Buku Pedoman Penyelenggaraan Program PPG (JUKNIS PPG)

Pendidikan  adalah  investasi  masa  depan  yang  sangat  bernilai.  Pemerintah  telah  berkomitmen bahwa  pendidikan  bagi  generasi  masa  depan  harus  dimulai  dan  disiapkan  dengan  sungguhsungguh.  Untuk  itu  proses  penyemaian  generasi  masa  depan  ini  harus  dibarengi  dengan penyiapan guru profesional melalui suatu sistem pendidikan guru yang bermutu dan akuntabel.
Program Studi PPG merupakan program pendidikan yang diselenggarakan untuk mempersiapkan lulusan S1 Kependidikan dan S1/D IV Non Kependidikan yang memiliki bakat dan minat menjadi guru  agar  menguasai  kompetensi  guru  secara  utuh  sesuai  dengan  standar  nasional  pendidikan sehingga  dapat  memperoleh  sertifikat  pendidik  profesional  pada  pendidikan  anak  usia  dini, pendidikan dasar, dan pendidikan menengah.


Program Studi PPG diharapkan dapat menjawab berbagai  permasalahan  pendidikan,  seperti:  (1)  kekurangan  jumlah  guru  (shortage)  khususnya pada daerah-daerah terluar, terdepan, dan tertinggal, (2) distribusi tidak seimbang  (unbalanced distribution),  (3)  kualifikasi  di  bawah  standar  (under  qualification),  (4)  guru-guru  yang  kurang
kompeten  (low  competence),  serta  (5)  ketidaksesuaian  antara  kualifikasi pendidikan  dengan bidang yang diampu (missmatched).

Program Studi PPG yang akan menghasilkan guru-guru profesional diharapkan akan menghasilkan lulusan yang  unggul dan siap menghadapi tuntutan zaman. Posisi hasil belajar siswa di Indonesia saat ini belum menggembirakan.  Hasil studi PISA (Program for International Student Assessment) tahun  2015  menunjukkan  bahwa  Indonesia  baru  bisa  menduduki  peringkat  69  dari  76  negara, demikian  juga  hasil  studi  TIMSS  (Trends  in  International  Mathematics  and  Science  Study),  juga menunjukkan  siswa  Indonesia  berada  pada  ranking  36  dari  49  negara  dalam  hal  melakukan prosedur ilmiah.


Buku  ini  merupakan  Buku  Pedoman  Penyelenggaraan  Program  Pendidikan
Profesi Guru (PPG) yang dipersiapkan pemerintah dalam rangka implementasi program PPG di  LPTK. 

Buku  pedoman  ini  disusun  dan  ditelaah  oleh  berbagai  pihak  di  bawah  koordinasi
Direktorat  Jenderal  Pembelajaran  dan  Kemahasiswaan,  Kementerian  Riset  Teknologi  dan Pendidikan  Tinggi,  dan  dipergunakan  dalam  tahap  perancangan,  pelaksanaan,  penilaian hingga evaluasi pelaksanaan program PPG di LPTK. Buku Pedoman ini merupakan “panduan dinamis” yang senantiasa  dapat  diperbaiki, diperbaharui, dan dimuktahirkan sesuai dengan dinamika kebutuhan dan perubahan zaman. 

Terkait dengan kurikulum program PPG, LPTK dapat  mengembangkannya  sesuai  dengan  otonomi  perguruan  tinggi.  Masukan  dari berbagai kalangan diharapkan dapat meningkatkan kualitas buku pedoman ini.

0 Response to "Buku Pedoman Penyelenggaraan Program PPG (JUKNIS PPG)"

Post a Comment

Gambar ataupun video yang ada di situs ini terkadang berasal dari berbagai sumber media lain. Hak Cipta sepenuhnya dipegang oleh sumber tersebut.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel