Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Panduan Verval PD Verifikasi Validasi Peserta Didik Pada Alamat Terbaru

DAPODIK.co.id - Panduan Verval PD Verifikasi Validasi Peserta Didik Pada Alamat Terbaru. Daftar siswa yang ada di sini menampilkan data yang tidak valid, dilihat dari Data Dapodik. Jika ada kesalahan dalam prosedur pengisian/entri data peserta didik di Dapodik, maka sistem VervalPD akan menginformasikan kesalahan tersebut melalui fitur ini.

Panduan Verval PD Verifikasi Validasi Peserta Didik Pada Alamat Terbaru  

Panduan Verval PD Verifikasi Validasi Peserta Didik Pada Alamat Terbaru

Cek kembali di Aplikasi Dapodik dan perbaiki Contohnya: ketidaklengkapan pengisian variabel data peserta didik, tanggal masuk sekolah untuk siswa mutasi tidak valid, kesalahan penentuan registrasi masuk rombel dan lain-lain.

LOGIN Akses laman http://pd.data.kemdikbud.go.id/  Isikan username (email) dan password sesuai dengan akun yang didaftarkan di laman Jaringan Pengelola Data Pendidikan (SDM) atau sama pada akun Aplikasi Dapodik.


Menu HOME di menampilkan Perbandingan data Peserta Didik pada diagram pie, bila krusor kita arahkan ke diagram pie tersebut maka akan terlihata data jumlah peserta didik yang sudah valid dalam referensi yang di gambarkan dengan warna biru, Data Invalid warna merah, Data Belum memiliki NISN warna ungu dan Data Tidak memeilii NISN warna orange, di sertai dengan angka dan presentasenya, pengajuan perubahan data dan di bagian bawahnya di tampilkan jumlah peserta didik berdasarkan jenis kelamin dan tingkat.

Panduan  Verval PD Verifikasi Validasi Peserta Didik Pada Alamat Terbaru

Ada beberapa menu yang tersedia di Verifikasi Validasi diantaranya:

1.    Menu Data Peserta Didik


Daftar keseluruhan Peserta Didik per sekolah.

2.    Menu Data Residu


Daftar Peserta Didik per sekolah yang sudah memiliki NISN Valid.

3.    Menu Edit NISN


4.    Menu Edit Identitas


Data peserta didik yang sudah menjadi Referensi Aktif Verval PD masih bisa diajukan perubahan. Variabel identitas yang bisa diajukan perubahan dari Verval PD meliputi: Nama - Tempat Lahir - Tanggal Lahir - Jenis Kelamin - Nama Ibu Kandung.

5.    Menu Panduan Aplikasi

Demikian informasi terupdate terkait alamat baru Verval PD atau Verifikasi Validasi Peserta Didik yang dapat disampaikan, semoga bermanfaat dan terima kasih.

Jika artikel ini kurang jelas dan mungkin masih ada pertanyaan, anda bisa tanyakan pada kolom komentar yang tersedia di akhir postingan ini. Untuk dapat mengikuti berita terbaru dan mendapatkan notifikasi silahkan follow akun www.dapodik.co.id ini. Karena akan menyajikan berita terbaru dan terpopuler di dunia pendidikan, terima kasih.


19 komentar untuk "Panduan Verval PD Verifikasi Validasi Peserta Didik Pada Alamat Terbaru "

  1. Untuk yang belum pengajuan calon peserta didik kelas akhir pada Madrasah Ibtidaiyah bagaimna apakah masih bisa..

    BalasHapus
  2. Bisa kah mengubah jenis kelamin di biodata, saya sudah laporkan ke gurunya tapi cuma bilang ambil surat pernyataan di TU. Padahal sebelum ujian sekolah juga sudah saya laporkan masalah ini dan sudah saya beri copy akta, tapi pas ujian masih tercantum jenis kelamin:laki-laki, yang jadi masalah ini, saya mendaftar ke SMA di ppdb dan biodatanya masih sama, masih jenis kelamin:laki-laki, ini jadi hambatan untuk proses pendaftarannya.Tolong, saya minta solusinya.
    Terima kasih,

    BalasHapus
    Balasan
    1. yang bermasalah kelamain di biodata itu bagian surat keteran, surat kelulusan atau muncul kesalahannya di mana ?

      Hapus
    2. Di bagian biodata pendaftaran ppdb, tapi nama, jenis kelamin, dan tanggal lahir otomatis tercantum, jadi gak bisa di ubah. Ini katanya emang dari NISN smpnya, tapi guru smp saya gak mau ubah itu, dan cuma bilang ambil surat pernyataan, terus saya bilang ini kan pendaftaran online, gak bisa bertatap muka dengan panitianya jadi gak bisa minta solusi dari panitia pendaftaran di SMA tujuan. Tapi guru saya tetap aja gak mau.

      Hapus
    3. laporkan saja di dinas pendidikan terdekat

      Hapus
  3. pak qlo di dalam verval pd rombel sama nisn silang merah.. gimana solusinya ya

    BalasHapus
    Balasan
    1. apakah sudah update aplikasi dapodik terburu ?

      Hapus
  4. Pak gmn kalau nisn tdk muncul di cefval pd

    BalasHapus
  5. Maksudnya vervar pd

    BalasHapus
    Balasan
    1. maksudnya kepanjangan atau gimana ?

      Hapus
  6. pak, saya siswa alumni 2019/2020. tahun lalu (2020), saya sempat daftar akun LTMPT menggunakan nisn SMA saya pak dan bisa, cuman saya gak sampai verifikasi email dan ikut UTBK. tahun ini, saya daftar LTMPT lagi. Tapi, tertulis nisn SMA saya tidak terdaftar. Saya coba cek nisn SMA di web nisn kemendikbud, ternyata ga terdaftar juga pak. Anehnya, nisn SD & SMP saya sama tapi SMA beda sendiri. Tapi, yg SD & SMP pas cek di web nisn, salah tgl lahir pak. Saya sudah coba verval di web verval pd menggunakan nisn SMA dan sudah di approval tapi masih gak terdaftar juga pak baik di web Nisn kemendikbud dan portal LTMPT. Pihak sekolah dihubungi diminta tolong validasi ulang, malah ngomel2 dan lepas tangan pak. Mohon solusinya pak. saya gabisa bisa daftar akun Ltmpt.

    BalasHapus
    Balasan
    1. yang bisa runah hanyalah operator sekolah sma.
      silahkan menghubungi sekolah terakhir

      Hapus
  7. Anonim09:08

    tidak bisa edit identitas karena indeks perubahannya tidak signifikan, gimana solusinya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. tidak bisa edit identitas dimana?

      Hapus
  8. ingin bertanya, sudah selesai perubahan di verval PD, nah setelah coba di sinkron di dapodiknya, tidak ada perubahan.
    solusinya bagaimana ya?

    BalasHapus
  9. Anonim07:34

    Pak data saya di dapodik tertulis Jurusan IPS padahal saya ada di jurusan IPA. Saya sudah menginfokan kepada sekolah namun belum ada solusinya. Padahal saya harus registrasi akun SNPMB. Mohon info cara memperbaikinya. Terima kasih.

    BalasHapus
  10. Anonim10:25

    SOLUSI TIDAK BISA RUBAH NISN PADA VERVAL PD

    BalasHapus

Gambar ataupun video yang ada di situs ini terkadang berasal dari berbagai sumber media lain. Hak Cipta sepenuhnya dipegang oleh sumber tersebut.