Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Buku Saku Tanya Jawab Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) – Buku Saku Tanya Jawab RPP Sesuai Dengan Kurikulum 2013

Buku Saku Tanya Jawab Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) – Buku Tanya Jawab RPP Sesuai  Dengan Kurikulum 2013. Nadiem  Anwar  Makarim  untuk  mendukung program  prioritas  Presiden  RI  Joko  Widodo  dalam  upaya  meningkatkan pembangunan sumber daya manusia yang unggul dan  bermutu.  Kebijakan  ini  mengangkat  tentang  penyusunan dan pengembangan RPP yang dapat dilakukan secara sederhana oleh  guru  sesuai  dengan  prinsip:  efisiensi,  efektif,  dan berorientasi  pada  murid. 

Berdasarkan  Surat  Edaran  Menteri Pendidikan  dan  Kebudayaan  Nomor  14  Tahun  2019  tentang Penyederhanaan  RPP  dimana  RPP  hanya  terdiri  dari  3 komponen yang meliputi: tujuan pembelajaran, langkah-langkah (kegiatan) pembelajaran, dan penilaian pembelajaran (assessment).

Guru  dapat  menyusun,  mengembangkan,  memilih, memodifikasi  dan  menggunakan  RPP  secara  bebas  dan sederhana sesuai dengan 3 prinsip tersebut diatas. Tujuan dari penyederhanaan  RPP  ini  adalah  untuk  meringankan  beban administratif  guru  dan  memberikan  kebebasan  kepada  guru untuk berkreasi dan berinovasi dalam proses pembelajaran.

Dikutip  pernyataan  Mas  Menteri,  esensi  dari  sebuah  RPP adalah bukan dari sekedar penulisan RPPnya melainkan tentang proses  refleksi  guru terhadap  pembelajaran yang  terjadi.

Guru saat menulis sebuah RPP, kemudian dilaksanakan dalam proses pembelajaran,  dan  guru  melihat  RPPnya  kembali  untuk melakukan refleksi apakah maksud dari RPP yang disusun telah tercapai  dalam  proses  pembelajaran.  Maka  disitulah  terjadi pembelajarannya, bukan pada penulisan RPP yang berjumlah 10 halaman atau lebih yang hanya sekedar untuk administrasi saja.

Buku saku ini memuat seputar tanya jawab tentang penyusunan dan pengembangan RPP secara bebas dan sederhana  sesuai  dengan  Kurikulum  2013.   Harapannya  buku saku ini dapat memberikan informasi dan pemahaman tentang esensi RPP sebagai suatu proses pembelajaran, khususnya untuk para guru. Semoga buku ini dapat memberikan stimulus untuk terus berkreasi dan berinovasi dengan bebas. Selamat membaca dan salam “merdeka belajar”!

Buku Saku Tanya Jawab Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) – Buku Saku Tanya Jawab RPP Sesuai  Dengan Kurikulum 2013

Buku Saku Tanya Jawab Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) – Buku Saku Tanya Jawab RPP Sesuai  Dengan Kurikulum 2013

Beberapa Tanya Jawab RPP Didalam Buku Tersebut Yaitu:

Apa yang dimaksud dengan prinsip efisien, efektif dan berorientasi pada murid?
▪  Efisien berarti penulisan RPP dilakukan dengan tepat dan tidak menghabiskan banyak waktu dan tenaga.
▪  Efektif berarti penulisan RPP dilakukan untuk mencapai tujuan pembelajaran.
▪  Berorientasi pada murid berarti penulisan RPP dilakukan dengan mempertimbangkan kesiapan, ketertarikan, dan kebutuhan belajar murid di kelas.

Apakah ada standar baku untuk format penulisan RPP?
Tidak ada. Guru bebas membuat, memilih, mengembangkan, dan menggunakan RPP sesuai dengan prinsip efisien, efektif, dan berorientasi pada murid.

Selengkapnya Unduh Gratis Buku Saku Tanya Jawab Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) - Buku Saku Tanya Jawab RPP Sesuai  Dengan Kurikulum 2013


Demikian Postingan Terbaru Terkait Buku Saku Tanya Jawab Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) - Buku Saku Tanya Jawab RPP Sesuai  Dengan Kurikulum 2013, Semoga Bermanfaat.

Posting Komentar untuk "Buku Saku Tanya Jawab Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) – Buku Saku Tanya Jawab RPP Sesuai Dengan Kurikulum 2013"