-->

7 Point Permasalahan Cara Memperbaiki Data PTK (Invalid) Dan Yang Selalu Bermasalah Pada Aplikasi Dapodik

DAPODIK.co.id, 7 Point Permasalahan Cara Memperbaiki Data PTK (Invalid) Dan Yang Selalu Bermasalah Pada Aplikasi Dapodik. Bagi sahabat-sahabat yang masih mengalami kendala dalam pengisian Aplikasi Dapodik terutama data guru atau PTK, maka pada kesempatan kali ini admin DAPODIK.co.id memberikan penjelasan yang mungkin terdapat permasalahan di sekolah sahabat. 
https://www.dapodik.co.id/2019/03/dapodik.html
7 Point Permasalahan Cara Memperbaiki Data PTK (Invalid) Dan Yang Selalu Bermasalah Pada Aplikasi Dapodik
Berikut Ini Adalah Langkah-Langkah Diagnosi 7 Point Permasalahan Cara Memperbaiki Data PTK (Invalid) Dan Yang Selalu Bermasalah Pada Aplikasi Dapodik:

1.    Nama pangkat golongan dan TMT gol kosong/tidak sesuai.
Kemungkinan kesalahan : pengisian pada pangkat, golongan, jabatan fungsional, TMT awal-akhir.

Cara memperbaiki : isi pangkat golongan, jabatan fungsional, isi no. SK Inpassing untuk Non PNS

2.    Tugas tambahan kosong, jika anda mempunyai tugas tambahan.
Kemungkinan kesalahan : pada kolom jabatan, tugas tambahan guru, kolom riwayat terdaftar.

Cara memperbaiki :
·       Untuk guru dengan tugas tambahan kepala sekolah diisi pada kolom jabatan dan pada riwayat terdaftar diisi sebagai guru dan sebagai kepala sekolah
·       Untuk guru dengan tugas tambahan lainnya, diisi pada riwayat terdaftar sebagai guru dan juga isi jabatan tugas tambahan lainnya

3.    Tidak valid, id bidang studi sertifikasi kosong.
Kemungkinan kesalahan : pada pengisian data nomor sertifikat pendidik, NRG, bidang studi sertifikasi, tahun sertifikasi.

Cara memperbaiki : cek kembali data tersebut terutama NRG (yang sudah memiliki NRG adalah peserta sertifikasi <2011 p=”p”>.

4.    JJM kurang dari 24 jam.
Kemungkinan kesalahan : pada pengisian data rombel, PTK mengajar, tugas tambahan guru, riwayat mengajar, riwayat terdaftar.

Cara memperbaiki :
·        Isi PTK mengajar pada data rombel sesuai dengan jumlah jam mengajar.
·        Untuk guru dengan tugas tambahan kepala sekolah diisi pada kolom jabatan dan pada riwayat terdaftar diisi sebagai guru dan sebagai kepala sekolah
·       Untuk guru dengan tugas tambahan lainnya, diisi pada riwayat terdaftar sebagai guru dan juga isi jabatan tugas tambahan lainnya

5.    Gaji pokok kosong untuk PNS.
Kemungkinan kesalahan : pengisian data jabatan fungsional, pangkat, golongan, SK Awal, SK akhir, TMT awal-akhir, riwayat kepangkatan, riwayat gaji berkala.

Cara memperbaiki : Cek kembali dan lengkapi data tersebut

6.    Gaji pokok kosong untuk Non PNS.
Kemungkinan kesalahan : pengisian data jabatan fungsional, pangkat, golongan, SK Awal, SK akhir, TMT awal-akhir, riwayat kepangkatan, riwayat gaji berkala, no. SK Inpassing

Cara memperbaiki : cek kembali dan lengkapi data tersebut

7.    Tahun pensiun kosong, atu sudah terlewati.
Kemungkinan kesalahan : pengisian data tanggal lahir, TMT

Cara memperbaiki : isi tanggal lahir dengan benar

Yang terpenting adalah, kita harus menghargai upaya pemerintah dalam hal ini Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan dalam mengelola database Dapodik secara online. Walaupun terkadang membuat kita bingung dan cemas, karena data yang sudah terisi dengan benar tetapi ketika dicek tidak sesuai dengan yang diharapkan.

Dalam mekanisme sistem kerja database memang tidak selamanya berjalan sempurna, namun sepertinya hal itu terus diperbaiki.

Dan yang harus digarisbawahi adalah Perbaikan Data tersebut hanya bisa dilakukan pada aplikasi pendataan sekolah oleh operator dapodik sekolah masing-masing yang kemudian hasil perbaikan data dikirim kembali ke server pendataan sekolah, untuk diproses lebih lanjut.

Jika data anda masih bermasalah silakan tinggalkan komentarnya di bawah artikel ini, semoga bermanfaat.

Belum ada Komentar untuk "7 Point Permasalahan Cara Memperbaiki Data PTK (Invalid) Dan Yang Selalu Bermasalah Pada Aplikasi Dapodik"

Posting Komentar

Gambar ataupun video yang ada di situs ini terkadang berasal dari berbagai sumber media lain. Hak Cipta sepenuhnya dipegang oleh sumber tersebut.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel