About us

Buku Panduan Aplikasi Dapopdik Versi 2020

Buku Panduan Aplikasi Dapopdikdasmen Versi 2020. Kementerian  Pendidikan  dan  Kebudayaan  (Kemendikbud)  merupakan lembaga pemerintahan yang menjadi ujung tombak dalam Sistem Pendidikan Nasional (Sisdiknas) yang diatur di dalam UU No. 20 tahun 2003. Sisdiknas merupakan  keseluruhan  komponen  pendidikan  yang  saling  terkait  dan terpadu dalam mencapai tujuan pendidikan nasional. Oleh karena itu untuk mencapai  tujuan  pendidikan  nasional  tersebut  diperlukan  sebuah  sistem yang terintegrasi antar pihak yang terlibat (stakeholder).

Buku Panduan Aplikasi Dapopdikdasmen Versi 2020
Buku Panduan Aplikasi Dapopdik Versi 2020
Pentingnya  sebuah  sistem  yang  terintegrasi  dikarenakan  untuk  mencapai tujuan pendidikan nasional tentu membutuhkan data yang valid dan akurat untuk diolah. Hal ini dikarenakan data merupakan komponen penting dalam sebuah sistem informasi untuk nantinya diolah dengan metode tertentu agar menghasilkan sebuah keputusan atau rekomendasi yang nantinya menjadi dasar  dalam  membuat  kebijakan/perencanaan  selanjutnya.   Perencanaan dapat  menjadi  pedoman  bagi  sebuah  organisasi  dalam  mengolah sumberdaya yang dimiliki secara efektif dan efisien dalam mencapai tujuan
yang telah ditetapkan oleh sebuah organisasi.

Data  Pokok  Pendidikan,  yang  selanjutnya  disingkat  Dapodik  adalah  suatu sistem  pendataan  yang  dikelola  oleh  Kementerian  Pendidikan  dan Kebudayaan yang memuat data satuan pendidikan, peserta didik, pendidik dan tenaga kependidikan, dan substansi pendidikan yang datanya bersumber dari  satuan  pendidikan  yang  terus  menerus  diperbaharui  (update)  secara online.  Sehingga  Dapodik  menjadi  sistem  pendataan skala nasional yang terpadu  yang  menjadi  sumber  data  utama pendidikan  nasional  yang merupakan  bagian  dari  Program  perancanaan pendidikan  nasional  dalam mewujudkan insan Indonesia yang Cerdas dan Kompetitif.

Untuk  melaksanakan  perencanaan  pendidikan  nasional  dan  melaksanaan program-program  pendidikan  yang  tepat  sasaran,  dibutuhkan  data  yang cepat,  lengkap,  valid,  akuntabel  dan  terus  diperbaharui  ( update)  secara realtime. Denga ketersediaan data yang cepat, lengkap, valid, akuntabel dan update  secara  realtime  tersebut,  maka  proses perencanaan,  pelaksanaan, pelaporan dan evaluasi kinerja program-program pendidikan nasional dapat dilaksanakan  dengan  lebih  terukur,  tepat  sasaran,  efektif,  efisien  dan berkelanjutan.
 
Buku ini memuat pengenalan dan panduan teknis Aplikasi Dapodikdasmen versi 2020  mulai dari persiapan,  proses instalasi, proses entri per entitas data, validasi, sinkronisasi, hingga verifikasi.

Buku  ini  dimaksudkan  untuk  memberikan  kemudahan  kepada  petugas pendataan dan warga sekolah yang hendak mengimplementasikan Aplikasi Dapodikdasmen  versi  2020  secara  mandiri  di  sekolah.  Melalui  buku  ini, diharapkan hal-hal yang terkait dengan materi seputar implementasi Aplikasi Dapodikdasmen  versi  2020  dapat  dipahami  dan  dimaknai  dengan  mudah.

Penyusunan  buku  ini  merupakan  upaya  strategis  untuk  memberikan kemudahan  dalam  memberikan  informasi  yang  luas  kepada  petugas pendataan tentang penggunaan Aplikasi Dapodikdasmen  versi  2020  dalam bentuk panduan.

Panduan  Aplikasi  Dapodikdasmen  versi  2020  dibuat  untuk  menyamakan persepsi  dan  pemahaman  serta  memberikan  pedoman  penginputan  yang jelas dalam pembaruan yang terdapat pada aplikasi.

Belum ada Komentar untuk "Buku Panduan Aplikasi Dapopdik Versi 2020"

Posting Komentar

Gambar ataupun video yang ada di situs ini terkadang berasal dari berbagai sumber media lain. Hak Cipta sepenuhnya dipegang oleh sumber tersebut.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel