Buku saku Program Kuota Belajar Bagi siswa, Guru, dan Dosen Berdasarkan Peraturan Sekretaris Jenderal Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 14 tahun 2020 Tentang Petunjuk Teknis Bantuan Kuota Data Internet tahun 2020

DAPODIK.CO.ID - Buku saku Program Kuota Belajar Bagi siswa, Guru, dan Dosen Berdasarkan Peraturan Sekretaris Jenderal Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 14 tahun 2020 Tentang Petunjuk  Teknis  Bantuan  Kuota  Data Internet tahun 2020. Pandemi Corona Virus Desease (Covid-19) telah ditetapkan Presiden Republik Indonesia sebagai Kedaruratan Kesehatan dan Bencana Nasional Nonalam. Ratusan ribu sekolah dan perguruan tinggi ditutup untuk mencegah penyebaran Covid-19, sekitar 68 juta peserta didik melakukan kegiatan belajar dari rumah, serta sekitar 4 juta pendidik melakukan kegiatan belajar mengajar di luar sekolah.

 


Sesuai dengan Revisi Keputusan Bersama Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud), Menteri Agama (Menag), Menteri Kesehatan (Menkes), dan Menteri Dalam Negeri (Mendagri) tanggal 7 Agustus 2020, sebagai upaya untuk mencegah penyebaran Covid-19 serta mengutamakan kesehatan dan keselamatan warga pendidikan, maka satuan pendidikan yang berada di zona oranye dan merah dilarang untuk melakukan proses pembelajaran tatap muka dan melanjutkan belajar dari rumah.

 

Guna memastikan hak belajar setiap peserta didik terpenuhi, pemerintah menyalurkan bantuan subsidi kuota internet untuk mendukung pelaksanaan pembelajaran jarak jauh kepada peserta didik dan pendidik. Bantuan kuota internet tersebut berupa kuota

data internet yang terbagi atas kuota umum dan kuota belajar. Kuota umum adalah kuota yang dapat digunakan untuk mengakses seluruh laman dan aplikasi; dan kuota belajar adalah kuota yang hanya dapat digunakan untuk mengakses laman dan aplikasi pembelajaran.

 

Buku saku Program Kuota Belajar Bagi siswa, Guru, dan Dosen Berdasarkan Peraturan Sekretaris Jenderal Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 14 tahun 2020 Tentang Petunjuk  Teknis  Bantuan  Kuota  Data Internet tahun 2020

 

Didalam Buku saku Program Kuota Belajar Bagi siswa, Guru, dan Dosen terdapat daftar isi dan daftar pertanyaan yang sering ditanya:

 

DAFTAR ISI

PERATURAN SEKRETARIS JENDERAL KEMENDIKBUD

BAB I  Pendahuluan

BAB II  Pemberi, Bentuk, Dan Rincian Jumlah Bantuan Kuota Data Internet

BAB III  Persyaratan Penerima Bantuan Kuota Data Internet

BAB IV  Mekanisme Penyiapandata Awal, Verifikasi, Dan Validasi Data Nomor Ponsel

BAB V  Mekanisme Penyaluran Bantuan Kuota Data Internet

BAB VI  Pelaksanaan Pengadaan Barang/jasa Untuk Bantuan Kuota Data Internet

BAB VII  Monitoring, Evaluasi, Dan Pelaporan

BAB VIII  Pengawasan Dan Pelayanan Hukum

 

DAFTAR PERTANYAAN YANG SERING DITANYA

1.    Apakah yang dimaksud dengan bantuan kouta data internet yang diberikan oleh Kemendikbud?

2.    Apa saja rincian bantuan kouta data internet yang diberikan oleh Kemendikbud kepada siswa, guru, mahasiswa, dan dosen?

3.    Di mana saya bisa mendapatkan daftar laman dan aplikasi pembelajaran yang dapat diakses menggunakan kuota belajar?

4.    Kapan bantuan kuota data internet ini mulai dilakukan?

5.    Berapa lamakah masa berlakunya untuk bantuan kuota data internet ini setiap bulannya?

6.    Siapa saja yang berhak mendapatkan bantuan kuota data internet ini?

7.    Apa saja syarat yang harus dipenuhi untuk mendapatkan bantuan kuota data internet ini?

8.    Apakah setiap siswa atau mahasiswa hanya mendapatkan bantuan sebanyak satu kali dalam satu bulan?

9.    Bagaimana jika peserta didik tidak memiliki nomor ponselnya sendiri?

10. Apakah proses entri maupun verval dapat dilakukan meskipun sudah lewat batas waktu cut off, karena kendala teknis, seperti HP rusak, HP hilang, ganti HP, hingga ganti nomor, dan jaringan yang tidak mendukung?

11. Apa tahap selanjutnya jika sudah melewati batas akhir verifikasi dan validasi untuk data ponsel?

12. Setelah nomor terverifikasi, apakah kuota otomatis terisi atau tetap harus

mengaktifkan lagi?

13. Jika data entri kuota belum 100%, apakah akan diperpanjang lagi atau ada strategi lain? Karena bantuan ini untuk semua siswa, guru, dosen, dan mahasiswa.

14. Bagaimana jika nomor siswa yang didaftarkan, ada nomor yang tidak aktif?

15. Bagaimana jaminan keamanan data pribadi peserta didik dan pendidik yang menerima program ini?

16. Apakah nomor pascabayar yang didaftarkan bisa mendapatkan program ini?

17. Apakah orangtua yang mendaftarkan 1 nomor ponsel yang sama untuk 3 anaknya yang bersekolah tetap mendapatkan bantuan kuota belajar untuk ketiga anaknya?

18. Saya tidak diminta oleh sekolah untuk mendaftarkan nomor ponsel, tetapi saya mendapat bantuan ini. Mengapa?

19. Bila nomor ponsel belum didaftarkan pada bulan pertama penyaluran, apa yang harus saya lakukan?

20. Setelah melapor ke sekolah atau kampus, kapan saya mendapatkan bantuan kuota tersebut?

21. Bagaimana mengetahui nomor ponsel saya telah terdaftar dan dinyatakan aktif?

22. Apakah bantuan kuota internet hanya untuk PTN dan PTS?

23. Apa saja provider yang bekerja sama dengan bantuan kuota internet?

24. Kapan bantuan kuota akan didapatkan oleh mahasiswa dan dosen?

25. Apakah perguruan tinggi akan mendapatkan laporan mahasiswa/dosen mana saja yang sudah mendapatkan bantuan kuota internet?

26. Apakah mahasiswa/dosen dapat melihat status nomor ponsel yang didaftarkan oleh kampus?

27. Bagaimana jika perguruan tinggi melakukan kesalahan pengisian nomor ponsel mahasiswa/dosen?

28. Apakah nomor pascabayar mendapatkan bantuan kuota juga? Apa yang akan didapat? Dan apakah penambahan kuota internet atau potongan tagihan?

29. Mahasiswa/dosen menggunakan internet berlangganan (fixed line), apakah akan mendapatkan bantuan kuota juga?

30. Apakah nomor yang diinput ke PDDIKTI boleh nomor ponsel baru?

31. Apakah mahasiswa/dosen dapat mengubah nomor ponsel?

32. Bantuan yang saya terima bisa digunakan untuk apa saja?

33. Bagaimana bentuk pengawasannya jika ada pelanggaran yang terjadi terkait bantuan kuota data internet ini?

 

Temukan Daftar Isi Serta Jawaban Buku saku Program Kuota Belajar Bagi siswa, Guru, dan Dosen Berdasarkan Peraturan Sekretaris Jenderal Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 14 tahun 2020 Tentang Petunjuk  Teknis  Bantuan  Kuota  Data Internet tahun 2020 Pada Paparan Sebagai Berikut:


 

Demikian Artikel Terkait Buku saku Program Kuota Belajar Bagi siswa, Guru, dan Dosen Berdasarkan Peraturan Sekretaris Jenderal Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 14 tahun 2020 Tentang Petunjuk  Teknis  Bantuan  Kuota  Data Internet tahun 2020. Semoga Ada Manfaatnya, Terima kasih.


Jika artikel ini kurang jelas dan mungkin masih ada pertanyaan, anda bisa tanyakan pada kolom komentar yang tersedia di akhir postingan ini. Untuk dapat mengikuti berita terbaru dan mendapatkan notifikasi silahkan follow akun www.dapodik.co.id ini. Karena akan menyajikan berita terbaru dan terpopuler di dunia pendidikan, terima kasih.

 

Simpan Buku saku Program Kuota Belajar Bagi siswa, Guru, dan Dosen Berdasarkan Peraturan Sekretaris Jenderal Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 14 tahun 2020 Tentang Petunjuk  Teknis  Bantuan  Kuota  Data Internet tahun 2020, Klik Disini.


Berlangganan update artikel terbaru via email:

Belum ada Komentar untuk "Buku saku Program Kuota Belajar Bagi siswa, Guru, dan Dosen Berdasarkan Peraturan Sekretaris Jenderal Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 14 tahun 2020 Tentang Petunjuk Teknis Bantuan Kuota Data Internet tahun 2020"

Posting Komentar

Gambar ataupun video yang ada di situs ini terkadang berasal dari berbagai sumber media lain. Hak Cipta sepenuhnya dipegang oleh sumber tersebut.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel