Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Tips Memilih PTN atau PTS Kependidikan

Tips Memilih PTN atau PTS Kependidikan. Peserta didik (PD) kelas 3 SMA/ SMK yang ingin ambil jurusan kependidikan baik itu melanjutkan di Perguruan Tinggi Negeri (PTN), Perguruan Tingg Negeri Swasta (PTS), maupun Institut Keguruan dan Ilmu Pendidikan (IKIP) wajib mendapatkan arahan dari konselor.

Tips Memilih PTN atau PTS Kependidikan
Tips Memilih PTN atau PTS Kependidikan

Konselor harus memberi arahan supaya dikemudian tidak ada penyesalan kuliah di perguruan tinggi. Kalau ambil jurusan kependidikan biasanya dia mempunyai keinginan untuk menjadi pendidik atau guru. Kalau sudah lulus pasti yang diharapkan adalah PNS dan PNS. 

Kenapa PNS karena yang bisa menjamin kesejahteraan. Kalau guru tidak tetap (GTT) harus mempunyai pekerjaan sampingan supaya sanggup membiayai hidupnya. Berkaca dari rekrutmen CPNS tahun sebelumnya (2018) dimana salah satu persyaratannya minimal harus terakreditasi B untuk formasi umum dan akreditasi A untuk formasi Cumlaude.

Mereka yang masih mendapatkan akreditasi C pada saat kelulusan secara otomatis gugur di pemberkesan. Karena masalah inilah sebaiknya konselor memberikan pengetahuan kepada peserta didik supaya bisa memilih jurusan dan peguruan tinggi yang akreditasinya minimal B.

Akreditasi itu penting karena menggambarkan kualitas pendidikan di jurusan dan perguruan tinggi. Semakin bagus akreditasinya maka dosen, fasilitas, dan metode pembelajarannya juga bagus.


Demikianlah informasi cara memilih PTN dan PTS Kependidikan semoga bermanfaat bagi yang membutuhkan.

Posting Komentar untuk "Tips Memilih PTN atau PTS Kependidikan"