Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Buku Pedoman Kemah Penguatan Pendidikan Karakter Siswa SMA Melalui Kepramukaan (KEPAK)

DAPODIK.CO.ID - Buku Pedoman Kemah Penguatan Pendidikan Karakter Siswa SMA Melalui Kepramukaan (KEPAK). Pembangunan karakter merupakan persoalan bangsa yang  sangat  mendasar.  Setiap  bangsa  menyadari  pentingnya pembangunan karakter(character building)dalam rangka memelihara dan mempertahankan eksistensi sebagai suatu negara bangsa (nation-state).

Mengingat proses pembangunan karakter memerlukan waktu yang panjang dan berlangsung sepanjang hayat,  maka  bidang  pendidikan  merupakan  wahana  yang  efektif dan  strategis  untuk  melakukan  pembangunan  karakter.



Dalam Rencana Strategis  Kementrian Pendidikan Nasional dinyatakan bahwa  pembinaan  akhlak  mulia  dan   pendidikan karakter  merupakan  kebijakan  utama  yang  diarahkan  bagi terbentuknya sumber daya manusia yang unggul.

Melihat besarnya perhatian  dan  urgensi  terhadap  pembentukan  kepribadian  dan karakter bangsa, maka penerapan pendidikan karakter merupakan kebutuhan dan menjadi keharusan.

Unduh Buku Pedoman Kemah Penguatan Pendidikan Karakter Siswa SMA Melalui Kepramukaan KEPAK.

Kegiatan ekstrakurikuler bertujuan untuk mengembangkan kepribadian, minat, bakat, kemampuan serta mendidik kepribadian yang unggul serta kemandirian peserta didik secara optimal. Kegiatan ini  dilakukan,  biasanya  di  luar  jam  belajar. 

Salah  satu  kegiatan ekstrakurikuler yang mewadahi siswa yang memiliki bakat dan minat dalam  menumbuhkembangkan  kemandirian  dan  kepemimpinan adalah “Kemah Penguatan Pendidikan Karakter Siswa SMA melalui Kepramukaan (KEPAK)”.

Kepak menjadi salah satu sarana pembentukan pendidikan karakter siswa SMA. Oleh karena itu, dengan terselenggaranya kegiatan Kepak di  seluruh  Indonesia,  maka  akan  dapat  meningkatkan  kematangan jiwa dan kestabilan emosi bagi peserta didik sebagai tunas bangsa dalam mengawal Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Panduan Pelaksanaan Kepak ini disusun dengan maksud agar pihak berkepentingan baik narasumber, instruktur, pendamping, maupun  peserta  memiliki  persepsi  yang  sama  terhadap  maksud dan tujuan kegiatan ini sehingga dapat dilaksanakan dengan sebaikbaiknya.

Posting Komentar untuk "Buku Pedoman Kemah Penguatan Pendidikan Karakter Siswa SMA Melalui Kepramukaan (KEPAK)"