About us

Penjelasan Lengkap Verifikasi Jam Mengajar Untuk Penerbitan SKTP Tahun Ajaran 2019/ 2020

Penjelasan Lengkap Verifikasi Jam  Mengajar Untuk Penerbitan SKTP Tahun Ajaran 2019/ 2020
Verifikasi Jam  Mengajar Untuk Penerbitan SKTP Tahun Ajaran 2019/ 2020
Penjelasan Lengkap Verifikasi Jam  Mengajar Untuk Penerbitan SKTP Tahun Ajaran 2019/ 2020.
 
SYARAT TERPENUHI JIKA (SALAH  SATU)

1. Memenuhi jtm>=24 di Sekolah induk.

2. Memenuhi jtm>=12 jam dengan Tugas Tambahan (utama).

3. Guru mapel satu satunya dengan Tugas Tambahan (utama).

4. Memenuhi >=18 jtm di sekolah induk ditambah 6 jtm di luar sekolah induk.

5. Guru mapel satu satunya pada Sekolah kecil ditambah 6 Jam di luar induk dan 6
jam TTLE.

6. Memenuhi >=12 jtm di Sekolah Induk + 6 jam di luar induk dan 6 jam TTLE pada
Sekolah yang tidak kelebihan Guru.

KEBUTUHAN GURU

KETENTUAN PADA “SEKOLAH KECIL

Yang dimaksud dengan Sekolah Kecil disini adalah Sekolah dengan Ketersedian JTM Kurang dari 12 Jam. Syarat terpenuhi jika :
 Guru Mapel satu satunya
 Mengajar di Sekolah Lain minimal 6 Jam
 Mendapat Tambahan Tugas Ekuivalensi

SEKOLAH DENGAN KELEBIHAN GURU

Pada sekolah dengan kelebihan Guru, Jam Tambahan Ekuivalensi tidak diakui sehingga Guru harus mengajar 24 Jtm di induk atau 18 jtm di sekolah induk dan 6 jtm di Sekolah lain (dalam satu Zona)

GURU DENGAN TUGAS TAMBAHAN UTAMA

1. Tugas Tambahan Utama dapat dihitung sebagai ketersediaan JJM
2. Tetap harus mengajar minimal 12 Jam, atau satu satunya Guru Mapel
3. Tidak perlu mengajar di Sekolah Lain

Demikian Informasi Terupdate Terkait Penjelasan Lengkap Verifikasi Jam  Mengajar Untuk Penerbitan SKTP Tahun Ajaran 2019/ 2020, Semoga Ada Manfaatnya.

Jika artikel ini kurang jelas dan mungkin masih ada pertanyaan, anda bisa tanyakan pada kolom komentar yang tersedia di akhir postingan ini. Untuk dapat mengikuti berita terbaru dan mendapatkan notifikasi silahkan follow akun www.dapodik.co.id ini. Karena akan menyajikan berita terbaru dan terpopuler di dunia pendidikan, terima kasih.

146 Komentar untuk "Penjelasan Lengkap Verifikasi Jam Mengajar Untuk Penerbitan SKTP Tahun Ajaran 2019/ 2020"

  1. Mohon penjelasan ...dengan sekolah kelebihan guru.... Jam tambahan ekuivalensi tidak di akui sehingga guru harus mngajar 24 jam tatap muka di induk atau 18 jtm di sekolah induk dan 6 jtm di sekolah lain ( dalam satu zona).....bagaimna dengn guru sertifikasi kemendikbud yg mndapat jam tambahan di kemenag misalnya di smp k mts... Dalam satu zona kabupaten.. Tpi tidak zona dalam kecamatan... Mohon pencerahannya.... Trmksh..

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalo kelebihan guru, guru harus mengambil jam di sekolah non induk,
      kalo dari sekolah negeri, harus ambil jam di sekolah non induk yang negeri juga.
      guru tidak akan valid jika ambil jam di sekolah swasta

      Hapus
  2. Mohon penjelasan ...dengan sekolah kelebihan guru.... Jam tambahan ekuivalensi tidak di akui sehingga guru harus mngajar 24 jam tatap muka di induk atau 18 jtm di sekolah induk dan 6 jtm di sekolah lain ( dalam satu zona).....bagaimna dengn guru sertifikasi kemendikbud yg mndapat jam tambahan di kemenag misalnya di smp k mts... Dalam satu zona kabupaten.. Tpi tidak zona dalam kecamatan... Mohon pencerahannya.... Trmksh..

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalo kelebihan guru, guru harus mengambil jam di sekolah non induk,
      kalo dari sekolah negeri, harus ambil jam di sekolah non induk yang negeri juga.
      guru tidak akan valid jika ambil jam di sekolah swasta

      Hapus
  3. jika kasusnya begini, saya di Induk dengan status sekolah kecil mengajar geografi dengan jumlah JJM 11 dan sebagai kapus 12 JJM total 23 JJM, selanjutnya saya mengajar di non induk, permasalahannya jam Non induk tidak terbaca di info GTK, gimana solusinya ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. minimal berada di sekolah induk dengan mengajar sesuai mata pelajaran yang di ampuh adalah 12 jam,,,,
      solusinya: tambah jam di kelas lainnya di sekolah induk

      Hapus
    2. Kalo sklh kecil 3 rmbel induk mapel yg d ampu/linier memang tdk bs lg mncukupi 12 jam, gmna solusinya pak admin !! Cntoh mapel pkn 3 jam 3 rmbel jd 9 jam.. sdh tmbah jam mapel lain tidak linier 4 jam dan non induk 6 jam n wakasek 12 jam, ttapi msh blum valid krna mimimal sklh induk 12 jam.. mohon solusinya pak admin dapodik !! Karna mslh sprti ini bnyak trjadi d sklah kecil🙏

      Hapus
    3. jika anda seorang guru sertifikasi makan anda harus mengajar di sekolah induk paling sedikit 12 jam, jika sekolah anda kebanyakan guru atau seklah anda rombelnya kecil makan anda bisa mencari jam tambahanlagi di sekolah non induk.
      terima kasih sudah bertanya.
      idak oleh lagi amlin 2 mapel dalam sau sekolah
      Untuk dapat mengikuti berita terbaru dan mendapatkan notifikasi silahkan follow akun www.dapodik.co.id ini. Karena akan menyajikan berita terbaru dan terpopuler di dunia pendidikan, terima kasih.

      Hapus
  4. Jumlah jam saya 20 jam mengajar mapel yang berada disekolah kecil dengan rombel cuma 5 apakah saya harus tambah jam disekolah non induk mohon solusinya

    BalasHapus
    Balasan
    1. jika anda seorang guru sertifikasi makan anda harus mengajar di sekolah induk paling sedikit 12 jam, jika sekolah anda kebanyakan guru atau seklah anda rombelnya kecil makan anda bisa mencari jam tambahanlagi di sekolah non induk.
      terima kasih sudah bertanya.
      Untuk dapat mengikuti berita terbaru dan mendapatkan notifikasi silahkan follow akun www.dapodik.co.id ini. Karena akan menyajikan berita terbaru dan terpopuler di dunia pendidikan, terima kasih.

      Hapus
  5. Apakah dibenarkan atau disetujui bila terdapat jam mengajar fiktif . misalnya, dia hanya mengajar 15 jam pelajaran, kemudian tugas tambahannya sebagai Kepala perpus (padahal tidak benar atau realnya dia bukan Kapus), itu bagaimana kasusnya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. tidak ada masalah itu,,,,,
      yang penting tugas tambahannya sudah di isi di dapodik.

      Hapus
  6. Apakah dibenarkan atau disetujui bila terdapat data fiktif . misalnya, dia hanya betul mengajar 15 jam pelajaran, kemudian tugas tambahannya sebagai Kepala perpus (padahal tidak benar atau realnya dia bukan Kapus), itu bagaimana kasusnya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. tidak ada masalah itu,,,,,
      yang penting tugas tambahannya sudah di isi di dapodik.
      pusat hanya melihat hasil singkron aplikasi dapodik.

      Hapus
  7. Mohon penjelasannya... saya guru smk swasta ngajar mapel fisika dan kimia kelas 10 termasuk sekolah kecil dengan jjm 6 jam di tambah tugas tambahan di akui 12jam, sehingga jam total di sekolah induk 18 dan untuk memenuhi 24 jam saya mengajar di non induk di smk negeri mapel fisika 11 jam hanya terbaca 6jam. Sehingga jam total induk dan non iduk dan tugas tambahan seharusnya 24 tapi kenapa di dapodik jam total terbaca 18 dan sktp saya tidak terbit.... mohon penjelasannya.. terima kasih.

    BalasHapus
    Balasan
    1. di dapodik harus pastikan hanya mengajar mapel fisika jangan di tambah lagi mapel kimia

      Hapus
    2. Jika artikel ini kurang jelas dan mungkin masih ada pertanyaan, anda bisa tanyakan pada kolom komentar yang tersedia di akhir postingan ini. Untuk dapat mengikuti berita terbaru dan mendapatkan notifikasi silahkan follow akun www.dapodik.co.id ini. Karena akan menyajikan berita terbaru dan terpopuler di dunia pendidikan, terima kasih.

      Hapus
  8. sy lulus sertifikasi ipa sedangkan mapel ipa untuk smk sudah tidak ada karena kurikulum berubah k 13 revisi yg ada cuma mapel fisika dan kimia yg linier itupun kelas 10.. apa sy hrus mutasi ke SMP atau SMA yg jurusan IPA ngajar biologi soalnya materi sertifikasi saya IPA... Mohon penjelasannya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. benar sekali, sebaiknya mutasi ke SMP saja biar mapelnya linear

      Hapus
  9. Saya ngajar mapel ppkn di SMA rombel saya cuma 5 jd total jam tatap muka 10 jam dan ditambah wakasek total 22 dan saya ngajar di SMP juga tapi jam tambahan saya di info gtk tidak diakui masih berbunyi minimal ngajar dsekolh induk 12 jtm,solusinya bgmn

    BalasHapus
    Balasan
    1. menunggu saja, info GTK jenjang sma masih di perbaiki

      Hapus
    2. Apakh info gtk masih perbaikan lagi krn data saya kok malah hilang semua

      Hapus
    3. info FTK masih ada peraikan lagi
      di tunggu saja.
      jangan lupa sinkron dapodik nya

      Hapus
    4. Data non induk sdh muncul tp knp masih invalid,n msih muncul jam mrngajar disekolh induk miniml 12 jam?apkh itu nnti bisa valid

      Hapus
    5. Data saya sdh muncul semua non induk juga sdh tp knp msih invalid?msih muncul miniml ngajar di induk 12 jm apkh nnti masih bisa valid??

      Hapus
    6. tetap menunggu , masih proses penarikan data sekarang

      Hapus
    7. tetap menunggu , masih proses penarikan data sekarang

      Hapus
  10. Punya saya belum valid, jam mengajar 6 jam, dan tugas tambahan 12 jam. Semuanya 18 jam. Agar valid gimana caranya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalau di sekolah kelebihan guru, silahkan cari jam di sekolah non induk

      Hapus
  11. Kalo sklh kecil 3 rmbel induk mapel yg d ampu/linier memang tdk bs lg mncukupi 12 jam, gmna solusinya pak admin !! Cntoh mapel pkn 3 jam 3 rmbel jd 9 jam.. sdh tmbah jam mapel lain tidak linier 4 jam dan non induk 6 jam n wakasek 12 jam, ttapi msh blum valid krna mimimal sklh induk 12 jam.. mohon solusinya pak admin dapodik !! Karna mslh sprti ini bnyak trjadi d sklah kecil🙏 Terima kasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. 3 romeli sudah dapat 9 jam di tambah dengan wakasek 12 berarti sudah dapat jam 21 jam,tinggal cari jam lain di sekolah non induk lagi

      Hapus
  12. Saya guru matematika di sekolah SMP Satu Atap yang baru mendapatkan sertifikat pendidik thn 2019 kemarin. Jmlah rombel di sekolah saya ada 3. Saya satu satunya guru mata pelajaran matematika di sekolah.. Di sekolah saya mengajar matematika 15 Jam dan IPA 5 jam.. Selain itu saya dapat tugas tambahan sebagai pembina Osis, guru piket dan wali kelas. Di info GTK saya belum valid terkait beban mengajar.. Apakah saya harus cari tambahan mengajar di sekolah lain supaya valid?

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalau sudah mengajar matematika 15jam, tidak boleh lagi ambil jam mapel yang lainnya. kalau tidak cukup jam nya, lebih bagus ambil tugas tambahan sebagai perpus atau wakasek.

      Hapus
  13. Mohon pencerahan..
    Jam mengajar 10 jam, Kepala Lab 12, jadi 22 Jam. Untuk mencukupi 24 jam, apakah tugas wali kelas boleh?

    BalasHapus
    Balasan
    1. lebih baiknya ambil jam tambahan di sekolah non induk saja

      Hapus
  14. Jumlah rombel sy 8 rombel. Dan ipa untuk smp 5 jam per rombel. Di dapodik sy 40 jam mengajar. Apa tidak maslah dg 40 jam mengajar.

    BalasHapus
  15. tidak masalah itu, malahan lebih bagus.
    terima kasih sudah bertanya
    Jika artikel ini kurang jelas dan mungkin masih ada pertanyaan, anda bisa tanyakan pada kolom komentar yang tersedia di akhir postingan ini. Untuk dapat mengikuti berita terbaru dan mendapatkan notifikasi silahkan follow akun www.dapodik.co.id ini. Karena akan menyajikan berita terbaru dan terpopuler di dunia pendidikan, terima kasih.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Trmksh untuk fast responnya. Jd tdk ad mslh klebihan jam perminggu ya pak dg 40 jam?

      Hapus
    2. sama-sama, benar ga ada masalah itu

      Hapus
  16. saya mengajar b. indonesia SMA swasta, jmlah rombel 4, jmlh jam mngajar 16, tugas tambahan 3,jd total jam di sekolah induk 19 jam. apakah saya harus menambah k sekolah lain spy cukup 24 jam, jika iya apakah boleh saya mengajar di sekolah non induk 8 jam atau lebih?

    BalasHapus
    Balasan
    1. sangat bisa kalo ambil jam di sekolah lain.
      Jika artikel ini kurang jelas dan mungkin masih ada
      pertanyaan, anda bisa tanyakan pada kolom komentar yang
      tersedia di akhir postingan ini. Untuk dapat mengikuti berita
      terbaru dan mendapatkan notifikasi silahkan follow
      akun www.dapodik.co.id ini. Karena akan menyajikan berita
      terbaru dan terpopuler di dunia pendidikan, terima kasih.

      Hapus
  17. Info GTK saya tanggal 19 maret 2020 statusnya Valid dengan rincian jam sekolah induk 16 jam dan tugas tambahan ( waka ) 12 jam. Hari ini status GTK saya berubah belum Valid karena jam tugas tambahan diakui 0. Mengapa bisa berubah? Terimakasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. sangat bisa saja kalau berubah. kalau di Info GTK memang begitu. karena ada perubahan. menunggu saja. yang penting pastikan jumlah jam dan tugas tambahan di dapodik sudah terisi
      Jika artikel ini kurang jelas dan mungkin masih ada
      pertanyaan, anda bisa tanyakan pada kolom komentar yang
      tersedia di akhir postingan ini. Untuk dapat mengikuti berita
      terbaru dan mendapatkan notifikasi silahkan follow
      akun www.dapodik.co.id ini. Karena akan menyajikan berita
      terbaru dan terpopuler di dunia pendidikan, terima kasih.

      Hapus
  18. mohon penjelasannya, apa kriteria sekolah kecil?

    BalasHapus
    Balasan
    1. penjelasannya apa kriteria sekolah kecil maksudnya seperti apa, kurang paham admin

      Hapus
    2. pada artikel keterangan verifikasi jam sebelumnya terdapat ketentuan pada sekolah kecil

      Hapus
    3. sebenarnya sudah lengkep penjelasannya di atas,
      oke admin ulangi lagi,sekolah kecilmaksudnya, guru mapel misalnya ada guru mapel IPA, yang di wajibkan hanya satu orang saja

      Hapus
  19. mohon penjelasan admin. jika jmlah jam pelajaran 4 jp per minggu, guru sertifikasi hanya boleh menambah 6 jp. jika saya mengajar/menambah jam 2 rombel bearti 8 jp. apa tidak masalah admin?

    BalasHapus
    Balasan
    1. tidak masalah itu
      Jika artikel ini kurang jelas dan mungkin masih ada pertanyaan, anda bisa tanyakan pada kolom komentar yang tersedia di akhir postingan ini. Untuk dapat mengikuti berita terbaru dan mendapatkan notifikasi silahkan follow akun www.dapodik.co.id ini. Karena akan menyajikan berita terbaru dan terpopuler di dunia pendidikan, terima kasih.

      Hapus
  20. "kurikulum ktsp tidak di akui pada jenjang smk"
    ini di info gtk.bagaimana dengan kasus ini admin?
    mohon solusi nya.terima kasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. tetap di akui
      Info GTK sementara proses penarikan data dari dapodik.
      menunggu saja
      Jika artikel ini kurang jelas dan mungkin masih ada pertanyaan, anda bisa tanyakan pada kolom komentar yang tersedia di akhir postingan ini. Untuk dapat mengikuti berita terbaru dan mendapatkan notifikasi silahkan follow akun www.dapodik.co.id ini. Karena akan menyajikan berita terbaru dan terpopuler di dunia pendidikan, terima kasih.

      Hapus
  21. Saya mau tanya Min, saya guru Matematik SMK. Jumlah rombel di SMK kami 6 rombel. Saya mengajar 16 jam (4 rombel), dan 8 jam sama guru lain. Jam tambahan saya adalah dari equivalensi Waka Bidang Kurikulum (12 jam). Namun di info GTK di bagian beban mengajarnya masih tanda silang merah dan infonya belum valid. Mohon penjelasannya, min!

    BalasHapus
    Balasan
    1. sementara Info GTK masih proses penarikan data dari dapodik
      menunggu saja beberapa hari
      Jika artikel ini kurang jelas dan mungkin masih ada pertanyaan, anda bisa tanyakan pada kolom komentar yang tersedia di akhir postingan ini. Untuk dapat mengikuti berita terbaru dan mendapatkan notifikasi silahkan follow akun www.dapodik.co.id ini. Karena akan menyajikan berita terbaru dan terpopuler di dunia pendidikan, terima kasih.

      Hapus
  22. Saya mengajar di SMP sebagi guru pjok, d sekolah kami jumlah jam mengajar pjok 18 jam temen saya sudah sertifikasi dia bawa 12 jam dan saya juga sudah sertifikasi, krna temen saya senior dari saya jd dia bawa 12 jam dan saya bawa 6 jam tp saya jdi wakil kepala sekolah dan saya juga mengajar di sekolah lain 6 jam sehingga saya dapat total 24 jam, apakah sertifikasi saya bisa cair pak admin, mohon masukkanya

    BalasHapus
    Balasan
    1. sangat bisa sekali, itu menjadi Valid

      Hapus
    2. Tapi saya tunggu juga sampai sekarang ini data belum valid pak /bu admin gmna ya pak

      Hapus
    3. tetap semangat dan menunggu

      Hapus
    4. Karena tidak Valid di beban mengajar terbaca " jam mengajar di sekolah induk minimal linier 12 jam ( jjm linier ybs di sekolah induk hanya 6 periksa kembali validan rombel dan jumlah murid) ini yg membuat saya galau admin , sementara sekolah saya bukan berada di wilayah wilayah khusus, tlong sekali admin apakah valid...? Berapa % kemungkinan valid nya admin, terimakasih

      Hapus
    5. tetap valid, jika di sekolah induk hanya 6 jam maka harus di tambah lagi tugas tambahan di sekolah induk juga

      Hapus
    6. Tugas tambahan saya wakil kepala sekolah Admin dan saya juga mengajar di SMP lain,

      Hapus
    7. Izin bertanya lg admin sekarang ini status info gtk saya jjm linier induk & non - induk 12 jam ( terbaca) tugas tambahan wakil kepala sekolah 12 jam ( terbaca) tp mengapa di total jumlah jam mengajar dan tugas tambahan : 18 jam bukanya 24
      kira2 apa permasalahannya y admin mengapa tidak 24 secara kumulatif ya admin,

      Hapus
    8. menunggu saja penarikan data dari dapodik ke Info GTK

      Hapus
    9. Admin mengapa data saya belum Valid juga y admin masih sama terus padahal saya dapat kabar mau pemberkasan tw 1, bagaimana ini admin

      Hapus
    10. kalau datanya sudah lengkap di dapodik, siilahkan bertanya langsung sama operator dinas terkait

      Hapus
    11. Data saya masih menyatakan " jumlah jjm minimal 12 ybs mengajar 6 les linier admin" saya sudah lapor k bagian operator yg menangani sertifikasi kata beliau d tunggu saja ini sudah lebih 1 bulan tidak valid2 admin

      Hapus
  23. saya mengajar di smk dengan rombel 3 mapel fisika dengan jumlah jam perminggu cuman 2 jam di kelas X serta tgs tmbahan 12 jm sebgai kep.lab. di status GTK blom valid karena hrus 12 jam minimal jam mengajarnya. bagaimana solusinya pak admin...
    Apakah bisa valid karena rombel kecil...?(saya satu2nya guru fisika di sekolah tsb)

    BalasHapus
  24. kalau saya cari jam di sekolah non induk, tidak dapat juga 12 jam, karena non induk maksimal 6 jam..kecuali saya pindah sekolah.
    apakah satau bpak ada solusi lain selain pindah sekolah induk..trima kasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. tugas tambahannya 12 jam valid sebagai kep.lab.
      beban mengajarnya yang masih tersilang, karena cuman jam fisika di info gtk yg linear 2 jam, padahal ada juga mengajar PKK (produk kreatif dan kewirausahaan 15 jam).
      Apakah bisa valid pak admin....?
      (kawan saya sertfkasi kimia, bsa valid mengajar PKK di info gtk)

      Hapus
    2. mengajar kimia tidak bisa di akui kalau mengajar PKK

      Hapus
  25. apakah untuk tugas tambahan kepala pustaka harus memiliki sertifikat pelatihan kepala pustaka. mohon le jelasan Admin, trims

    BalasHapus
  26. Pada Kurikulum KTSP untuk SMK JJM nya tidak di akui, saya lihat pada info gtk, akibatnya semua guru tidak valid. Buat admin mohon pencerahan nya apakah ini memang 100% diberlakukan untuk TA2020. ?. apa masih ada perubahan lagi ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. masih ada pembaharuan lagi.
      tetap menunggu , masih proses penarikan data sekarang

      Hapus
  27. Assalamualaikum admin... Saya mengajar IPA SMK dengan rombel kecil 2 kelas.. jd perminggu cuma 4 jam di tambah kepala lab. 12 jam.. jd total keseluruhan 16 jam.. dan sy guru satu2 d SMK yg mengajar IPA...mohon penjelasany Kira2 bermasalah tidak ya.. tks..

    BalasHapus
    Balasan
    1. apakah sudah sertifikasi atau belum ?

      Hapus
    2. Sy sdh sertifikasi dr thn 2012.. karena ada perubahan kurikulum, JD IPA hny di kelas X aja dan kls X cm 2 kelas..Kira2 untuk thn ini valid ga ya admin...tks

      Hapus
    3. harus cari jam tambahan lagi

      Hapus
  28. Saya guru Matematika di SMP Satu Atap yg cuma punya 3 rombel dan cuma saya guru matematikanya sehingga jumlah jam mengajar saya cuma 15 jam. Untuk memenuhi jumlah jam kepsek memberikan tugas sebagai kepala laboratorium agar jumlah jam terpennuhi untuk penerbitan SKTP? Saya cek di info gtk data saya Tidak Valid karena jumlah jam tambahan untuk laboratorium masih nol. Apakah untuk menjadi Kepala Laboratorium harus menyertakan sertifikat? Atau saya harus mengajar disekolah lain agar jam saya terpenuhi?

    BalasHapus
    Balasan
    1. benar, harus sertakan sertifikatnya.
      atau bisa juga ambil jam tambahan di sekolah non induk

      Hapus
  29. Semester ganjil 2019 teman ga capai 24 jam valid. Apakah Krn kita sekolah kecil yg jumlah rombel 4 dan tidak ada guru mapel yg dobel. Untuk semester genap 2020 ini tetap bisa valid admin?

    BalasHapus
    Balasan
    1. PTK tersebut sertifikasi atau tidak ?

      Hapus
    2. Udah admin mala udah terima uang sertifikasi 6 bulan Juli-Desember 2019 semester ganjil.

      Hapus
    3. wah, ga mungkin kalau belum 24 jam terima uang.
      seorang yang bersertifikasi harus minimal 24 jam.

      Hapus
    4. Admin benar ternyata 24 jam dgn tugas tambahan.

      Hapus
  30. Sy mengajar di smp baru berdiri 1 rombel
    Jjm linear sy (pjok):3 jp, jjm tdk linear(ipa):5 jp
    Sekolah non induk jjm linear(SD): 8 jp
    TOTAL JJM Linear :11 jp
    Untuk sekolah non induk apakah ada batas maksimum JP?
    Mohon pencerahan admin

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalau mau ambil jam tambahan harus sesama jenjang. misalnya SMP dengan SMP
      jangan SMP dengan SD

      Hapus
    2. Apakah tidak ada pengecualian untuk daerah wilayah khusus (3t)dan sekolah baru berdiri tentang pemenuhan jam mengajar min?
      Trimksh

      Hapus
    3. tidak ada pengecualian,

      Hapus
  31. Admin saya satu-satunya guru geografi di salah satu sekolah dengan beban mengajar hanya mendapatkan 17 jam karena rombel yang sedikit dan tugas tambahan sebagai wali kelas dan 6 jam disekolah lain..tapi untuk tugas tambahan belum terbaca sehingga tercatat masih 23 jam...kira-kira bisa cair tidak sertifikasi?

    BalasHapus
    Balasan
    1. menunggu saja, sementarakan masih proses penarikan data dari dapodik

      Hapus
  32. Jika Sekolah Induk SMK (Negeri) bisa k ambil jam atau tambah jam dari SMP ato SMA (Negeri) atau wajib d SMK? Tugas tambahab bs lebih dari 1 k? Mks

    BalasHapus
  33. Jumlah jam mengajar saya 19 jam di SMa. Mapel bahasa inggris. Jumlah rombel hanya 6. Mohon solusinya. Terimabkasih

    BalasHapus
  34. Admin saya mau bertanya tentang status beban mengajar yg bunyinya " jam linier di sekolah induk minimal 12 jam ( Jjm ybs di sekolah induk hanya 6 jam periksa kevalidan dan rombel" . Saya admin mengajar pjok 6 jam + Wakasek ( 12) jam + mengajar di sekolah lain 6 JAM pjok : total 24 jam dan kalau di paksakan buat tambah les pjok agar 12 jam gk bisa admin karena sudah d bawa guru pjok yg 1nya lg 12 jam, saya sudah berusaha admin agar dapat total 24 jam tp mengapa sampai sekarang belum valid juga y admin, mohon masukkanya admin khusus untuk beban mengajar admin tinggal ini saja yg belum ceklis admin, terimakasih

    BalasHapus
  35. Yg terbaca baru 18 jam admin, kira2 kalau seperti wacana di atas hanya 6 jam linier + jam wakasek dan di + 6 jam mengajar d sekolah lain berapa % kemungkinan validnya admin

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalau sudah dapat tugas tambahan wali kelas, tidak perlu lagi ambil jam di sekolah lain

      Hapus
  36. Min...sy ngajar disekolah induk 16 jam..dpt pembina ekstra 2 jam mengajar di sekolah lain 6 jam..sampai sekarang di info gtk hanya terbaca 22 jam dan tdk valid..kenapa ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. untuk jenjang sekolah apa ini?

      Hapus
    2. masih dalam penarikan data dari dapodik ke Info GTK,,,
      sinkron saja dapodiknya dulu

      Hapus
    3. Jenjang smp min...berarti msh nunggu y min?

      Hapus
  37. sy non PNS, baru lulus PPG 2019, sedang proses mengajukan TPG untuk pertama kalinya, ngajar IPS 12 jam di SMP negeri induk (dg kelebihan guru) dan di SMP negeri non induk 12 jam, tapi kenapa di ROMBEL info GTK walau terbaca jjm dapodik 24 dan linear 24, terbaca jjm skola non induk linear di DATA INDIVIDU info GTK cuma 6 jam, sehingga total keseluruhan jjm skola induk dan non induk hanya 18 jam, mksh !!!

    BalasHapus
    Balasan
    1. pastikan dulu data sudah lengkap di dapodik.
      kalau sudah lengkap, silahkan menunggu perubahan di Info GTK
      jangan lupa untuk sinkron dapodiknya dulu

      Hapus
  38. NB. beda zona/kecamatan tp masih satu kota

    BalasHapus
    Balasan
    1. zona untuk sertifikasi tidak mempengaruhi

      Hapus
  39. admin sy ini pengajuan TPG pertama kali, sy ngajar d sekolah induk 16 jm, di non induk 4 jm trus d tambah dgan wali kelas dan pembina pramuka. sekarang blum valid, mhon info nya min.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Baca saja di sini
      https://www.dapodik.co.id/2020/04/penjelasan-lengkap-terkait-keterangan.html

      Hapus
  40. Min sekolah induk 12 jam, sekolah induk sekolah swasta, kemudian non induk 24 jam sekolah negri, jumlah jam linier di info gtk sekolah induk dan non induk 18 jam, sy satu satunya guru disekolah induk, apakah info gtk sy bisa valid, kalau TDK tlg solusinya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Baca saja di sini
      https://www.dapodik.co.id/2020/04/penjelasan-lengkap-terkait-keterangan.html

      Hapus
  41. Pertanyaan kedua bolehkah guru non PNS pindah satmikal disekolah negri,

    BalasHapus
  42. Min mau tanya saya ngjr d sma negeri guru bahasa inggris jam ngjr cuma 14 saya mau cari sekolah non induk untuk tbah jam tapi beda jenjang yaitu pada jenjang smp apa valid?

    BalasHapus
  43. Saya sbg guru IPS di sekolah swasta dgn jml 3 rombel, untuk jml jam mengajar saya 12 jam disekolah induk dan saya mengajar disekolah negri juga mapel IPS 12 jam, tapi yg diakui hanya 6 jam, sehingga jjm yg diakui hanya 18 jam, apakah bisa keluar SKTP saya, pak/ bu. Admin?
    Dan bagaimana jika saya juga mengajar mapel lain yg tdk linier, apakah itu yg menyebabkan dapodik sy tdk valid?
    Tolong bantu solusinya admin.

    BalasHapus
  44. Min sy guru pkn di smk yg hanya memiliki 3 rombel saja, kls xii msh ktsp. Di info gtk sy tugas tambahan 12 jam dan 4 jjm (ktsp tdk diakui sampai hari ini) jd total hanya 16 jam. Sy mau cari jam tambahan di sklh non induk tp keteranganx di info gtk jjm sklh induk hrs 12 jam. Mhn solusix min, trm ksh

    BalasHapus
    Balasan
    1. jjm di sekolah induk jika di tambah tugas tambahan maka sudah valid.
      silahkan tambah jjm di sekolah non induk agar jumlah jam keseluruhan valid

      Hapus
  45. saya guru bahasa indonesia di SMK, tugas tambahan wakur terbaca 12 jjm, jjm mapel terbaca 7 jjm ( karena ktsp dan jjm non induk belum terbaca diakuai), jd pertanyaan di info gtk apa harus 12 jam liner ? karena kalau ditotal lebih dari 24 jjm, mohon penjelasannya, trima kasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. menunggu saja penarikan data dari dapodik keInfo GTk

      Hapus
  46. Mohon infonya pak, saya mengajar penjas di daerah kategori khusus yg ada di dapodik, untuk saat ini kategori khusus nya belum terbaca. Yg ingin saya tanyakan disini soal jam mengajar, kasusnya gni pak, saya jam mengajar ngk cukup 12jam mapel dan rombel sekolah saya 3rombel,apa saya bisa terbit sktp.? Saya jga udah ada sertifikat pendidik dan yg mengajar mapel cuman saya sendiri. Mohon pencerahan nya pak.. Terima kasih.

    BalasHapus
    Balasan
    1. langsung bertanya di operator dinas pendidikan atau dinas profinsi

      Hapus
  47. Ijin Bertanya Min,, Semester lalu SMP kami Dengan Jumlah rombel 12 terdapat 3 guru IPS, dengan pembagian 1 Guru 12jam + Waka ,, 1 Guru 12Jam + Ka.Perpus dan 1Guru mengampu 24jam jadi aman...
    semester ini akibat kekurangan jumlah siswa akhirnya rombel jadi 11, dengan pembagian tetap seperti diatas,
    Masalahnya adalah 1Guru yg semula 24 jadi 20, langkah yg sudah ditempuh menambahkan, Pembina Osis,Koordinator PKG dan Pembina Pramuka yg masih2 sudah terbaca di InfoGTK namun belum diakui,, Pertanyaannya... Bisakah jadi Valid Min... terimaksih

    BalasHapus
    Balasan
    1. di InfoGTK terbaca 20JJM , tugas tambahan terbaca Pembina Osis 2jam , Koordinator PKG 2jam, dan Pembina Pramuka 2jam. namun status Belum valid. apakah ada harapan buat valid min

      Hapus
    2. langkap awal adalah, pastikan data sudah lengkap di dapodi dan sekolah sudah sinkron.
      langkah selanjutnya bertanya di operator dinas

      Hapus
    3. sudah lengkap semua min, untuk guru2 yg lainya sudah valid semua, dan penambahan Jumlah jam tambahanpun sudah terbaca semua di Info GTK hanya saja belum terakumulasi di Total JJM + Tugas Tambahan, batas akhir Validasi dan SKTP sampe kapan ya min, apakah tidak cukup kalo hanya menunggu

      Hapus
    4. bisa langsung bertanya di operator dinas terkait

      Hapus
    5. belum prnh nemuin kasus yg kyk gini y min, mslh validasi kan dari pusat yak,, oke coba tak tanya sm op dinas kabupaten.. mksh min

      Hapus
  48. Siang min, mohon maaf saya mau bertanya....
    D info GTK SAYA status jam mengajar " masih dalam verifikasi" bagaimana langkah selanjutnya min?
    Terima kasih....

    BalasHapus
  49. Selamat pagi min sya mau tanya sya ngajar di SMP mapel prakarya jumlah jam 6 jam sekolah induk,tambah tugas tambahan 12 jam kepala perpustakaan,terus saya mencari jam jam di sekolah non induk 6 jam tapi terbaca di info gtk 18 jam mohon pencerahannya

    BalasHapus
    Balasan
    1. menunggu saja, sementara masih dalam penarikan data itu

      Hapus
  50. Sya kan serti fisika. Tapi jam disekolah fisika hanya ada 2 jam?

    BalasHapus
  51. Saya guru pkn mengajar di SMP dengan 3 rombel jam induk cm 9 jam ditambah waka 12 jam ditambah jam non induk 6 jam tp knp masih blm valid y

    BalasHapus

Gambar ataupun video yang ada di situs ini terkadang berasal dari berbagai sumber media lain. Hak Cipta sepenuhnya dipegang oleh sumber tersebut.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel