Panduan Gerakan Literasi Sekolah (GLS) di SMA Edisi Revisi - Pdf

Keterampilan  membaca  berperan  penting  dalam  kehidupan  kita  karena pengetahuan terutama  diperoleh melalui membaca. Keterampilan ini harus  dikuasai peserta didik dengan baik sejak dini. Mengutip data dari Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan  (Kemendikbud),  setidaknya  angka  melek  akasara  yang meliputi  membaca,  menulis  dan  berhitung  mencapai  angka  97,932  persen,  atau hanya sekitar 2,068 persen (3,474 juta orang) yang masih buta aksara.

Kemendikbud  mengukur  keterampilan  membaca  melalui  program  Indeks Alibaca  (Angka  Literasi  Membaca)  Indonesia  2019  yang  terdiri  atas  Dimensi Kecakapan, Dimensi Akses, Dimensi Alternatif, dan Dimensi Budaya. Indeks Alibaca Provinsi dari 34  provinsi di Indonesia, sembilan  provinsi (26%) masuk dalam kategori aktivitas literasi sedang; 24 provinsi (71%) masuk kategori rendah; dan satu  provinsi (3%) masuk kategori sangat rendah. Artinya,  sebagian besar provinsi berada pada level  aktivitas  literasi  rendah  dan  tidak  satu  pun  p rovinsi  termasuk  ke  dalam  level
aktivitas literasi tinggi.

Atas permasalahan tersebut, pemerintah melalui Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan menghasilkan  beberapa regulasi untuk mengentaskan  masalah literasi di  kalangan  peserta  didik.  Undang-undang  ini  menjelaskan  tentang  perbukuan,  mencakup tentang pemerolehan naskah, penerbitan hingga penyediaan dan pengawasan buku.


Seperti kita ketahui bersama bahwa literasi  bukan  sekadar  mampu  membaca  dan  menulis.  Literasi bermakna  bagaimana  kita  mampu  berbicara  dengan  santun,
bagaimana  kita  berperilaku  sosial  dan  menjalin  silaturahmi, bagaimana  mengembangkan  ilmu  pengetahuan  dan  memahami budaya,  bagaimana  kita  menempatkan  literasi  dalam  kehidupan  kita seiring bagaimana kita berkomunikasi.
(UNESCO, 2003).

Literasi  memungkinkan  masyarakat  akademis  menjadi  entitas  yang  mampu bersaing  dan  lebih  maju  dibandingkan  dengan  individu-individu  lainnya  yang  tidak literat. Salah satu upaya agar individu menjadi literat adalah melalui membaca, sebab membaca  merupakan  kegiatan  memahami  berbagai  aspek  kehidupan.  Sekolah Menengah  Atas  (SMA)  sebagai  suatu  institusi  yang  di  dalamnya  terdapat  individuindividu  potensial  untuk  menjadi  sumber  daya  manusia  (SDM)  unggul  Indonesia harus  diupayakan  menjadi  penggerak  lahirnya  masyarakat  literat  agar  menjadi entitas pembelajar yang mempunyai potensi dan kemampuan yang sangat luar biasa untuk bersaing. Oleh karenanya, kebiasaan membaca perlu ditumbuhkan, dibina, dan dikembangkan.

Mengacu  pada  tujuan  menumbuhkembangkan  kebiasaan  membaca, digulirkan program Gerakan Literasi Sekolah (GLS) di 102 SMA di seluruh Indonesia. Gerakan ini diprogramkan oleh Direktorat Pembinaan SMA untuk membina peningkatan  minat  membaca  peserta  didik  SMA.  Pada  pelaksanannya,  sekolah bersama  dengan  pemangku  kepentingan  lainnya  memberikan  bantuan  berupa fasilitas dan dorongan untuk menggerakkan budaya membaca peserta didik.

Agar mempunyai persepsi yang sama, diperlukan panduan literasi di SMA yang
menyajikan  praktik-praktik  baik  pelaksanaan  GLS  dalam  kegiatan  pembiasaan,
pengembangan,  dan  pembelajaran.  Buku  ini  diharapkan  dapat  menjadi  referensi
untuk  menduplikasi,  mengadaptasi,  atau  memodifikasi  kegiatan  literasi  sekolah
sebagai sebuah gerakan. Semoga buku ini dapat memberikan inspirasi tambahan dan
memperkaya inovasi bagi sekolah untuk melaksakanan program GLS atau melakukan
program lanjutan GLS.

Paparan Panduan Gerakan Literasi Sekolah (GLS) di SMA Edisi Revisi -  Pdf



Selengkapnya, Silahkan Unduh Gratis Panduan Gerakan Literasi Sekolah (GLS) di SMA Edisi Revisi -  Pdf Pada Tautan Di Bawah Ini:


Demikian Penyampaian Panduan Gerakan Literasi Sekolah (GLS) di SMA Edisi Revisi -  Pdf, Jika Anda Tidak Bisa Mendownload File Ini, Silahkan Anda Berikan Komentar Pada Kotak Komentar Di Bawah Artikel, Terima Kasih.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Belum ada Komentar untuk "Panduan Gerakan Literasi Sekolah (GLS) di SMA Edisi Revisi - Pdf"

Posting Komentar

Gambar ataupun video yang ada di situs ini terkadang berasal dari berbagai sumber media lain. Hak Cipta sepenuhnya dipegang oleh sumber tersebut.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel