About us

PERPRES RI NO. 141 TAHUN 2018 TENTANG JUKNIS DANA ALOKASI KHUSUS FTSIK TAHUN ANGGARAN 2019

PERPRES  RI NO. 141  TAHUN  2018 TENTANG JUKNIS DANA  ALOKASI KHUSUS  FTSIK TAHUN ANGGARAN 2019
Didalam bab I ketentuan umum pasal 1 memuat:

1.    Dana Alokasi Khusus  Fisik  yang  selanjutnya  disingkat DAK Fisik adalah dana yang  dialokasikan  dalam anggaran pendapatan  dan belanja  negara kepada  daerah  tertentu dengan  tujuan  untuk membantu mendanai kegiatan khusus fisik  yang  merLlpakan  urusan  daerah  dan sesuai dengan prioritas  nasional.

2.    Pemerintah Daerah  adalah kepala daerah  sebagai  unsure penyelenggara  pemerintahan  daerah  yang  memimpin pelaksanaan  urusan  pemerintahan  yang  menjadi kewenangan  daerah otonom.

3.    Daerah  Otonom yang selanjutnya  disebut  Daerah  adalah kesatuan  masyarakat  hukum  yang mempunyai batasbatas wilayah  yang  berwenang mengatur  dan  mengurus urusan  pemerintahan  dan  kepentingan  masyarakat setempat menurut prakarsa sendiri  berdasarkan  aspirasi masyarakat  dalam  sistem  Negara Kesatuan  Republik Indonesia.

4.    Kepala Daerah adalah  gubernur  untuk  daerah  provinsi atau bupati  untuk  daerah  kabupaten  atau  walikota  untuk daerah  kota.

5.    Satuan  Kerja  Perangkat  Daerah  yang  selanjutnya disingkat SKPD  adalah perangkat  daerah  pada pemerintah  daerah selaku  pengguna  anggaran lbarang.

6.    Anggaran Pendapatan  dan  Belanja  Negara  yang selanjutnya disingkat  APBN  adalah rencana  keuangan tahunan  pemerintahan  negara yang  disetujui oleh  Dewan Perwakilan  Ra}ryat.

7.    Anggaran Pendapatan  dan  Belanja Daerah  yang selanjutnya  disingkat  APBD adalah rencana  keuangan tahunan  Daerah  yang  ditetapkan  dengan  Peraturan Daerah.

8.    Kementerian  Negara/Lembaga  adalah  Kementerian Negara/Lembaga yang tugas  dan fungsinya  terkait  dengan pengelolaan  masing-masing  bidang  DAK  Fisik.

9.    Dokumen Pelaksanaan  Anggaran  SKPD  yang  selanjutnya disingkat  DPA-SKPD  merupakan  dokumen  yang  memuat pendapatan  dan belanja  setiap  SKPD  yang  digunakan sebagai dasar pelaksanaan  oleh  pengguna anggaran.

Didalam bab II bidang  dak fisik pasal 2 memuat:

(1) DAK Fisik terdiri  atas 3 (tiga)jenis, meliputi:
a.  DAK  Fisik  Reguler;
b.  DAK Fisik  Penugasan;  dan
c.  DAK  Fisik Afirmasi.

(2)  DAK  Fisik  sebagaimana  dimaksud  pada  ayat bidang:
a.  pendidikan;
b.  kesehatan  dan keluarga  berencana;
c.  perumahan  dan  pemukiman;
d.  industri  kecil dan  menengah;
e.  pertanian;
f.  kelautan  dan  perikanan;
g.  pariwisata;
h. jalan;
i.  air minum;
j.  sanitasi;
k.  irigasi;
l.  pasar;
m. lingkungan  hidup dan  kehutanan;  dan
n.  transportasi.

Belum ada Komentar untuk "PERPRES RI NO. 141 TAHUN 2018 TENTANG JUKNIS DANA ALOKASI KHUSUS FTSIK TAHUN ANGGARAN 2019"

Posting Komentar

Gambar ataupun video yang ada di situs ini terkadang berasal dari berbagai sumber media lain. Hak Cipta sepenuhnya dipegang oleh sumber tersebut.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel