Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Tarik PTK Online Dapodik Versi 2022 Langkah-Langkah Terbaru

DAPODIK.CO.ID - Sahabat operator dimanapun anda berada, Tarik PTK Online Dapodik Versi 2022 Langkah-Langkah Terbaru. Sahabat operator sekolah, kali ini admin akan membagikan Cara Tarik PTK Online Dapodik 2022, untuk saat ini tarik PTK sedikit berbeda tampilanya. Sudah tentu untuk tarik PTK ada sebagian operator sekolah  yang kesulitan, oleh sebab itu semoga artikel ini bisa membantu sahabat-sahabat operator Dapodik.

Tarik PTK Online Dapodik Versi 2022

Cara Tarik PTK Online Dapodik Versi 2022 ini tidak terlalu sulit, cara tarik PTK online ini tidak sama dengan Tarik PTK Online Dapodik Versi yang lalu. Jadi sahabat - sahabat  operator sekolah tidak perlu kawatir dan risau untuk Tarik PTK Online Pada Aplikasi Dapodik Versi 2022.

Berikut ini adalah Cara Tarik PTK Online Dapodik  Versi 2022

1.    Silahkan kunjungi https://sp.datadik.kemdikbud.go.id/ atau DISINI.

2.    Setelah itu silahkan sahabat operator sekolah login menggunakan sso.


3.    Selanjutnya silahkan masukkan username dan password Dapodiknya.































4.    Setelah login berhasi akan tampat beranda seperti gambar di bawah ini:



5.    Langkah selanjutnya, klik tab aplikasi.



6.    Pilih menu guru dan tendik setelah itu klik tab PTK



7.    Akan tampak penugasan PTK seperti berikut:



8.    Isi data yang di perlukan, seperti :
a.    Jenis Pencarian
b.    Pencarian harus di isi dari permintaan poin a

9.    Jika sudah terisi semua klik tombol cair:



10. Jika sudah muncul, langkah selanjutnya adalah di pilih PTK tersebut, silahkan klik Simpan.

11. Selesai, maka menunggu proses Konfirmasi dari Dinas.

12. Jika sudah di konfirmasi Dinas, silahkan Singkron Dapodik Versi 2022.

13. Selesa.

Demikian Tarik PTK Online Dapodik Versi 2022 Langkah-Langkah Terbaru, Semoga Bermanfaat.

Jika artikel ini kurang jelas dan mungkin masih ada pertanyaan, anda bisa tanyakan pada kolom komentar yang tersedia di akhir postingan ini. Untuk dapat mengikuti berita terbaru dan mendapatkan notifikasi silahkan follow akun www.dapodik.co.id ini. Karena akan menyajikan berita terbaru dan terpopuler di dunia pendidikan, terima kasih.

97 komentar untuk "Tarik PTK Online Dapodik Versi 2022 Langkah-Langkah Terbaru"

  1. Untuk tarik data dr sma swasta ke smk swasta beda provinsi gimana prosedurnya? Apa harus dikeluarkan dulu dr dapodik sekolah lama? Mksih...

    BalasHapus
    Balasan
    1. gunakan link yang baru, cari saja di blog ini, karena sudah bahas juga tarik PTK dapodik 2021

      Hapus
  2. haha kapusan cok, iku dapo versi sebelumnya, sek sekarang halaman web polos jon, gak ono menu tarik ptk

    BalasHapus
    Balasan
    1. ya, inikan cara dapodik sebelumnya, namun carabya tetap sama

      Hapus
    2. Cara Ny Berbeda..
      tampilan nya pun berbeda

      Hapus
  3. masih pakai alamat ini utk tarik online PTK??
    di manajemen yang baru blm bisa ya??

    BalasHapus
    Balasan
    1. benar sekali, alamt ini juga masih aktif.
      namun untuk tarik siswa baru sekarang sudah menggunakan alamat yang baru

      Hapus
  4. untuk memasukan plt, kepsek bagaimana caranya >

    BalasHapus
  5. ini cara yg lama min...
    skrg tampilannya udah berbeda 100%

    BalasHapus
  6. pas klik cari kok ga ada hasilnya ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. langkah no 10, pas di klik cari tidak ada hasilnya alias tidak muncul

      Hapus
    2. masih dalam perbaikan web tarik PTK

      Hapus
    3. masalah yang sama saya coba tarik ptk tidak muncul nama ptk tersebut

      Hapus
    4. ya, masih dalam perbaikan web tarik PTK

      Hapus
  7. Iyaaa,, G' Ada Pergerakan sama sekali,, Diem2 bae Aplikasinya,,!!

    BalasHapus
  8. selamat siang bapak kenapa fitur tarik ptk guru mutasi sampai sekarang ini belum bisa dan sampai kapan baru bisa kita tari ptk pak tolong solusinya ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. masih dalam perbaikan web tarik PTK
      menunggu aja

      Hapus
  9. Balasan
    1. sampai jawaban admin maka belum ada, masih dalam perbaikan sso nya

      Hapus
  10. [update per tanggal 17/09/2020] masih belum bisa tarik data PTK.
    Padahal udah urgent banget. Please kemdikbud dipercepat maintenancenya.

    BalasHapus
  11. Saya coba kok masih gak bisa ya tarik ptk nya

    BalasHapus
  12. Masih dalam proses. Min buruan, kasihan guru yang belum masuk ke sekolah yg baru, bisa2 Info GTK nya gak bisa valid sem. 2 TA. 2020.

    BalasHapus
  13. Sob, mau tanya jika dari guru pindah ke tenaga pustaka. Apakah masa kerja guru honor terhenti? Mohon pencerahan

    BalasHapus
  14. Kenapa tidak muncul-muncul ya, apa emang lama?

    BalasHapus
  15. Pertanyaan sy sama.. duh..
    mesti nunggu beres perbaikan web y utk tarik ptk....

    BalasHapus
  16. Apakah menu tarik ptk blm bisa di akses kak. Saya coba tarik ptk tak bisa. Sudah saya coba pakai NIK NIP dan NUPTK setelah klik cari tidak ada respon

    BalasHapus
  17. Lalu bagaimana kak nasib guru PNS yg sudah di keluarkan dari dapodik namun blm bisa di tarik?

    BalasHapus
    Balasan
    1. nasipnya tetap aman juga karena tidak berpengaruh khusus bagi yang bersertifikasi

      Hapus
  18. kalau mau tarik ptk dari jenjang SMA ke jenjang SMP apakah menggunakan cara ini juga min?

    BalasHapus
  19. Trmksh Gan infonya, sangat membantu dan Sy berhasil Tarik & daftarkan PTK,

    BalasHapus
    Balasan
    1. mantap, terima kasih sudah berkunjung.
      salam satu data

      Hapus
  20. Selamat siang ...
    saya sudah tarik ptk , tetapi selalu gagal itu masalhnya dimna ea ....
    "GAGAL menambahkan PTK, sekolah referensi tidak ditemukan
    OK"
    itu solusinya gmna ea ...
    mohon bantuannya...
    terima kasih...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kasus saya juga sama, pake NIK

      Hapus
    2. Sama sedangkan NUPTK belum punya

      Hapus
    3. kalau sekarang dapodiknya sudah di tutup pada tanggal 30 juni
      menunggu saja dapodik 2022 baru tarik PTK

      Hapus
  21. saya sudah coba ikuti langkah2nya, sudah ditemukan nama ptknya tp ga ada menu simpan. Jadi, saya harus gimana lagi ya?

    BalasHapus
  22. "GAGAL menambahkan PTK, sekolah referensi tidak ditemukan"
    apa solusi nya pak, sudah 2 PTK yang seperti itu,
    gagal mulu tapi ini bukan kerena jaringan, soalnya udah jaringan disini bagus.

    BalasHapus
  23. Min,apakah Sy harus Pi operator dinas untuk tarik nama dari Sekolah asal ke sklh baru?kerena opera sklh baru susa untuk di hubungi

    BalasHapus
  24. Mohon pencerahannya,Sy mutasi dari SMP swasta kabupaten ke SMA swasta dalam kota,dan data Sy SDH msk dapodik dari 2019,.apakah operator dinas juga bisa tarik Sy punk nama dari sklh asal ke sekolah baru, karena operator sklh tidak ada di tempat dan susa skli di hubungi

    BalasHapus
    Balasan
    1. yang menarik data adalah operator sekolah, operator dinas hanya memverifikasi saja

      Hapus
  25. Mohon pencerahannya,Sy mutasi dari SMP swasta kabupaten ke SMA swasta dalam kota,dan data Sy SDH msk dapodik dari 2019,.apakah operator dinas juga bisa tarik Sy punk nama dari sklh asal ke sekolah baru, karena operator sklh tidak ada di tempat dan susa skli di hubungi

    BalasHapus
    Balasan
    1. yang menarik data adalah operator sekolah, operator dinas hanya memverifikasi saja

      Hapus
  26. Mohon pencerahannya,Sy mutasi dari SMP swasta kabupaten ke SMA swasta dalam kota,dan data Sy SDH msk dapodik dari 2019,.apakah operator dinas juga bisa tarik Sy punk nama dari sklh asal ke sekolah baru, karena operator sklh tidak ada di tempat dan susa skli di hubungi

    BalasHapus
    Balasan
    1. yang menarik data adalah operator sekolah, operator dinas hanya memverifikasi saja

      Hapus
  27. Selamat malam min,
    Saya mau bertanya.

    Saat ini saya adalah GTY di SD swasta(non PNS) sudah mengajar selama 8 th dan mempunyai NUPTK.
    tahun ini yayasan saya membuka sekolah SMP, dan saya berencana untuk pindah mengajar di SMP.
    pertanyaannya,kalau saya pindah mengajar ke SMP, apakah masa kerja saya terus berlanjut, atau memulai dari awal lagi alias 0?

    Saya mau pindah mengajar karena di SD saya tidak linear.

    BalasHapus
  28. Selamat malam min,
    Saya mau bertanya.

    Saat ini saya adalah GTY di SD swasta(non PNS) sudah mengajar selama 8 th dan mempunyai NUPTK.
    tahun ini yayasan saya membuka sekolah SMP, dan saya berencana untuk pindah mengajar di SMP.
    pertanyaannya,kalau saya pindah mengajar ke SMP, apakah masa kerja saya terus berlanjut, atau memulai dari awal lagi alias 0?

    Saya mau pindah mengajar karena di SD saya tidak linear.

    BalasHapus
    Balasan
    1. statusnya kontark atau honor sekolah?

      Hapus
    2. Status saya guru tetap yayasan.,
      Saya nggak ngerti juga saya kontrak atau honor.,
      Kalau status nya kontrak bagaimana?
      Kalau statusnya honor bagaimana?

      Hapus
    3. kontraksknya dari dinas pendidikan
      jika honor, maka sknya dari kepala sekolah

      Hapus
    4. Saya SK nya dari yayasan dan kepala sekolah.,bearti saya guru honor ya.

      Jadi gimana kalau saya pindah mengajar ke SMP, apakah masa kerja saya akan berlanjut, atau mengulang lagi dari awal?

      Hapus
    5. kalau smpnya sekolah swasta atau negeri ?

      Hapus
    6. Saya SK nya dari yayasan dsn kepala sekolah,bearti saya guri honorer ya.

      Jadi gimana kalau seandainya saya pindah mengajar ke SMP?
      apakah masa kerja saya akan hangus dan mulai dari 0, Atau tetap beranjut?

      Hapus
    7. Smp nya swasta juga masih dalam satu yayasan

      Hapus
    8. maka, masa kerja akan terus berlanjut

      Hapus
    9. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

      Hapus
  29. Assalamualaikum,wr wb.selamat siang admin,saya mau tanya bahwa saya awalnya ngajar di SMK suwasta sejak 2014 sampaek 2019 dan 2020 saya pindah SD menjadi honorer dan bisa mendapatkan persetujuan dr dinas kabuoaten masuk dapodik induk di SD bulan juni 2021, serta di info gtk sudah berubah sesuai dapodik,namun di data DAPODIKDASMEN kok belum masuk sebagai honorer itu kenapa , trmksh

    BalasHapus
    Balasan
    1. data DAPODIKDASMEN,alamat yang mana?

      Hapus
    2. Rekap data guru yg ada di sekolah masing2 secara nasional min, dapodik sekolah induk sudah beres dan data di info gtk juga sudah sesuai,namun di data dapodikdasmen belum terekap,sebagai cek data guru mengikuti PPPK.atau punya keterangan lain min ,monggo penjelasnnya berbagi pengalaman, trimksh

      Hapus
    3. setelah masuk dapodik, sinkron dapodiknya kapan?

      Hapus
    4. berarti menunggu saja, mungkin masih dalan antrean penarikan datanya

      Hapus
  30. Mohon pencerahannya agar bisa terdaftar di dapodikdasmen ,tr trimk

    BalasHapus
    Balasan
    1. teliti saja datanya di dapodik dengan benar

      Hapus
  31. Siang mau tanya, bagaimana solusi mengatasi saat menambah PTK/ menarik data guru dari sp.datadik Gagal karena Sekolah referensi tidak ditemukan.

    Sekolah guru tersebut sudah tutup. Tapi guru trsbt masih terdaftar di dapodik sekolah lama dan tidak punya NUPTK

    BalasHapus
  32. Mohon solusi..DATA TIDAK DITEMUKAN...tarik Guru Honor baru pakai NIK

    BalasHapus
  33. Mohon solusinya..
    Data saya sebelumnya induknya di SMA, saat kemaren operator menggunakan dapodik versi terbaru dan induknya berubah menjadi di PKBM, kebetulan saya juga ngajar di PKBM.
    Bagaimana caranya merubah kembali induk di SMA.
    Sudah hubungi operator dinas, katanya dipelajari dulu.
    Jadi bagaimana cara mengganti induk lagi??

    BalasHapus
    Balasan
    1. mohon bantuannya min, saya terdaftar di dapodik TK, tetapi saya sudah berhenti di situ awal desember thn 2018 krn tidak linear, dan sekarang saya sdh honor d SMPN dan sudah linear, tetapi data saya tdk bisa ditarik ke dapodik SMPN, katanya data PTK tdk ditemukan. sdh ditanya ke TK, katanya saya sudah dikeluarkan dr dapodik TK.mohon pencerahanya min..

      Hapus
    2. ya, ajukan baru saja melalui dinas pendidikan

      Hapus
  34. Sudah saya coba dan berhasil di simpan. Tetapi saat di setujui oleh dinas ada pemberitahuan "tidak di ijinkan".
    Mohon solusi nya.
    Terimkasih.

    BalasHapus

Gambar ataupun video yang ada di situs ini terkadang berasal dari berbagai sumber media lain. Hak Cipta sepenuhnya dipegang oleh sumber tersebut.