Cara Orang Tua Cek Dana Program Indonesia Pintar (PIP) Tahun Pelajaran 2020/ 2021

DAPODIK.CO.ID - Cara Orang Tua Cek Dana Program Indonesia Pintar (PIP) Tahun Pelajaran 2020/ 2021. Salam jumpa kembali sahabat pembaca setia DAPODIK.CO.ID dimanapun anda berada.


Cara Orang Tua Cek Dana Program Indonesia Pintar (PIP) Tahun Pelajaran 2020/ 2021

Artikel kali ini louncing dikarenakan banyaknya pertanyaan-pertanyaan yang muncul lewat email DAPODIK. CO.ID terkait bagaimana cara orang tua atau wali siswa dan Orang tua siswa bisa mengecek Dana PIP bagi anak-anak sekolah mereka.

Untuk masalah pengecekan Pencairan Dana PIP ( Program Indonesia Pintar ) saat ini orang tua juga bisa mengecek apakah siswanya mendapatkan Dana PIP Tahun ini atau tidak dengan cara mengunjungi situs resminya di  https://pip.kemdikbud.go.id/index/summary.

Situs ini merupakan situs yang dibangun oleh Kemendikbud yang tujuannya untuk memudahkan para guru, Operator, Kepala Sekolah, dan Orang tua siswa untuk mengecek apakah siswa atas nama si A mendapatkan Dana Bantuan PIP tahun ini atau tidak.

Untuk diketahui oleh semua bahwa sekarang ini sudah bisa dengan cara mudah untuk cek dana PIP untuk anaknya di halaman berikut : pip.kemdikbud.go.id/index/ceknisn tapi sebelum itu harap disiaapkan dulu nomor NISN, tanggal lahir dan nama ibu kandung dan silahkan ikut arahan melalui tutorial Cara Orang Tua Cek Dana Program Indonesia Pintar (PIP) Tahun Pelajaran 2020/ 2021:


1. Masuk Ke Website resminya di https://pip.kemdikbud.go.id/index/summary

Cara Orang Tua Cek Dana Program Indonesia Pintar (PIP) Tahun Pelajaran 2020/ 2021

2. Masukkan NISN Tanggal Lahir dan Nama Ibu Kandung siswa, untuk orang tua siswa bisa meminta ke siswa berapa NISN dari anaknya.

Cara Orang Tua Cek Dana Program Indonesia Pintar (PIP) Tahun Pelajaran 2020/ 2021

3. Contoh dibawah ini adalah menyecek data siswa yang mana siswa ini merupakan siswa di sekolah dan untuk mengeceknya bisa memasukkan NISN ( Nomor Induk Siswa Nasional ), Tanggal Lahir dimulai dari Tahun lahir, Bulan Lahir, dan Tanggal Lahir, Setelah itu masukkan nama Orang tua siswa.


4. Nah, dibawah adalah gambar dimana siswa memang benar-benar mendapatkan dana bantuan siswa miskin BSM atau PIP pada tahun berjalan.

Cara Orang Tua Cek Dana Program Indonesia Pintar (PIP) Tahun Pelajaran 2020/ 2021

Bagaimana, cukup mudah bukan, untuk orang tua siswa yang ingin mengecek apakah anaknya mendapatkan dana bantuan seperti PIP maka lakukan dengan cara seperti diatas, cara ini bisa dilakukan supaya tidak ada penyalahgunaan dana bantuan oleh sekolah.

Demikian Cara Orang Tua Cek Dana Program Indonesia Pintar (PIP) Tahun Pelajaran 2020/ 2021, dan apabilah mengalamii kendala dalam mengakses halam yang di tujukan, silahkan beri komentar yang tersedia di akhir artikel ini. Demikian dan semoga bermanfaat untuk kita semua.

Jika artikel ini kurang jelas dan mungkin masih ada pertanyaan, anda bisa tanyakan pada kolom komentar yang tersedia di akhir postingan ini. Untuk dapat mengikuti berita terbaru dan mendapatkan notifikasi silahkan follow akun www.dapodik.co.id ini. Karena akan menyajikan berita terbaru dan terpopuler di dunia pendidikan, terima kasih.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

10 Komentar untuk "Cara Orang Tua Cek Dana Program Indonesia Pintar (PIP) Tahun Pelajaran 2020/ 2021"

  1. Bagaimana dengan anak yg sekolah dibawah kemenag, apakah juga mendaptkan program PIP, kalaupun tidak mestinya program tidak membawa nama indonesia tapi kemendikbud saja, dan kalau benar tidak ada untuk siswa dibawah kemenag ya berarti kemenag harus menyerahkan sekolah dibawah naungannya untuk dibina dibawah kemendikbud

    BalasHapus
    Balasan
    1. sekolah kemenag jika menggunakan aplikasi dapodik juga, maka dapat mendapatkan PIP juga

      Hapus
  2. apakah pip sama dengan kip

    BalasHapus
  3. apakah pip sama dengan kip

    BalasHapus
  4. Maaf gmn caranya supaya anak saya dapat bantuan pip kemaren teman2 yang dapat adalah tergolong !mampu semua,sedangkan kami ekonomi pas2an tdk dapat,tapi saya kurang paham kemaren itu bantuan apa

    BalasHapus
    Balasan
    1. baca saja di sini
      https://www.dapodik.co.id/2019/10/tutorial-cara-mengisi-pengajuan-pip.html

      Hapus
  5. Saya ngecek kok ga bisa bisa semua panduannya sudah saya ikuti dengan benar

    BalasHapus
Gambar ataupun video yang ada di situs ini terkadang berasal dari berbagai sumber media lain. Hak Cipta sepenuhnya dipegang oleh sumber tersebut.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel