Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Panduan Installasi Aplikasi EDS 2020 Covid-19 - Panduan Pengisian Aplikasi PMP

DAPODIK.CO.ID - Panduan Installasi Aplikasi EDS 2020 Covid-19 - Panduan Pengisian Aplikasi PMP. Panduan Pengisian Aplikasi PMP untuk tingkat SD, SMP, SMA dan SMK, Aplikasi Penjamin Mutu Pendidikan (PMP) merupakan aplikasi generasi ke 5 yang sebelumnya telah kita kerjakan pada tahun 2019, sekarang telah resmi dirilis, panduan kali ini akan mebahas detail tentang cara mengisi dan sudah dilengkapi dengan instrumen aplikasi PMP, pengisian ditargetkan selesai untuk semester pertama tahun pelajaran 2020/2021 pada bulan Oktober 2020.


Siapa Saja Yang Terlibat Dalam Pengerjaan Aplikasi PMP

Sebenarnya tidak beda jauh dengan aplikasi PMP sebelumnya, hanya berbeda pada bagian instrumennya, siapa saja yang terlibat dalam proses pengerjaan aplikasi PMP, beriku akan admin bahas secara lengkap berikur ini:

1.   Pengawas Sekolah

Sebenarnya pengawas sekolah sangat berperan dalam pengerjaan aplikasi ini, karena sudah pasti instruksi pertama dari LPMP masing-masing daerah, dalam hal ini tugas pengawas hanya memverifikasi dan validasi pengerjaan intrumen yang telah diisi oleh kepala sekolah dan guru.


2.   Kepala Sekolah (KS)

Tugas paling penting dalam proses pengisian adalah kepala sekolah, karena kepala sekolah mengontrol langsung pengentrian pengisian instrumen PMP, menurut pengalaman admin dalam proses pengisian OPS yg sangat berperan karena bisa jadi semua kerjaan dilimpahkan ke OPS, semoga itu hanya terjadi disekolah admin saja, tidak di sekolah-sekolah lainnya.


3.   Guru Kelas atau Guru Mapel

Ada ketentuan pengisian Aplikasi PMP, sebenarnya responden guru untuk pengisian instrumen PMP berjumlah 10 orang dengan ketentuan SMP, SMA, SMK minimal 1 guru permapel sedangkan SD minimal 1 orang guru tiap tingkat kelas, guru mata pelajaran Agama 1 dan PJOK 1 guru.

 

4.   Operator Sekolah

Program Penjamin mutu pendidikan menurut saya sangat berperan adalah operator sekolah, tugas operator sekolah tidak hanya mengentri tapi memberikan bimbingan kepada guru yang akan mengisi instrumen, jadi kalau menurut admin mirip dengan tahun kemarin kebanyakan setiap sekolah menyerahkan penuh pengisian PMP ke operator sekolah, tapi sebagai operator sekolah harus bersabar, mungkin lain waktu kita diberikan imbalan sesuai dengan apa yang kita harapkan.


Cara Mengerjakan Aplikasi PPM

Cara mngerjakan Aplikasi EDS 2020 Covid-19 sebenarnya masih sama dengan tahun kemarin, perbedanya hanya pada formulir isian, akan tetapi sebelum mengerjakan PMP alangkah baiknya memperhatikan hal-hal berikut ini :

1.    Setiap sekolah wajib membentuk TIM PMP yng nantinya akan mengawal proses pengumpulan data pemetaan agar berjalan optimal.


2.    Kepala Sekolah selaku pimpinan tertinggi di sekolah harus bekerjasama dengan tim untuk mebahas setiap poin-poin instrumen agar hasilnya maksimal.


3.    Tim selalu berkonsultasi ke pengawas sekolah atau petugas pemetaan disetiap daerahnya guna memperoleh informasi yang akurat.


4.    Semua butir isian harus dijawab sesuai dengan keadaan di sekolah jangan sampai memanipulasi data, karena harus sesuai dengan bukti fisik maupun non fisik.


5.    Operator sekolah memastikan semua butir sudah disi sebelum dikirim ke server PMP kemdikbud.


Cara Panduan Instalasi Aplikasi EDS 2020 Covid-19

Sebelum instal pastikan aplikasi dapodik yang kita miliki sudah versi terbaru, jika belum silahkan instal terlebih dahulu dapodiknya, karena versi terbaru aplikasi PMP terintegristasi dengan dapodik terbaru, berikut ini adalah langkah-langkah peninstalannya:

1.    Download terlebih dahulu Pengisian EDS 2020 Covid-19 DISINI.


2.    Unduh Prefill Aplikasi Penjaminan Mutu Pendidikan (PMP) 2020 Seluruh Provinsi DISINI.


3.    Sebelum buka file yang sudah selesai di download terlebih dahulu anda masukin file prefill sekolah Anda ke folder C:\prefill_dapodik, kemudian instal seperti biasa hingga selesai.


4.    Jalankan aplikasi yang sudah berhasil di instal, pastikan ada tulisan terhubung dengan dapodik, silahkan login menggunakan user name dan pasword yang sama seperti login  pada aplikasi dapodik.


5.    selesai, lihat hasilnya.


Batas Waktu  Pengisian

Aplikasi PMP ditargetkan selesai pada bulan desember tanggal 1 mendatang, bagi operator sekolah admin sarankan kordinasikan terlebih dahulu kepada kepala sekolah atau guru agar proses pengisian instrumen benjalan lancar, jangan dibiasakan menunggu perintah kalau bisa bicarakan baik-baik dengan KS atau guru sebelum batas waktu pengsian, pastinya akan cepat mendapat respon.

Berikut file unduhan yang sangat membantu dalam program penjamin mutu pendidikan, silahkan didownload sesuai dengan kebutuhan.

Download Aplikasi EDS 2020 Covid-19 DISINI

Download PERANGKAT INSTRUMEN PEMETAAN Aplikasi EDS 2020 Covid-19_SD DISINI

Download PERANGKAT INSTRUMEN PEMETAAN Aplikasi EDS 2020 Covid-19_SMP DISINI

Download PERANGKAT INSTRUMEN PEMETAAN Aplikasi EDS 2020 Covid-19_SMA DISINI

Download PERANGKAT INSTRUMEN PEMETAAN Aplikasi EDS 2020 Covid-19_SMK DISINI

Demikian artikel kali ini dan jangan lupa untuk dibagikan. Salam PMP 

2 komentar untuk "Panduan Installasi Aplikasi EDS 2020 Covid-19 - Panduan Pengisian Aplikasi PMP"

  1. Sudah coba beberapa kali sinkronisasi dari hari senin padahal hari selasa jadwal sikronisasi wilayah Jawa Tengah masih tetap tdk bisa mohon di perpanjang lg batas terakhir sinkroisasi

    BalasHapus

Gambar ataupun video yang ada di situs ini terkadang berasal dari berbagai sumber media lain. Hak Cipta sepenuhnya dipegang oleh sumber tersebut.