Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Modul Pembelajaran Jarak Jauh Kelas 5 SD Kurikulum Darurat Terbaru

DAPODIK.CO.ID - Modul Pembelajaran Jarak Jauh Kelas 5 SD Kurikulum Darurat Terbaru. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) baru-baru ini telah menerbitkan Pedoman Kurikulum Darurat Pada Satuan Pendidikan yang berada pada daerah dalam kondisi khusus yang bisa dijadikan sebagai kurikulum sesuai kebutuhan pembelajaran peserta didik.

Kurikulum Darurat yang disediakan Kemendikbud tersebut merupakan sebuah penyederhanaan dari kurikulum nasional, penyederhanaan tersebut salah satunya adalah pengurangan Kompetensi Dasar (KD) untuk setiap mata pelajaran.

Pengurangan Kompetensi Dasar tersebut diharapkan agar guru dan siswa dapat berfokus pada kompetensi esensial dan kompetensi persyarat untuk kelanjutan pembelajaran berikutnya.


MODUL PEMBELAJARAN JARAK JAUH

Modul pembelajaran bagi peserta didik merupakan Modul Belajar untuk jenjang pendidikan Sekolah Dasar (SD) kelas 5 yang mana didalamnya terdapat cerita-cerita menari, materi bacaan-bacaan dan berbagai aktifitas pembelajaran yang menarik serta terdapat soal-soal yang menunjang keberhasilan peserta didik dalam menerima dan memahami materi yang terdaat pada modul.

Selain itu, Kemendikbud juga menyiapkan Modul Pendampingan Pembelajaran untuk di miliki dan di pelajari oleh Guru dan Orang tua, di dalam modul pendampingan pembelajaran ini anda akan menukan penjelasan mengenai strategi mendampingi peserta didik dalam belajar serta terdapat rangkuman materi literasi dan numerasi yang penting untuk dipahami oleh anak-anak Download Modul Pembelajaran Literasi Dan Numerasi Kelas 5 SD.

Guna untuk mempermudah rekan-rekan guru, orang tua serta peserta didik dalam menerima dan mengajarkan ilmu untu peserta didik, berikut ini mimin sudah menyiapkan modul pembelajaran untuk kelas 5 SD yang dapat anda gunakan dalam pembelajaran jarak jauh nanti.

Pembelajaran untuk meningkatkan kecakapan literasi siswa tetap perlu terselenggara dalam masa adaptasi kegiatan baru. Literasi adalah kecakapan fundamental yang membekali siswa dengan kemampuan memilih, menganalisis informasi dengan kritis serta menggunakannya untuk mengambil keputusan dalam kehidupan. Kecakapan literasi membangun kecakapan hidup yang meningkatkan ketahanan siswa untuk melalui masa adaptasi kegiatan baru. Ketika pembelajaran tak dapat diselenggarakan secara normal, muatan literasi perlu diintegrasikan dalam kegiatan harian siswa dengan keluarga mereka sehingga menjadi kegiatan yang menyenangkan dan bermakna.

Modul pendampingan untuk pembelajaran jarak jauh ini memberikan inspirasi kepada guru untuk merancang kegiatan literasi melalui tahapan sebagai berikut:
1.    Memetakan kompetensi dasar yang esensial pada semua mata pelajaran. 
2.    Menurunkan kompetensi dasar esensial lintas mata pelajaran dalam tujuan pembelajaran yang dapat dicapai dalam rentang waktu yang memungkinkan, misalnya per minggu.
3.    Merancang materi pembelajaran dengan tema yang kontekstual dengan rutinitas kehidupan siswa dan keluarga.
4.    Memilih media pembelajaran yang menarik, mudah didapat, dan kontekstual dengan pengalaman keseharian siswa.
5.    Merancang langkah-langkah pembelajaran harian dengan tujuan yang dapat diukur oleh orang tua siswa.

Modul ini dapat digunakan dalam kondisi belajar dengan fasilitas daring dan luring. Apabila guru memiliki akses ke infrastruktur daring, guru dapat memperkaya wacana pada modul ini dengan bahan bacaan daring pada tautan yang tersedia. Apabila siswa Anda tidak memiliki akses ke fasilitas daring, maka:

1.    Guru mendistribusikan modul siswa dan modul orang tua per minggu kepada orang tua sebelum kegiatan pembelajaran dimulai. Guru dapat mengundang orang tua ke sekolah untuk mengambil modul siswa dan modul orang tua.
2.    Saat mendistribusikan modul siswa dan modul orang tua, guru menerima modul siswa yang berisi lembar kerja yang telah dikerjakan siswa pada minggu sebelumnya.
3.    Guru memanfaatkan pertemuan dengan orang tua untuk membagi tip pembelajaran dan pendampingan belajar di rumah. Guru juga memberikan konsultasi terkait kendala dan permasalahan yang dihadapi siswa ketika belajar di rumah.

Pada saat mengundang orang tua untuk hadir di sekolah, tentunya guru tetap melaksanakan protokol kesehatan. Guru juga perlu mengingat bahwa orang tua bukan lah pengganti guru di rumah. Pada saat mengajarkan penggunaan modul siswa kepada orang tua, guru hendaknya:

1.    Memberikan contoh cara mendampingi siswa untuk mengerjakan modul secara terintegrasi dengan kegiatan rutin siswa dan orang tua di rumah. Misalnya kegiatan literasi harian dapat dikerjakan dalam 3 sesi; 35 menit di pagi hari, 35 menit di siang hari, dan 35 menit di sore hari.
2.    Mengingatkan orang tua untuk terus mendampingi, mengawasi siswa dalam mengerjakan modul, dan memberikan bantuan bilamana perlu.
3.    Mengingatkan orang tua agar tidak memaksa anak untuk menuntaskan mengerjakan modul seandainya anak mengalami kesulitan dan orang tua (anggota keluarga lain) tidak dapat membantu.
4.    Memberikan penguatan dan peningkatan kapasitas orang tua untuk dapat mendampingi siswa belajar dengan cara yang baik, komunikatif, dan mudah dipahami.
5.    Tetap memperhatikan kondisi kesejahteraan dan kemampuan orang tua. Guru sebaiknya memetakan siswa berdasarkan kemampuan akademik dan latar belakang keluarga untuk kemudian merumuskan pendekatan yang sesuai dengan kemampuan dan latar belakang keluarga tersebut.

Untuk itu silahkan bagi pembaca setia dapodik.co.id yang membutuhkan 3 Modul Pembelajaran Literasi dan Numerasi untuk kelas 5 SD ini silahkan anda klik pada tautan yang sudah disediakan di bawah ini:

Modul Pembelajaran Jarak Jauh Kelas 5 SD Kurikulum Minggu Pertama Ambil Disini

Modul Pembelajaran Jarak Jauh Kelas 5 SD Kurikulum Mingggu Kedua Ambil Disini

Modul Pembelajaran Jarak Jauh Kelas 5 SD Kurikulum Mingggu Ketiga Ambil Disini

Modul Pembelajaran Jarak Jauh Kelas 5 SD Kurikulum Mingggu Keempat Ambil Disini

Modul Pembelajaran Jarak Jauh Kelas 5 SD Kurikulum Mingggu Kelina Ambil Disini

Demikian Artikel Terbaru Terkait Modul Pembelajaran Jarak Jauh Kelas 5 SD Kurikulum Darurat Tahun 2020 Terbaru, Semoga Ada Manfaatnya.

Jika artikel ini kurang jelas dan mungkin masih ada pertanyaan, anda bisa tanyakan pada kolom komentar yang tersedia di akhir postingan ini. Untuk dapat mengikuti berita terbaru dan mendapatkan notifikasi silahkan follow akun www.dapodik.co.id ini. Karena akan menyajikan berita terbaru dan terpopuler di dunia pendidikan, terima kasih.

Posting Komentar untuk "Modul Pembelajaran Jarak Jauh Kelas 5 SD Kurikulum Darurat Terbaru"