Cara Mudah Bagi Guru, Orang Tua, dan Siswa SD, SMP, SMA/ SMK Untuk Mencari NISN Terbaru

Artikel ini di tujukan kepada seluruh orang yang terjaring atau mengenal dunia pendidikan. Sebelum anda mencari NISN, ada baiknya anda memahami dulu apa sebenarnya NISN kemudian tujuan, manfaat NISN yang ada di dunia pendidikan.
 
Cara Mudah Bagi Guru, Orang Tua, dan Siswa SD, SMP, SMA/ SMK Untuk Mencari NISN Terbaru

Apa Itu NISN?

NISN atau Nomor Induk Siswa Nasional adalah kode pengenal identitas siswa yang bersifat unik, standar dan berlaku sepanjang masa yang dapat membedakan satu siswa dengan siswa lainnya di seluruh Indonesia dan Sekolah Indonesia di Luar Negeri. NISN diberikan kepada setiap peserta didik yang bersekolah di satuan pendidikan yang memiliki NPSN dan terdaftar di Referensi Kemdikbud.

Apa Tujuan dan Manfaat Dari NISN?
1.    Mengidentifikasi setiap peserta didik di seluruh sekolah se-Indonesia
2.    Sebagai pusat layanan sistem pegelolaan nomor induk siswa secara online bagi unit-unit kerja di Kemdikbud, Dinas Pendidikan Daerah hingga sekolah.
3.    Sebagai sistem pendukung program Dapodik dalam pengembagan dan penerapan program-program perencanaan pendidikan, statistik pendidikan dan program lainnya baik di tingkat pusat, provinsi, kota, kabupaten hingga sekolah seperti Bantuan Operasional Skolah (BOS), Ujian Nasional, PIP, SMPTN

Penyebab Guru, Orang Tua ,  dan Siswa SD, SMP, SMA/ SMK Mengecek/ Mencari NISN

Ada beberapa hal yang menyebabkan seseorang Guru, Orang Tua ,  dan Siswa SD, SMP, SMA/ SMK melakukan pengecekan NISN atau pencarian data NISN. Berikut ini adalah beberapa alasan pengecekan dan pencarian NISN milik siswa.

1)  Sebab Sekolah / Guru Melakukan Pengecekkan
·       Jika sebuah sekolah terdapat murid baru, khususnya pada saat awal tahun pelajaran, maka operator sekolah akan mengimputkan data siswa yang baru ke aplikasi dapodik atau dapodikdasmen. Operator sekolah tersebut akan mengecek tahap awal yang merupakan sebuah proses pengajuan pembuatan NISN yang baru.
·       Pengecekan NISN yang dilakukan operator sekolah bisa dilakukan kapanpun jika NISN siswa dirasa perlu dicek kevalidannya. Hal ini biasanya dilakukan saat siswa mau melaksanakan Ujian Sekolah dan Ujian Nasional, operator biasanya akan mengecek kevalidani dari NISN para calon peserta Ujian tersebut.

2)  Penyebab Guru, Siswa dan Orang Tua SMP Melakukan Pengecekkan
·       Guru sekolah SMP tersebut perlu mengece kevalidan dari NISN para siswa baru yang ada di sekolah tersebut, supaya jika terdapat NISN yang tidak valid maka bisa segera di dibetulkan lewat website vervalpd.
·        Jika ada siswa baru yang lupa denga NISN milik mereka sendiri maka operator / guru SMP bisa melakukan pencarian terhadap NISN siswa secara online berdasarkan dengan nama dari siswa tersebut. Jadi tidak perlu lagi menanyakan ke pihak SD dari sisawa tersebut.
·        Jika siswa SMP lupa dengan NISN milik mereka, maka bisa langsung dilakukan pencarian NISN secara online lewat website NISN seperti yang sudah di jelaskan pada tutorial di atas.

3)  Penyebab Guru dan Siswa SMA/ SMK Mengecek dan Mencari NISN
·       Guru SMA/ SMK perlu melakukan pengecekan kevalidan NISN para siswa baru yang ada di sekolah tersebut supaya jika terdapat NISN yang tidak valid bisa segera dibetulkan lewat website vervalpd.
·        Jika terdapat siswa yang lupa NISN mereka maka mereka bisa menanyakan pada operator SMK/SMK untuk dibantu mencarikan NISN secara online berdasarkan dengan nama siswa tersebut. Jadi tidak perlu lagi menanyakan informasi NISN tersebut ke pihak SMP maupun SD dari siswa yang bersangkutan.
·        Jika siswa SMA/SMK lupa akan NISN mereka maka bisa melakukan pencarian NISN secara online menggunakan nama serta tempat tanggal lahir mereka.

4)  Penyebab Orang Tua Siswa Mengecek dan Mencari NISN Anaknya
·        Orang tua siswa/ wali para siswa biasanya melakukan pengecekan NISN anak mereka untuk mengecek dan memastikan kevalidan data anak mereka.
·        Jika kartu NISN milik siswa hilang atau mungkin lupa akan NISN mereka maka orang tua siswa atau wali bisa melakukan pencarian NISN anak mereka secara online lewat internet.

Bagaimana Cara Mencari NISN Siswa SD, SMP dan SMA?

Untuk mencari NISN siswa ternyata cukup mudah, kamu tinggal ikuti saja langkah-langkah yang ada di bawah ini:
ü    Silahkan buka link ini: http://nisn.data.kemdikbud.go.id/page/data
ü    Setelah halamannya terbuka, kamu buka tab "Pencarian Berdasarkan Nama" seperti pada gambar di bawah ini:


ü    Selanjutnya kamu tinggal masukkan Nama Siswa, Tempat Lahir Siswa, Tanggal Lahir Siswa (format tanggalnya adalah " tanggal/bulan/tahun", contoh: 28/04/2019) dan juga Nama Ibu (tanpa gelar).
ü    Bila data yang dimasukkan benar dan ada di dalam servernya kemdikbud maka NISN siswa akan keluar seperti gambar di bawah ini:


Bagaimana Bila Data Yang Dimasukkan Sudah Benar Tetapi NISN Siswanya Tidak Ada?


Untuk pertanyaan diatas, anda bisa tanyakan ke pihak sekolah terutama ke Operator Sekolah apakah data kamu sudah di inputkan ke dalam sistem Dapodik atau belum. Karena yang melakukan pendataan pertama kali adalah pihak sekolah melalui aplikasi Dapodik.

Jika ada pertanyaan seputar NISN siswa kamu bisa langsung tanya saja di halaman komentar.

Demikianlah informasi  serta tutorial yang bisa admin dapodik.co.id sampaikan tentang Cara Mudah Bagi Guru, Orang Tua, dan Siswa SD, SMP, SMA/ SMK Untuk Mencari NISN Terbaru. Semoga apa yang di sampaikan bermanfaat untuk semua yang membutuhlan.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Belum ada Komentar untuk "Cara Mudah Bagi Guru, Orang Tua, dan Siswa SD, SMP, SMA/ SMK Untuk Mencari NISN Terbaru"

Posting Komentar

Gambar ataupun video yang ada di situs ini terkadang berasal dari berbagai sumber media lain. Hak Cipta sepenuhnya dipegang oleh sumber tersebut.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel