Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

4 Contoh Paragraf Induktif, Pengertian Paragraf Induktif, Ciri-Ciri Kalimat Induktif dan Jenis-Jenis Kalimat Induktif

DAPODIK.CO.ID - 4 Contoh Paragraf Induktif, Pengertian Paragraf Induktif, Ciri-Ciri Kalimat Induktif dan Jenis-Jenis Kalimat Induktif. Materi mengenai kalimat induktif sering keluar di soal-soal pelajaran bahasa indonesia baik jenjang SD, SMP, SMA dan SMK sebagai soal ujian nasional (UN), untuk itu penting untuk kita ketahui contoh induktif agar kita bisa menjawab dengan mudah soal yang diberikan oleh guru yang tentunya sudah di tunjuk baik untuk ujian akhir sekolah (UAS) maupun Ujian Nasional (UN).


Tidak hanya contohnya saja yang akan admin sajikan, melainkan juga akan di paparkan pengertian, ciri-ciri, dan jenis. Nah, mari mulai belajar untuk mengetahui kalimat induktif.

 


4 Contoh Paragraf Induktif, Pengertian Paragraf Induktif, Ciri-CiriKalimat Induktif dan Jenis-Jenis Kalimat Induktif

 

Pengertian Paragraf Induktif

 

Paragraf Induktif adalah paragraf yang diawali dengan kalimat yang memuat penjelasan-penjelasan berupa fakta, contoh-contoh, rincian khusus, atau bukti, lalu diakhiri dengan kalimat utama. Paragraf Induktif dikembangkan dari pola khusus ke umum

           

Pola Kalimat Induktif: Khusus → Khusus → Khusus → Umum.

 

Ciri-ciri Kalimat Induktif

·         Diawali dengan penjelasan-penjelasan khusus.

·         Lalu di generalisasikan menjadi sebuah kesimpulan berdasarkan penjelasan-penjelasan khusus.

·         Kesimpulan sekaligus kalimat utama terletak di akhir Paragraf.

 

Jenis-jenis kalimat induktif

 

1.Paragraf Generalisasi

Paragraf generalisasi adalah paragraf yang mengutarakan hal-hal khusus di awalnya, lalu diarahkan menjadi satu kesimpulan umum. Nah, kesimpulan ini diperoleh dari kalimat-kalimat khusus di atasnya.

 

2.Paragraf Analogi

Paragraf analogi merupakan paragraf yang dikembangkan dengan pola deduksi, maksudnya topik utamanya diutarakan dengan cara membandingkan 2 hal yang mempunyai kesamaan. Dari kesamaan itulah ditarik suatu kesimpulan umum.

 

3.Paragraf Sebab-Akibat

Paragraf sebab akibat merupakan paragraf yang kesimpulannya diperoleh dari kalimat-kalimat yang merupakan hal khusus atau sebab pada awal-awal paragraf.

 

4.Paragraf Akibat-Sebab

Kebalikan dari paragraf sebab – akibat, paragraf ini menarik kesimpulan umum yang berupa sebab dari akibat – akibat yang diuraikan sebelumnya.

 

Contoh Paragraf Induktif Singkat

 

Contoh paragraf induktif Generalisasi tentang sekolah 1:

Ketika ujian telah selesai, nilai anak-anak diperiksa. Ternyata terdapat berbagai nilai siswa, sebanyak 19 siswa nilainya melampaui standar kelulusan. 10 siswa memperoleh nilai tepat pada standar kelulusan, dan tidak ada seorang siswa pun yang memperoleh nilai dibawah standar. Sehingga bisa dikatakan kegiatan belajar di kelas ini berhasil.

 

Contoh kalimat induktif Analogi tentang belajar 2:

Belajar di masa tua memerlukan usaha yang lebih karena daya tangkap yang dimiliki saat tua sudah berkurang. Selain itu motivasi yang dimiliki sudah melemah karena terlalu banyak pikiran. Alasan itulah yang menggambarkan bahwa belajar di waktu tua seperti melukis di atas air.

 

Contoh paragraf induktif Sebab-Akibat singkat 3:

Sekarang kita sudah memasuki musim penghujan. Terdapat banyak sampah yang menumpuk karena kita sering membuang sampah sembarangan. Apalagi dangkalnya permukaan sungai saat ini bertambah. Sehingga tidak mengherankan apabila banjir datang setiap hari.

 

Contoh kalimat induktif Perbandingan singkat 4:

Ahmad suka menolong orang dan selalu ramah terhadap siapapun. Tidak seperti adiknya Hakim yang suka jahil kepada orang. Hakim lebih terkenal karena nakal nya dibandingkan prestasinya. Itulah alasan mengapa kedua saudara ini mendapatkan perlakuan yang berbeda dari teman-temannya.

 

Demikian 4 Contoh Paragraf Induktif, Pengertian Paragraf Induktif, Ciri-Ciri Kalimat Induktif dan Jenis-Jenis Kalimat Induktif. Semoga Ada Manfaatnya Dan Silakan Bagikan Artikel Ini Ke Sosial Media Kalian Dengan Menekan Tombol Share Di Bawah.

 

Jika artikel ini kurang jelas dan mungkin masih ada pertanyaan, anda bisa tanyakan pada kolom komentar yang tersedia di akhir postingan ini. Untuk dapat mengikuti berita terbaru dan mendapatkan notifikasi silahkan follow akun www.dapodik.co.id ini. Karena akan menyajikan berita terbaru dan terpopuler di dunia pendidikan, terima kasih.


Posting Komentar untuk "4 Contoh Paragraf Induktif, Pengertian Paragraf Induktif, Ciri-Ciri Kalimat Induktif dan Jenis-Jenis Kalimat Induktif"