning.

C

Banyak permen hijau adalah 2 lebihnya dari banyak permen merah.

D

Banyak permen merah adalah 2 lebihnya dari banyak permen hijau.

Anda dapat melihat lebih banyak contoh-contoh soal kompetensi ini melalui tautan berikut Contoh-contoh butir soal kompetensi 10 level 1

11. Mengenali pola gambar atau objek.

Ibu mempunyai bunga aster dan bunga tulip.

Bunga Aster

Bunga Tulip

Kemudian Ibu membuat 2 macam rangkaian bunga dari bunga-bunga itu dengan pola sebagai berikut.

Rangkaian 1

Rangkaian 2

Sifa ingin membuat rangkaian bunga yang sama dengan rangkaian 2 milik Ibu.
Ia akan menggunakan bunga matahari dan bunga mawar. Ia mempunyai 8 bunga matahari.

Apakah ia dapat membuat pola rangkaian bunga yang sama? Jika iya, Berapa banyaknya bunga mawar yang ia perlukan?
Jawab: Iya, dapat. Ia butuh 8 bunga mawar untuk membuat rangkaian tersebut. Karena sudah ada 8 bunga matahari dan pola rangkaian yang ingin dibuat membutuhkan jumlah bunga matahari dan mawar yang sama, maka dibutuhkan 8 bunga mawar untuk melengkapi rangkaian tersebut.

Anda dapat melihat lebih banyak contoh-contoh soal kompetensi ini melalui tautan berikut Contoh-contoh butir soal kompetensi 11 level 1

Level Pembelajaran 2 Numerasi untuk kelas 4.

1. Memahami pecahan dan pecahan campuran positif dengan penyebut bilangan satu atau dua angka (misal 5/12, 2⅗).

Perhatikan koleksi stiker milik Anton berikut ini!

Pilihlah ‘Benar’ atau ‘Salah’ dari pernyataan berikut ini!

Pernyataan

Benar

Salah

Sepertiga stiker milik Anton berbentuk segi delapan.

Stiker Anton yang paling sedikit adalah berbentuk persegi.

Anda dapat melihat lebih banyak contoh-contoh soal kompetensi ini melalui tautan berikut Contoh-contoh butir soal kompetensi 1 level 2

2. Mengetahui posisi pecahan pada garis bilangan.

Budi memegang angka 61%, Dinda memegang angka 0.7, Ade memegang angka 0.68 dan Yuda memegang angka 59. Mereka disuruh berbaris sesuai urutan bilangan yang mereka pegang. Urutan mulai dari yang terkecil berdiri paling depan adalah ….

A

Yuda, Budi, Ade, Dinda

B

Dinda, Yuda, Budi, Ade

C

Budi, Dinda, Ade, Yuda

D

Yuda, Ade, Dinda, Budi

Anda dapat melihat lebih banyak contoh-contoh soal kompetensi ini melalui tautan berikut Contoh-contoh butir soal kompetensi 2 level 2

3. Membandingkan dua pecahan, termasuk membandingkan pecahan dan bilangan cacah.

Andi mendapat kue    bagian dan Susi mendapat    bagian dari kue yang sama. 

Pernyataan berikut ini yang benar adalah …

Pernyataan

Benar

Salah

Andi mendapatkan kue lebih banyak.

Susi mendapatkan kue lebih banyak.

Andi dan Susi mendapatkan bagian yang sama.

Andi mendapatkan kue lebih sedikit.

Anda dapat melihat lebih banyak contoh-contoh soal kompetensi ini melalui tautan berikut Contoh-contoh butir soal kompetensi 3 level 2

4. Menghitung hasil penjumlahan/pengurangan/perkalian/pembagian dua bilangan cacah (maks. enam angka), termasuk menghitung kuadrat dari suatu bilangan cacah (maks. tiga angka).

Perhatikan penjumlahan bilangan 5 angka berikut!

Berapa nilai A yang harus kamu ganti supaya hasil penjumlahan tersebut bilangan 6 angka?

Angka

Bisa

Tidak

6

7

8

9

Anda dapat melihat lebih banyak contoh-contoh soal kompetensi ini melalui tautan berikut Contoh-contoh butir soal kompetensi 4 level 2

5. Menentukan KPK, faktor suatu bilangan cacah, dan FPB.

Toko Sembako dikunjungi oleh:

 • pemasok telur setiap 8 hari.

 • pemasok mie setiap 15 hari.

 • pemasok sabun setiap 30 hari.

Pada hari Minggu, 1 Maret 2020 untuk pertama kali pemasok sabun dan pemasok mie datang bersamaan ke toko Sembako. Pada tanggal berapa mereka akan datang bersamaan lagi untuk yang kedua kali?

Jawab: 31 Maret 2020, KPK dari 15 dan 30 adalah 30. Jadi 30 hari setelah 1 maret 2020 jatuh pada tanggal 31 maret 2020.

Anda dapat melihat lebih banyak contoh-contoh soal kompetensi ini melalui tautan berikut Contoh-contoh butir soal kompetensi 5 level 2

6. Menghitung luas persegi panjang bila diketahui panjang dan lebarnya, dan menghitung panjang atau lebar bila diketahui luas dan salah satu sisinya.

Gambar berikut adalah kolam renang yang permukaannya berbentuk persegi panjang dan dalamnya 1 meter. Di sekeliling kolam renang bagian luar akan dibuat jalan dengan lebar 1 meter, dan akan dipasang keramik. Ukuran lebar kolam renang itu setengah dari ukuran panjangnya.

Berapakah luas daerah kolam renang seluruhnya ?
Jawab: 144 meter persegi, panjang kolam renang adalah 20-2=18 meter. Lebar kolam renang berdasarkan gambar adalah setengah dari 20, berarti 10, dipotong lebar jalan 2 meter sehingga lebar kolamnya saja adalah 8 meter. Jadi luas kolam renang sama dengan 18 dikali 8 = 144 meter persegi.

Anda dapat melihat lebih banyak contoh-contoh soal kompetensi ini melalui tautan berikut Contoh-contoh butir soal kompetensi 6 level 2

7. Mengenal prisma dan tabung.

Indah mempunyai celengan berbentuk prisma segilima. Banyak rusuk pada celengan Indah adalah ….

A

6

B

7

C

10

D

15

Anda dapat melihat lebih banyak contoh-contoh soal kompetensi ini melalui tautan berikut Contoh-contoh butir soal kompetensi 7 level 2

8. Mengenal dan menggunakan satuan luas (cm2, m2) dan volume (cm3, m3).

Perhatikan gambar berikut!

Pada sebuah wadah gayung tertulis isi 1.000 ml dan wadah sebuah gelas bertuliskan isi 250 ml. Berapa banyak gelas yang diperlukan untuk menampung tiga setengah gayung air di dalamnya?

Jawab: 14 Gelas

Anda dapat melihat lebih banyak contoh-contoh soal kompetensi ini melalui tautan berikut Contoh-contoh butir soal kompetensi 8 level 2

9. Menyelesaikan persamaan sederhana menggunakan operasi perkalian/pembagian saja.

Perhatikan gambar di bawah ini!

Harga lima buah permen lolipop adalah ….

A

Rp3.000,00

B

Rp6.000,00

C

Rp9.000,00

D

Rp15.000,00

Anda dapat melihat lebih banyak contoh-contoh soal kompetensi ini melalui tautan berikut Contoh-contoh butir soal kompetensi 9 level 2

10. Mengenali pola bilangan sederhana dan melanjutkan pola tersebut.

Perhatikan gambar tumpukan telur berikut!.

Perhatikan susunan telur yang berbentuk menyerupai piramida pada gambar di atas!
Banyak telur pada lapisan paling bawah adalah ….

A

11 butir

B

15 butir

C

21 butir

D

36 butir

Anda dapat melihat lebih banyak contoh-contoh soal kompetensi ini melalui tautan berikut Contoh-contoh butir soal kompetensi 10 level 2

11. Memahami cara penyajian data sederhana (menggunakan turus dan diagram gambar).

Perhatikan tabel skor hasil ulangan Matematika berikut!

Banyak siswa yang nilainya kurang dari 75 adalah ….

A

17 orang

B

9 orang

C

8 orang

D

5 orang

Anda dapat melihat lebih banyak contoh-contoh soal kompetensi ini melalui tautan berikut Contoh-contoh butir soal kompetensi 11 level 2

12. Menentukan kejadian yang lebih mungkin di antara beberapa kejadian.

Perhatikan gambar berikut!

Setelah papan tersebut diputar, pada saat berhenti papan warna apa yang lebih mungkin ditunjuk oleh jarum? Jelaskan jawabanmu!
Jawab: Merah, papan dibagi menjadi 8 bagian yang sama. Bagian berwarna merah ada 3, paling banyak dibandingkan warna-warna lainnya. Sehingga peluang jarum berhenti di papan berwarna merah adalah yang paling besar.

Anda dapat melihat lebih banyak contoh-contoh soal kompetensi ini melalui tautan berikut Contoh-contoh butir soal kompetensi 12 level 2.

Level Pembelajaran 3 Numerasi untuk kelas 6.

1. Memahami bilangan bulat, khususnya bilangan bulat negatif.

Perhatikan gambar termometer berikut!

Sekarang di Belanda sedang musim dingin dengan suhu 10ยบ C. Setelah turun salju, suhunya turun 17 derajat.

Suhu sekarang adalah ….

A

-7° C

B

-10° C

C

-17° C

D

-27° C

Anda dapat melihat lebih banyak contoh-contoh soal kompetensi ini melalui tautan berikut Contoh-contoh butir soal kompetensi 1 level 3.

2. Menyatakan bilangan desimal dengan dua angka di belakang koma dan persentase dalam bentuk pecahan, atau sebaliknya.

Perhatikan gambar berikut!


Pada label kemasan minuman di atas,  dalam 100 mL terdiri dari ….. sari buah apel.

Anda dapat melihat lebih banyak contoh-contoh soal kompetensi ini melalui tautan berikut Contoh-contoh butir soal kompetensi 2 level 3.

3. Mengetahui posisi bilangan desimal dengan dua angka di belakang koma pada garis bilangan serta posisi bilangan bulat termasuk bilangan bulat negatif

Tabel berikut adalah data daya tampung dan jumlah peminat beberapa jurusan di Perguruan Tinggi A selama tiga tahun terakhir.

Daya tampung dan jumlah peminat berpengaruh dengan tingkat keketatan program studi. Persentase tingkat keketatan program studi dapat dihitung menggunakan rumus ‘daya tampung’ dibagi ‘jumlah peminat’ dikali seratus persen. Semakin kecil persentasenya maka semakin besar tingkat keketatannya.
Pada tahun 2017, program studi manakah yang memiliki keketatan tertinggi?
Jawab: program studi komputer

Anda dapat melihat lebih banyak contoh-contoh soal kompetensi ini melalui tautan berikut Contoh-contoh butir soal kompetensi 3 level 3.

4. Mengurutkan beberapa bilangan yang dinyatakan dalam bentuk berbeda.

Budi memegang selembar kertas bertuliskan bilangan 61%.

Dinda memegang selembar kertas bertuliskan bilangan 0,7.

Ade memegang selembar kertas bertuliskan bilangan 0,68.

Yuda memegang selembar kertas bertuliskan bilangan  .

Urutan anak yang memegang kertas bilangan mulai dari yang terkecil berdiri paling depan adalah ….

A

Yuda, Budi, Ade, Dinda

B

Dinda, Yuda, Budi, Ade

C

Budi, Dinda, Ade, Yuda

D

Yuda, Ade, Dinda, Budi

Anda dapat melihat lebih banyak contoh-contoh soal kompetensi ini melalui tautan berikut Contoh-contoh butir soal kompetensi 4 level 3

5. Menghitung hasil pengoperasian pecahan atau bilangan desimal, termasuk menghitung kuadrat dan kubik dari suatu bilangan desimal dengan satu angka di belakang koma serta operasi bilangan bulat termasuk bilangan bulat negatif.

Pak Darmo berjualan bubur ayam setiap hari Senin – Jumat dengan modal Rp400.000,00 per hari. Satu porsi bubur ayam dijual Rp10.000,00 dan air mineral Rp4.000,00 per botol. Pada hari Senin sampai dengan hari Kamis 10% keuntungan Pak Darmo disumbangkan untuk Panti Asuhan Maju Bersama, sedangkan  pada hari Jumat seluruh keuntungan disumbangkan untuk panti asuhan tersebut.

Berikut adalah data penjualan yang dicatat oleh Pak Darmo selama satu minggu:

Total pendapatan bersih Pak Darmo selama satu minggu adalah
Jawab: 1.668.400  rupiah.

Anda dapat melihat lebih banyak contoh-contoh soal kompetensi ini melalui tautan berikut Contoh-contoh butir soal kompetensi 5 level 3

6. Menghitung luas bangun datar.

Perhatikan gambar kolam renang berikut!

Kolam renang tersebut berbentuk persegipanjang dengan ukuran panjang 10 meter dan lebar 4 meter yang di sekeliling kolam bagian luarnya  dipasang keramik. Jika lebar daerah yang dipasang keramik 50 cm, luas seluruh keramik di sekeliling kolam renang tersebut adalah ….

A

15 m2

B

40 m2

C

55 m2

D

64 m2

Anda dapat melihat lebih banyak contoh-contoh soal kompetensi ini melalui tautan berikut Contoh-contoh butir soal kompetensi 6 level 3

7. Mengenal limas, kerucut, dan bola.

Perhatikan beberapa pernyataan berikut:

(i).    Memiliki dua rusuk

(ii).   Memiliki lima rusuk

(iii).  Memiliki tiga sisi

(iv).  Memiliki enam sisi

Di antara pernyataan di atas, yang merupakan pernyataan benar untuk bangun limas segi lima adalah ….

A

(i)

B

(ii)

C

(iii)

D

(iv)

Anda dapat melihat lebih banyak contoh-contoh soal kompetensi ini melalui tautan berikut Contoh-contoh butir soal kompetensi 7 level 3

8. Mengenal dan menggunakan satuan kecepatan dan debit.

Perhatikan gambar berikut!

Terdapat satu keluarga terdiri dari ayah, ibu, dan dua orang anak. Jika setiap anggota keluarga memerlukan 2 liter air per hari untuk minum.
Setara berapa menitkah air keran yang menyala untuk keperluan minum satu keluarga tersebut?
Jawab: 1,33 menit

Anda dapat melihat lebih banyak contoh-contoh soal kompetensi ini melalui tautan berikut Contoh-contoh butir soal kompetensi 8 level 3

9. Menyelesaikan persamaan linier 1 variabel.

Di kota A terdapat dua perusahaan pengiriman barang yang letaknya bersebelahan, yaitu “Cepat Kirim” dan “Lancar Jaya”. Kedua perusahaan memiliki tarif yang berbeda. Berikut tabel  tarif pengiriman barang setiap perusahaan dari kota A.

Defi yang tinggal di kota A ingin mengirim barang seberat 12 kg ke kota D. Ia membawa uang Rp50.000,00. Berapa kembalian terbanyak yang akan ia terima?
Jawab: Rp 10.000,00.

Anda dapat melihat lebih banyak contoh-contoh soal kompetensi ini melalui tautan berikut Contoh-contoh butir soal kompetensi 9 level 3

10. Menentukan suku ke-n pada suatu pola bilangan sederhana.

Perhatikan gambar berikut!

Suku ke-12 pada pola bilangan di atas adalah
Jawab:  24

Anda dapat melihat lebih banyak contoh-contoh soal kompetensi ini melalui tautan berikut Contoh-contoh butir soal kompetensi 10 level 3

11. Menggunakan rasio/skala untuk menentukan nilai/bilangan yang tidak diketahui.

Perhatikan peta berikut!

Diketahui skala peta di atas adalah 1 : 1.250.000. Jika jarak antara kota Gresik dan kota Malang pada peta 8 cm, maka jarak sebenarnya kedua kota tersebut adalah ….

A

10 km

B

50 km

C

100 km

D

150 km

Anda dapat melihat lebih banyak contoh-contoh soal kompetensi ini melalui tautan berikut Contoh-contoh butir soal kompetensi 11 level 3

12. Membaca data yang disajikan dalam bentuk tabel, diagram batang, dan diagram lingkaran 

Diagram lingkaran berikut adalah data kegemaran olahraga siswa kelas VI.

Berapa persenkah siswa yang gemar bulutangkis?

A

50%

B

25%

C

17%

D

8%

Anda dapat melihat lebih banyak contoh-contoh soal kompetensi ini melalui tautan berikut Contoh-contoh butir soal kompetensi 12 level 3



Latihan Membuat Soal Asesmen Numerasi Tingkat SD

Bimtek Guru Belajar Seri Asesmen Kompetensi Minimum untuk Tingkat SD  Asesmen Numerasi Tingkat SD  Latihan Membuat Soal Asesmen Numerasi Tingkat SD

IN PROGRESS

Dari penjelasan pada aktivitas-aktivitas sebelumnya, dapat disimpulkan bahwa butir-butir soal asesmen numerasi AKM melibatkan proses penalaran yang tidak dapat dipersiapkan melalui program bimbingan belajar intensif yang berfokus pada latihan-latihan soal saja. Proses penalaran siswa justru perlu lebih banyak dikembangkan dan dipupuk melalui strategi pembelajaran di kelas. 

Anda telah mengenali level-level perkembangan kompetensi numerasi siswa SD. Pada aktivitas ini, Bapak dan Ibu akan berlatih membuat butir soal numerasi yang akan membantu siswa Anda untuk berlatih menggunakan kompetensi numerasi untuk bernalar dalam pembelajaran di kelas. Bagaimana langkahnya? Mari kita berlatih.

1.       Pertama, pahami kompetensi numerasi siswa yang Anda ampu. Dari situ Anda dapat memilih kasus yang sesuai. Misalnya, dari kedua gambar berikut ini manakah yang paling sesuai dengan level yang anda ampu, Apakah gambar 1, atau gambar 2? Jelaskan.

·        

·        

·        

2.       Kedua, setelah memilih kasus sesuai dengan level kompetensi siswa yang Anda ampu, pilihlah salah satu kompetensi yang ingin Anda kembangkan dan evaluasi. 

3.       Ketiga, dari kompetensi numerasi tersebut, cobalah membuat 3 buah soal dengan bentuk yang berbeda-beda berdasarkan gambar yang Anda pilih tadi. 

Pertanyaan-pertanyaan yang dikembangkan atas dasar kompetensi, bukan hafalan materi semata, memberikan kesempatan pada siswa untuk terus mengembangkan kemampuan dasar numerasinya dalam penalaran. 

Soal yang saya buat

Di kota J terdapat dua perusahaan pengiriman barang yang letaknya berdampingan, yaitu “Cepat Kirim” dan “Lancar Jaya”. Kedua perusahaan memiliki tarif yang berbeda. Berikut tabel  tarif pengiriman barang setiap perusahaan dari kota J.

kota tujuan      berat barang (KG)                       Cepat kirim                                            Lancar Jaya

                                                       10 Kg Pertama         1Kg Berikutnya      10 Kg Pertama         1Kg Berikutnya

G                                                      Rp. 40.000,00          Rp. 1500,00            Rp. 30.000,00          Rp. 2000,00

H                                                      Rp. 35.000,00          Rp. 2400,00            Rp. 34.000,00          Rp. 2700,00

 I                                                       Rp. 36.000,00          Rp. 2000,00            Rp. 40.000,00          Rp. 3000,00

1. Amir yang tinggal di kota I ingin mengirim barang seberat 15 kg ke kota D. Ia membawa uang Rp100.000,00. Berapa kembalian terbanyak yang akan ia terima?

Jawab: Rp 45.000,00.

2. Bila Amir memiliki barang 11 kg maka biaya yang dikeluarkan oleh Amir paling Sedikit adalah ......

Jawaban: Rp. 36.700,00

3. berdasarkan data diatas menurutmu manakah nama perusahaan , kota tujuan dengan  sama jasa pengiriman bila seseorang memiliki barang seberat 10 Kg?

Jawaban; Cepat kirim : kota tujuan G; Lancar Jaya I

 

Demikian Informasi Terbaru Terkait Buku Panduan Asesmen Numerasi Tingkat SD Konsep Numerasi.  Semoga Ada Manfaatnya Dan Silakan Bagikan Artikel Ini Ke Sosial Media Kalian Dengan Menekan Tombol Share Di Bawah.

 

Jika artikel ini kurang jelas dan mungkin masih ada pertanyaan, anda bisa tanyakan pada kolom komentar yang tersedia di akhir postingan ini. Untuk dapat mengikuti berita terbaru dan mendapatkan notifikasi silahkan follow akun www.dapodik.co.id ini. Karena akan menyajikan berita terbaru dan terpopuler di dunia pendidikan, terima kasih.


Posting Komentar untuk "Buku Panduan Asesmen Numerasi Tingkat SD Konsep Numerasi"