Admin Dapodik.co.id Belajar Skill Berbagi Dari Covid-19

DAPODIK.co.id, Dalam mendidik anak berkebutuhan khusus, melakukan pembelajaran secara langsung saja penuh tantangan. Mereka biasanya lebih tertarik bermain game. Oleh karena itu, admin memikirkan bagaimana penggunaan gawai secara lebih bermanfaat untuk menunjang ketertarikan belajar dalam masa pandemi ini. Kondisi seperti ini mengharuskan guru lebih aktif dan kreatif dalam memanfaatkan teknologi.


Pemilihan model pembelajaran yang tepat tergantung pada materi/topik apa yang akan kita sampaikan. Masing-masing topik atau materi memerlukan pendekatan dan model yang tidak sama. Pada pertemuan kali ini admina menggunakan metode pembelajaran discover learning yang terintegrasi dengan TIK.

Hal pertama yang admin lakukan adalah memberikan sebuah topik permasalahan untuk peserta didik. Pada kesempatan kali ini siswa diberikan materi berupa video pembelajaran yang bisa di unduh melalui link yang telah dibagikan, kemudian tinggal didiskusikan apa saja kesulitan siswa tentang materi tersebut. Setelah itu, peseta didik merangkum dan mengerjakan kuis yang telah di sediakan.

Tujuannya agar anak dan orang tua dapat memanfaatkan sisi positif dari penggunaan gawai dan dunia internet untuk mencari sebuah materi pembelajaran atau  jawaban atas kasus/ permasalahan yang diberikan guru.

Orang tua antusias dan sangat mendukung ketika pembelajaran ini dilaksanakan. Orang tua merasakan dampak positif dari pembelajaran yang menarik ini, yakni menjadikan anaknya dapat menggunakan gawai bukan hanya untuk bermain game, tapi juga sebagai alat komunikasi serta pencari referensi dalam belajar di tengah pandemi corona.

Orang tua merasa lebih mudah membimbing anak dalam pengerjaan soal melalui kuis yang sudah guru buat, dan merasakan suatu hal yang baru dalam pengerjaan tugas sehingga tidak bosan dalam belajar.

Selanjutnya refleksi yang admin berikan selalu mengedukasi orang tua untuk tetap mengawasi dan membimbing peserta didik selama belajar dirumah.

Banyak hal baru yang admin dapat, dalam hal ini admin lebih terbuka akan perkembangan teknologi informasi, khususnya dalam pemanfaatan aplikasi media pembelajaran. Selain itu, admin juga melakukan modifikasi pemanfaatan media pembelajaran bagi peserta didik luar biasa sesuai dengan karakteristiknya.

Untuk kedepannya, admin berharap pelatihan yang diberikan kepada guru bisa berkelanjutan. Khususnya dalam penggunaan fitur media belajar secara daring bagi anak bekebutuhan khusus.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Belum ada Komentar untuk "Admin Dapodik.co.id Belajar Skill Berbagi Dari Covid-19"

Posting Komentar

Gambar ataupun video yang ada di situs ini terkadang berasal dari berbagai sumber media lain. Hak Cipta sepenuhnya dipegang oleh sumber tersebut.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel