Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

4 Cara Memilih Hadiah Yang Tepat Untuk Anak

DAPODIK.CO.ID - 4 Cara Memilih Hadiah Yang Tepat Untuk Anak. Pada artikel kali ini admin akan membagikan tips kepada orangtua tentang bagaimana memilih hadiah yang tepat bagi anak-anak. Beberapa hari yang lalu admin dapodik.co.id berselancar ke sebuah situs yang menjelaskan tentang bagaimana memilih hadiah yang tepat untuk anak. Selengkapnya dapat anda baca pada artikel ini.

 


Menyaksikan anak-anak tumbuh dengan sehat, cerdas, dan gembira sangat menyenangkan. Sebagai orangtua, mengapresiasi capaian anak adalah hal yang patut dibiasakan.

 

Selain dalam bentuk pujian, bentuk apresiasi itu bisa diwujudkan dengan memberikan hadiah. Hadiah bisa mendorong anak untuk lebih bersemangat menjalani proses tumbuh kembangnya. Selain itu, hadiah juga bisa menjadi sarana untuk mendekatkan dan merekatkan hubungan anak dan orang tua.

 

Di zaman now, kesibukan orangtua tidak jarang menyebabkan intensitas kebersamaan dengan anak berkurang. Untuk menggantikan ketidakhadiran mereka di depan anak, kadang orangtua secara sembrono membelikan apa saja yang bisa membuat mereka senang.

 

Agar tak terjadi ke-sembrono-an tersebut, ada beberapa pertimbangan dalam memberikan hadiah kepada anak.

 

4 Cara Memilih Hadiah Yang Tepat Untuk Anak

 

Pertama, Disesuaikan Tahap Perkembangan

Tahap perkembangan ini biasanya mengikuti usia anak. Anak-anak balita, misalnya, lebih diprioritaskan pada hadiah yang mendorong kemampuan motorik kasar dan halus. Bola, sepeda, atau lego bisa menjadi pilihan. Pengenalan dan stimulasi kecerdasan kognitif melalui media gambar dan bacaan seperti buku tebal (board book) pun bisa menjadi pilihan.

 

Kedua, Jenis Kelamin

Mendekatkan anak pada peran fitrahnya sebagai lelaki maupun sebagai perempuan dapat dilakukan sejak dini. Penanaman peran fitrah ini dimulai dengan memilih dan memilah hadiah, terutama mainan. Memang ada banyak jenis mainan yang bersifat general (umum) yang bisa diberikan kepada anak laki-laki maupun perempuan. Namun, penting juga mempertimbangkan penanaman skill tertentu sesuai fitrah anak. Bukan berarti mainan anak perempuan tidak boleh dikenalkan pada anak laki-laki atau sebaliknya. Melainkan, porsi interaksi dengan mainan tersebut yang perlu diberi batasan.

 

Ketiga, Motivasi Belajar Dan Menekuni Minat

Hadiah atas prestasi menunjukkan kebanggaan. Akan terasa lebih berkesan saat hadiah itu sesuai minat anak. Ini akan mendorong anak untuk melatih diri lebih giat karena merasa mendapat dukungan dari orangtuanya. Diperlukan ketelitian dalam mengamati kebutuhan dan keinginan anaknya. Sehingga hadiah yang diberikan akan tepat guna.

 

Keempat, Menyesuaikan Anggaran Keluarga

Terkadang kita jumpai orangtua yang memaksakan diri membeli sesuatu yang mahal dan menguras kantong. Bahkan menjerat karena terpaksa berutang. Semuanya dengan dalih demi kebahagiaan anak. Bisa jadi anaknya memang bahagia, tapi orangtuanya gantian menderita karena terlalu memaksakan keadaan. Jadi repot, bukan?

 

Ayah-Bunda, mari kita lebih bijak menjadi orangtua. Terutama dalam memberikan hadiah untuk putra-putri kita. Hadiah terindah itu bukan yang termahal, tercanggih, atau termewah.

 

Demikian Artikel Terkait Pencegahan 4 Cara Memilih Hadiah Yang Tepat Untuk Anak.  Semoga Ada Manfaatnya Dan Silakan Bagikan Artikel Ini Ke Sosial Media Kalian Dengan Menekan Tombol Share Di Bawah.

 

Jika artikel ini kurang jelas dan mungkin masih ada pertanyaan, anda bisa tanyakan pada kolom komentar yang tersedia di akhir postingan ini. Untuk dapat mengikuti berita terbaru dan mendapatkan notifikasi silahkan follow akun www.dapodik.co.id ini. Karena akan menyajikan berita terbaru dan terpopuler di dunia pendidikan, terima kasih.


Posting Komentar untuk "4 Cara Memilih Hadiah Yang Tepat Untuk Anak"