Tanggung Jawab, Memahami Apa Itu Tanggung Jawab

Frasa tanggung jawab seringkali digunakan dalam percakapan sehari-hari dan umum pula digunakan pada diskusi-diskusi yang biasa digelar akademisi. Setiap orang dituntut untuk bertanggung jawab atas dirinya dan perkataan yang diucapkannya. Lalu, apa sebenarnya makna kata ini?



Pengertian Tanggung Jawab

Secara umum tanggung jawabdinilai sebagai bentuk kesadaran manusia akan tingkah laku dan perbuatan baik yang dilakukannya secara sengaja maupun tak sengaja. Hal ini sudah seperti fitrah sebagai perwujudan kesadaran akan kewajiban yang dimiliki oleh manusia sebagai makhluk bernyawa dan memiliki derajat lebih tinggi dibanding makhluk lainnya.

Secara harfiah, frasa ini dapat pula diartikan sebagai sebuah keadaan yang mewajibkan seseorang untuk menanggung segala sesuatu atas perbuatan yang dilakukan ataupun perkataan yang telah diucapkan. Jika sesuatu hal yang buruk terjadi, orang tersebut dapat dituntut, dipersalahkan, diperkarakan dan diadili sebagai bentuk pembebanan akan sikapnya sendiri.

Jadi, sikap bertanggungjawab ini merupakan sebuah keadaan bersifat kodrati yang merupakanbagian dari kehidupan manusia dan tak terhindarkan. Sikap ini merupakan sebuah perbuatan yang dilakukan tiap individu berdasarkan kewajiban yang diembannya ataupun berdasarkan panggilan hati seseorang. Pada dasarnya, sifat ini merupakan suatu bentuk kepedulian yang baik dan menuntut kejujuran yang tinggi.

Tangung jawab merupakan sebuah ciri khas masyarakat yang beradab dan berbudaya, untuk lebih mengenali pengertiannya, perhatikan beberapa penjelasan berdasarkan pendapat para ahli di bawah ini.

1. Menurut Friedrich August von Hayek

Pada dasarnya masing-masing individu dapat bertanggungjawab hanya atas apa yang dilakukannya sendiri. Hanya mereka yang berbuat, yang wajib memikul akibat dari perbuatannya. Namun, Friedrich August von Hayek menekankan bahwa orang dapat dikatakan mempertanggungjawabkan perbuatannya ketika ia secara sadar mengambil keputusan dan tindakan tanpa adanya tekanan dari pihak manapun.

2. Menurut Goerge Bernard Shaw

Menurut Goerge Bernard Shaw, setiap orang yang mampu menerapkan segala kemampuan, pengetahuan dan energi yang dimilikinya ke dalam suatu tidakan yang terpuji dan berguna merupakan bukti bahwa orang tersebut bertanggung jawab. Ia akan melakukannya sekalipun harus menangung akibat perbuatannya pada diri sendiri, baik dalam hal keuntungan maupun kerugian.
  
3. Menurut Carl Horber

Carl Horber mengemukakan pendapatnya bahwa pengertian tanggung jawab adalah setiap individu pasti memiliki kemungkinan berada pada beberapa situasi yang mewajibkannya untuk melakukan kewajiban moral atau hukum. Karenanya, seseorang dapat bertanggung jawab kepada orang lain sebagai bentuk solidaritas dan perlindungan.

Macam-macam Tanggung Jawab

Tujuan manusia untuk berjuang dan bertindak pada dasarnya adalah untuk memenuhi kebutuhannya sendiri dan orang lain yang dipedulikannya. Dalam usaha tersebut, manusia juga menopangkan usahanya pada kekuatan lain, seperti kuasa alam dan Tuhan. Oleh sebab itu, macam-macam tanggung jawab dibedakan dalam beberapa kategori, antara lain;

1. Terhadap Tuhan

Tuhan memilih menurunkan manusia di muka bumi ini untuk beribadah, melakukan kebaikan dan meneruskan keturunan. Karenanya, setiap individu yang terlahir memiliki tanggungan pertanggungjawaban atas segala perkataan dan perbuatannya semasa hidup. Setiap agama pasti mengajarkan hak dan kewajiban yang harus dijalankan oleh setiap penganutnya.

2. Terhadap diri sendiri

Tanggung jawab diri sendiri merupakan sebuah kesadaran yang menuntut seseorang untuk menjalankan kewajibannya dalam mengembangkan kepribadian sebagai manusia yang bermoral. Dengan demikian, ia mampu mengontrol tindakan yang hendak dilakukan. Efeknya, seseorang akan mampu memecahkan permasalahan-permasalahan yang dihadapi tanpa mengusik orang lain.

3. Terhadap keluarga

Keluarga merupakan replika masyarakat terkecil di mana proses belajar bermasyarakat pertama kali diperkenalkan. Dalam sebuah keluarga setiap anggota keluarga tak hanya berfokus pada diri sendiri, namun juga bertanggung jawab pada anggota keluarga yang lain. Pertanggungjawaban yang dimaksud tak hanya mengenai perlindungan, namun juga kesejahteraan, pendidikan dan kehidupan.

4. Terhadap masyarakat

Manusia sebagai makhluk sosial dipastikan tak dapat hidup tanpa bantuan orang lain. Karena hal itulah, koloni berupa masyarakat dibentuk untuk saling berkomunikasi dan berinteraksi dengan lebih terbuka namun bertanggung jawab. Sebagai individu dalam sebuah kelompok, wajar jika seseorang dituntut untuk menjalankan hak dan kewajiban yang disepakati dan bertanggung jawab atas segala sesuatu yang diperbuat.

5. Terhadap Bangsa dan Negara

Setiap individu yang memiliki kewarganegaraan memiliki ikatan yang harus dipatuhi agar dapat menjalani kehidupan yang selaras dan seimbang. Setiap individu terikat untuk berfikir, berbuat, bertindak dan bertingkah laku memngikuti norma-norma dan aturan tertentu yang dibuat oleh suatu negara. Aturan-aturan ini dibentuk untuk menjaga hak dan kewajiban setiap warga negara agar tak saling bersinggungan dan menimbulkan konflik.

Contoh Tindakan yang Mencerminkan Tanggung Jawab

Untuk lebih memahami macam-macam tanggung jawab yang dipaparkan di atas, ada baiknya Anda memahaminya lewat contoh tindakan yang mencerminkan sikap bertanggung jawab seperti yangdipaparkan berikut ini;

1. Contoh tindakan bertanggung jawab pada diri sendiri

Contoh kecil dari perbuatan bertanggung jawab pada diri sendiri yang mudah kita temui dalam kehidupan sehari-hari adalah sikap jujur yang dimiliki seorang siswa ketika hendak menghadapi ujian. Mereka yang bertanggung jawab tentu menyadari posisinya sebagai siswa dan memiliki kewajiban untuk belajar. Mereka yang bertanggung jawab akan belajar dengan giat pada hari-hari sebelum ujian dilangsungkan.

Seseorang yang bertanggung jawab memiliki komitmen pada diri sendiri untuk melakukan tindakan jujur dan terpuji. Ia tidak akan melakukan tindakan curang dengan mencontek hanya karena ingin mendapatkan hasil bagus yang instan. Jika hasil yang didapat dari pekerjaannya tak begitu memuaskan, maka ia harus bertanggung jawab pada dirinya sendiri untuk menerima kenyataan dan belajar lebih giat lagi.

2. Contoh tindakan bertanggung jawab pada keluarga

Contoh paling umum dalam tanggung jawab terhadap keluarga dapat dilihat dari usaha yang dilakukan seorang Ayah. Ayah sebagai kepala keluarga memiliki peranan penting untuk menyelamatkan keluarganya dari kemiskinan. Karenanya, Ayah selalu berusaha menjalankan kewajibannya untuk mencari nafkah dan menopang kehidupan seluruh anggota keluarga. Ia juga bertanggung jawab akan keselamatan dan pendidikan anak-anaknya.

3. Contoh tindakan bertanggung jawab pada masyarakat

Dalam kehidupan bermasyarakat, bentuk sikap bertanggung jawab yang dapat dilakukan seseorang adalah dengan memberikan sumbangsih pada orang-orang sekitar. Cara sederhananya dengan turut serta bergotong royong menjaga kebersihan lingkungan. Hadir dalam kegiatan kerja bakti yang biasa diadakan tiap bulan merupakan sebuah sikap bertanggung jawab yang patut dihargai.

Dari uraian mengenai tanggung jawab beserta macam dan contoh perbuatan di atas, manakah yang sudah Anda jalankan? Apakah Anda memenuhi syarat untuk dapat disebut sebagai seseorang yang bertanggung jawab?

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Belum ada Komentar untuk "Tanggung Jawab, Memahami Apa Itu Tanggung Jawab"

Posting Komentar

Gambar ataupun video yang ada di situs ini terkadang berasal dari berbagai sumber media lain. Hak Cipta sepenuhnya dipegang oleh sumber tersebut.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel