Daftar Tanya Jawab, Layanan Pengaduan terkait Masalah Bantuan Kuota Data Internet 2020 Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan

DAPODIK.CO.ID - Daftar Tanya Jawab, Layanan Pengaduan terkait Masalah Bantuan Kuota Data Internet 2020 Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Pentingnya melakukan verval ponsel siswa dan guru tersebut tujuannya adalah untuk memastikan kebenaran nomor ponsel siswa dan guru sebagai data awal dalam penyaluran bantuan kuota internet tidak ada kesalahan.


Namun seringkali berbagai masalah yang dialami oleh operator sekolah pada saat mengisi nomor ponsel siswa terdapat kesalahan pengisian nomor HP siswa dan guru yang sudah tidak aktif. Oleh karena itu harus segera dilakukan perbaikan.

Oleh karena itu, pada kesempatan kali ini, admin dapodik.co.id sudah mengumpulkan beberapa pertanyaan yang sering di tanyakan serta admin juga sudah berikan lengkap jawabannya.

 


Daftar Tanya Jawab, Layanan Pengaduan terkait Masalah Bantuan Kuota Data Internet 2020 Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan


Berikut Ini Pertanyaan Yang Sering Ditanyakan:

 

1. Apakah yang dimaksud dengan bantuan kuota data internet yang diberikan oleh Kemdikbud?

Bantuan kuota data internet adalah bantuan yang diberikan Kemendikbud kepada siswa, guru, mahasiswa, dan dosen berupa kuota internet seluler dengan tujuan untuk menunjang pelaksanaan belajar dari rumah pada masa pandemi Corona Virus Diseases 2019 (COVID-19).
Bantuan kuota data internet seluler tersebut terdiri atas:
* Kuota Umum: Kuota yang dapat digunakan untuk mengakses seluruh laman dan aplikasi
* Kuota Belajar: Kuota yang hanya dapat digunakan untuk mengakses laman dan aplikasi pembelajaran


2. Siapa saja yang berhak mendapatkan bantuan kuota data internet ini?

Bantuan kuota internet pendidikan diberikan kepada:
• Peserta didik pada pendidikan anak usia dini (PAUD) dan jenjang pendidikan dasar dan menengah;
• Pendidik pada PAUD dan jenjang pendidikan dasar dan menengah;
• Mahasiswa; dan
• Dosen.

 

3. Apa saja syarat yang harus dipenuhi untuk mendapatkan bantuan kuota data internet ini?

Penerima bantuan kuota internet pendidikan harus memenuhi persyaratan sebagai berikut:
• Peserta Didik pada PAUD dan Jenjang Pendidikan Dasar dan Menengah:
- Terdaftar di aplikasi Dapodik; dan
- Memiliki nomor ponsel aktif atas nama peserta didik/orangtua/anggota keluarga /wali.
• Pendidik pada PAUD dan Jenjang Pendidikan Dasar dan Menengah
- Terdaftar di aplikasi Dapodik dan berstatus aktif; dan
- Memiliki nomor ponsel aktif.
• Mahasiswa
- Terdaftar di aplikasi PDDikti, berstatus aktif dalam perkuliahan atau sedang double degree;
- Memiliki Kartu Rencana Studi pada semester berjalan; dan
- Memiliki nomor ponsel aktif.
• Dosen
- Terdaftar di aplikasi PDDikti dan berstatus aktif pada tahunajaran 2020/2021;
- Memiliki nomor registrasi (NIDN, NIDK, atau NUP); dan
- Memiliki nomor ponsel aktif

 

4. Kapan bantuan kuota data internet ini mulai dilakukan?

Penyaluran kuota data internet dilakukan selama 4 (empat) bulan dari September sampai dengan Desember 2020 dengan jadwal sebagai berikut:
a. Bantuan kuota data internet untuk bulan pertama
i. tahap I pada tanggal 22 sampai 24 September 2020; dan
ii. tahap II pada tanggal 28 sampai 30 September 2020.
b. Bantuan kuota data internet untuk bulan kedua
i. tahap I pada tanggal 22 sampai 24 Oktober 2020; dan
ii. tahap II pada tanggal 28 sampai 30 Oktober 2020.
c. Bantuan kuota data internet untuk bulan ketiga dan keempat dikirim bersamaan.
i. tahap I pada tanggal 22 sampai 24 November 2020; dan
ii. tahap II pada tanggal 28 sampai 30 November 2020.

 

5. Bagaimana jika peserta didik tidak memiliki nomor ponselnya sendiri?

Program ini dapat disalurkan melalui nomor ponsel orangtua atau wali yang terdaftar, sehingga siswa tetap mendapatkan manfaat. Pastikan nomor ponsel orangtua atau wali terdaftar dalam program ini dengan menanyakan ke pihak sekolah.

 

6. Saya mendapat bantuan kuota berupa nomor baru/nomor perdana yang dibagikan di sekolah, namun besar kuotanya tidak seperti yang diberitakan.

Penyaluran kuota Kemendikbud tidak menuntut penerima bantuan menggunakan nomor baru/nomor perdana karena bantuan akan disalurkan langsung ke nomor handphone yang didaftarkan melalui Dapodik melalui serangkaian verifikasi dan validasi.
Apabila terdapat bantuan kuota dengan besaran tidak sesuai, terlebih menggunakan nomor baru/perdana, dapat dipastikan hal tersebut bukan bantuan resmi dari Kemendikbud.

 

7. Apakah proses entri maupun verval dapat dilakukan meskipun sudah lewat batas waktu cut-off, karena kendala teknis, seperti HP rusak, HP hilang, ganti HP, hingga ganti nomor, dan jaringan yang tidak mendukung?

Proses entri dan verval tetap bisa dilanjutkan walau melewati batas cut off. Setiap bulan ada dua tahap untuk entri maupun verifikasi dan validasi datanya agar bagi yang belum masuk di tahap pertama dikarenakan kendala teknis, maka dapat diakomodir pada tahap kedua.
Namun apabila pada kedua tahap tersebut tidak masuk ke dalam data yang diverikasi dan validasi, maka tidak akan mendapatkan kuota data internet pada bulan yang bersangkutan, tetapi masih dapat diberikan untuk kuota data internet untuk bulan berikutnya.

 

8. Apa tahap selanjutnya jika sudah melewati verifikasi dan validasi untuk data ponsel?

Sesuai tahapan proses adalah verifikasi dan validasi (verval), dilengkapi dengan penandatanganan Surat Pernyataan Tanggung Jawab Mutlak (SPTJM) oleh Kepala Sekolah, Rektor atau yang mewakili, dan unggah SPTJM tersebut melalui https://vervalponsel.data.kemdikbud.go.id

 

9. Aplikasi belajar yang biasa saya gunakan tidak termasuk dalam daftar yang ada di kuota-belajar.kemdikbud.go.id, bagaimana mengatasinya?

Daftar aplikasi belajar yang terdaftar di laman kuota-belajar.kemdikbud.go.id masih akan terus di-update. Pusdatin Kemendikbud bersama-sama dengan direktorat dan unit utama akan melaksanakan updating daftar tersebut. Penyedia layanan belajar juga dapat mengajukan permohonan resmi ke Pusdatin Kemendikbud agar layanannya dapat diakses dengan kuota belajar.
Untuk sementara waktu penerima bantuan dapat menggunakan kuota umum untuk mengakses aplikasi tersebut.

 

10. Apakah nomor pascabayar yang didaftarkan bisa mendapatkan program ini?

Tidak hanya prabayar, program ini juga dapat diberikan untuk nomor pascabayar yang didaftarkan ke pihak sekolah.

 

11. Apakah orangtua yang mendaftarkan 1 nomor ponsel yang sama untuk beberapa anaknya yang bersekolah tetap mendapatkan bantuan kuota belajar sesuai jumlah anak mereka?

Selama nomor ponsel orangtua didaftarkan untuk sejumlah anak tersebut, maka bantuan akan disalurkan sejumlah anak dimaksud. Dengan catatan bahwa jumlah anak pada 1 nomor yang didaftarkan rasional

 

12. Bila nomor ponsel belum didaftarkan pada bulan pertama penyaluran, apa yang harus saya lakukan?

1. Melapor ke sekolah atau kampus untuk mendapatkan program kuota belajar.
2. Menyampaikan nomor ponsel yang akan didaftarkan untuk program kuota belajar

 

13. Apabila saya baru mendaftarkan nomor ponsel saya untuk bulan kedua, apakah pada bulan tersebut saya akan mendapatkan akumulasi bantuan bulan pertama dan kedua?

Tidak, bantuan yang akan disalurkan hanya untuk bulan kedua.

 

14. Bagaimana jika perguruan tinggi melakukan kesalahan pengisian nomor ponsel mahasiswa/dosen?

Pengelola PDDikti perguruan tinggi dapat melihat daftar mahasiswa dan dosen dengan nomor ponsel yang tidak valid/belum terisi pada laman pddikti-admin.kemdikbud.go.id. Perbaikan data mahasiswa dapat dilakukan melalui PDDikti Feeder. Perbaikan data dosen dapat dilakukan melalui laman pddikti-admin.kemdikbud.go.id di tab Kelengkapan Data Dosen pada halaman awal.

 

15. Bagaimana jaminan keamanan data pribadi peserta didik dan pendidik yang menerima program ini?

Program ini telah menerapkan sistem perlindungan data sesuai dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku. Penghimpunan data yang dilakukan hanya melalui sistem resmi Kemendikbud juga merupakan salah satu upaya dalam perlindungan data pribadi penerima bantuan.

 

Demikian Artikel Terbaru Daftar Tanya Jawab, Layanan Pengaduan terkait Masalah Bantuan Kuota Data Internet 2020 Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Semoga Ada Manfaatnya, Terima kasih.

 

Jika artikel ini kurang jelas dan mungkin masih ada pertanyaan, anda bisa tanyakan pada kolom komentar yang tersedia di akhir postingan ini. Untuk dapat mengikuti berita terbaru dan mendapatkan notifikasi silahkan follow akun www.dapodik.co.id ini. Karena akan menyajikan berita terbaru dan terpopuler di dunia pendidikan, terima kasih.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Belum ada Komentar untuk "Daftar Tanya Jawab, Layanan Pengaduan terkait Masalah Bantuan Kuota Data Internet 2020 Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan"

Posting Komentar

Gambar ataupun video yang ada di situs ini terkadang berasal dari berbagai sumber media lain. Hak Cipta sepenuhnya dipegang oleh sumber tersebut.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel