About us

Pengertian, Tujuan Dan Cara Mengisi Data Literasi Sekolah Pada Aplikasi Dapodik Terbaru Yang Belum Terisi

Gerakan Literasi Sekolah adalah sebuah gerakan dalam upaya menumbuhkan budi pekerti siswa yang bertujuan agar siswa memiliki budaya membaca dan menulis sehingga tercipta pembelajaran sepanjang hayat.

Kegiatan rutin ini dilaksanakan untuk menumbuhkan minat baca peserta didik serta meningkatkan keterampilan membaca. Materi baca berisi nilai-nilai budi pekerti, berupa kearifan lokal, nasional, dan global yang disampaikan sesuai tahap perkembangan peserta didik.


Gerakan Literasi Sekolah ini merupakan upaya menyeluruh yang melibatkan semua warga sekolah baik guru, peserta didik, orang tua/wali murid, dan masyarakat, sebagai bagian dari ekosistem pendidikan sehingga membutuhkan dukungan kolaboratif berbagai elemen. Upaya yang ditempuh untuk mewujudkannya berupa pembiasaan membaca yang dilakukan dengan kegiatan 15 menit membaca. Guru membacakan buku dan warga sekolah membaca dalam hati.

Literasi lebih dari sekadar membaca dan menulis, namun mencakup keterampilan berpikir menggunakan sumber-sumber pengetahuan dalam bentuk cetak, visual, dan auditori. Di abad 21 ini , kemampuan ini disebut sebagai literasi informasi.

Sahabat Dapodik.co.id, Terkait dengan hal tersebut, aplikasi dapodik terbaru sebagai bagian dari manajemen data pokok pendidikan pada satuan pendidikan mencantumkan kolom entri data literasi. Kolom ini memberikan informasi data Tim Litearsi Sekolah yang dikuatkan dengan surat Keputusan dan Surat Tugas. Bagi sekolah yang belum sama sekali mencantumkan data literasi, pastinya akan menjumpai notifikasi dapodik "data literi sekolah pada kepanitian sekolah belum terisi". Lalu bagaimanakah cara mengatasinya.

Berikut Ini Adalah Cara Mengisi Literasi Sekolah Pada Aplikasi Dapodik Terbaru Yang Belum Terisi:

Langkah pertama adalah silahkan anda buka aplikasi dapodik dengan menggunakan username dan password pada aplikasi  dapodik di sekolah anda. 

Langkah kedua adalah silahkan pilih menu sekolah  >> data rinci sekolah >> Kepanitian sekolah >> tambah. Entri semua data yang dibutuhkan seperti gambar dan penjelasan di bawah ini:


ü  Satuan tugas : Literasi Sekolah
ü  Nama Satuan Tugas : Diisi dengan nama satuan tugas, contoh: Tim Gerakan Literasi Sekolah
ü  Instansi  : diisi dengan nama instansi kepanitian yang dibentuk.Misalnya nama sekolah apabila dibentuk pada tingkat satuan pendidikan.
ü  Tingkat satuan tugas: Pilih tinggkat pembentukan panitia
ü  SK Tugas: diisi nomor SK pembentukan panitia.
ü  TMT SK Tugas: diisi tanggal mulai berlakunya SK dibentuknya panitia tersebut.
ü  TST SK Tugas: diisi tanggal selesainya SK pembentukan panitia.
ü  Terpasang Papan/Plang: pilih pemasangan papan/plang. 
ü  Tersedia Formulir: pilih ketersediaan formulir pengaduan.

Setalah entrian data diatas selesai, silahkan anda klik tombol menu simpan.

Langkah ketiga berikutnya adalah silahkan pilih data literasi sekolah, Kemudian klik menu anggota Kepanitian. Silahkan entri data Kepanitian Literasi sekolah anda. 


Setelah menyelesaikan entri data kepanitian, simpan dengan menekan tombol simpan.

Selesai.

Langkah paling akhir adalah entri data literasi sekolah anda. Anda boleh cek validasi lokalnya, jika berhasil, maka tidak terdapat notifikasi warning pada validasi, dan jika belum berhasil, maka anda perlu melakukan clear history browser serta clear cache dan cookie pada browser anda.

Demikianlah Pengertian, Tujuan Dan Cara Mengisi Data Literasi Sekolah Pada Aplikasi Dapodik Terbaru Yang Belum Terisi, Semoga Memberi Manfaat.

Jika artikel ini kurang jelas dan mungkin masih ada pertanyaan, anda bisa tanyakan pada kolom komentar yang tersedia di akhir postingan ini. Untuk dapat mengikuti berita terbaru dan mendapatkan notifikasi silahkan follow akun www.dapodik.co.id ini. Karena akan menyajikan berita terbaru dan terpopuler di dunia pendidikan, terima kasih.

Belum ada Komentar untuk "Pengertian, Tujuan Dan Cara Mengisi Data Literasi Sekolah Pada Aplikasi Dapodik Terbaru Yang Belum Terisi"

Posting Komentar

Gambar ataupun video yang ada di situs ini terkadang berasal dari berbagai sumber media lain. Hak Cipta sepenuhnya dipegang oleh sumber tersebut.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel