Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Suka Duka Jadi Kepala Sekolah di Sekolah Menengah Pertama – Kepala Sekolah SMP

DAPODIK.co.id - Suka Duka Jadi Kepala Sekolah di Sekolah Menengah Pertama – Kepala Sekolah SMP. Seorang yang ditunjuk atau dengan sendirinya mengajukan menjadi kepala sekolah adalah mereka yang benar-benar sudah siap mental dan siap akan semua risiko yang terjadi. Menjadi kepala sekolah memang berat maka banyak yang enggan menjabatnya. Sebenarnya seberat apa sih? 


Adakah hal yang menyenangkan menjadi kepala sekolah? Berikut suka duka menjadi kepala sekolah SMP:

Harus Kapabel
Tidak semua orang bisa dengan mudah menjabat sebagai kepala sekolah. Seorang yang ditunjuk pasti dia yang telah memenuhi syarat sebagai kepala sekolah. Jadi bagi yang ingin mengajukan sendiri harus menyiapkan diri menjadi seorang yang cakap, cerdas, memiliki jiwa kepemimpinan dan berprestasi.

Kenapa kepala SMP harus memiliki dasar-dasar tersebut? Karena tugas yang nanti akan diemban sangatlah berat. Kepala sekolah harus mampu menjaga ketertiban sekolah, mengatur manajemen sekolah, menjadi siswa berprestasi, menghadapi guru dan karyawan agar bisa menjalankan amanahnya dengan baik dan lainnya.

Dianggap Menambah Dosa
Jika anda bersungguh-sungguh ingin jadi kepala sekolah, siap-siap saja mendengar cibiran dari partner kerja dibawahmu. Banyak yang menganggap pekerjaan menjadi kepala sekolah adalah pekerjaan yang hanya akan menambah dosa. Contoh orang beranggapan demikian karena banyak dana masuk ke sekolah seperti dana BOS yang kadang diselewengkan.

Meskipun ketika menjabat sebagai kepala sekolah SMP sudah jujur tapi kadang yang dibawah justru menyalahgunakan amanah yang diberikan. Misalnya saja seorang yang ditunjuk sebagai bendahara dan sekretaris. Jika mereka menyeleweng nanti kepala sekolah juga akan terkena imbasnya. Cibiran dari luar tentu akan beranggapan bahwa kepala sekolah ikut dalam memnggunakan dana tersebut.

Kegiatan Sosial Bertambah
Berbicara mengenai suka duka menjadi kepala sekolah SMP memang lebih banyak dukanya daripada enaknya. Sudah tentu anda sebagai kepala sekolah akan mendapat keluarga baru, teman baru yang jumlahnya tidak sedikit. Tidak hanya datang dari dalam saja tapi dari luar juga tentu akan bertambah.

Dihormati Dan Disegani
Orang yang berada di bawah kamu akan lebih hormat dan segan terhadapmu. Semua yang kamu perintahkan akan dilakukan selama itu baik dan masih dalam hal pekerjaan sekolah. Secara tidak langsung tugas kamu banyak yang akan membantu menyelesaikannya. Namun biar begitu kamu jangan menyalahkan kekuasaan yang sedang kamu miliki untuk berbuat semau kamu.

Kamu harus bisa menjaga hubungan kamu dengan semua guru dan karyawan terutama wali murid agar senantiasa baik dan kondusif. Jadi dalam memutuskan dan membuat kewenangan harus benar-benar hati-hati.

Banyak Yang Mendoakan
Doa akan selalu tercurah bagi kamu yang saat ini menjabat sebagai kepala sekolah. Bukan hanya dari guru dan karyawan tapi dari seluruh murid dan wali murid turut mendoakanmu. Dengan begitu keberkahan akan selalu mengiringi hidupmu. Dari doa yang selalu dipanjatkan akan memudahkan kamu menggapai apa yang anda inginkan.

2 komentar untuk "Suka Duka Jadi Kepala Sekolah di Sekolah Menengah Pertama – Kepala Sekolah SMP "

  1. Ketulusan hati menjadi kunci bagi kepala sekolah untuk menjalankan tugas. Ketulusan menjadikan orang itu rendah hati. Dia (kepala sekolah) akan menjadi terasa ringan ketika berpikir untuk kemaslahatan banyak orang, bukan untuk kepentingan diri sendiri. Bertindak dan berpikir dengan tenang sambil terus meminta hikmat Allah, Swt akan menjadi pengambil keputusan yang tepat meskipun setiap keputusan akan berhadapan dengan resiko. Insyaallah semua akan kembali kepada kebenaran. Susah memang tetapi jalani dan tetap melangkah pada jalan Allah maka semua berakhir pada kesejahteraan bersama. Tetap semangat.

    BalasHapus

Gambar ataupun video yang ada di situs ini terkadang berasal dari berbagai sumber media lain. Hak Cipta sepenuhnya dipegang oleh sumber tersebut.