Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

BUKU PEDOMAN PENGELOLAAN SMP TERBUKA

DAPODIK.CO.ID - BUKU PEDOMAN PENGELOLAAN SMP TERBUKA. Program wajib belajar pendidikan dasar 9 tahun merupakan perwujudan amanat pembukaan UUD 1945 dalam rangka mencerdaskan kehidupan bangsa. Berdasarkan data pada Pusat Data dan Teknologi Informasi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan tahun 2020, pada tahun 2019 ketuntasan wajib belajar pendidikan dasar 9 tahun jenjang SMP dan sederajat telah mencapai 90,6%, meskipun ada kemajuan yang cukup berarti dalam pencapaiannya, tetapi masih terdapat beberapa daerah yang berada di bawah nilai capaian tersebut.

 

Hal ini, disebabkan karena masih ada kelompok-kelompok anak usia SMP yang belum tersentuh program wajib belajar 9 tahun karena berbagai hal, antara lain anak-anak yang mengalami kendala waktu, sosial, budaya dan ekonomi, serta kondisi geografis.

 

BUKU PEDOMAN PENGELOLAAN SMP TERBUKA




Sebagian masyarakat kita masih belum menganggap penting arti pendidikan bagi anak-anak mereka. Tidak sedikit anak-anak yang harus membantu pekerjaan orang tua sehingga mereka tak punya waktu untuk belajar di sekolah. Sementara itu, tidak sedikit jumlah anak-anak yang mengalami  drop out(DO) dalam menempuh pendidikan mereka karena satu dan lain hal.

 

Untuk memecahkan masalah-masalah tersebut, pemerintah melalui Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Direktorat Jenderal Pendidikan Anak Usia Dini, Pendidikan Dasar dan Pendidikan Menengah, Direktorat SMP sejak tahun 1979 telah merintis layanan SMP Terbuka. SMP Terbuka merupakan pendidikan formal sebagai layanan alternatif yang memberikan akses layanan pendidikan bagi anak usia 13–15 tahun dan maksimal 18 tahun yang tidak dapat mengikuti proses belajar mengajar di SMP reguler. Hasil pendataan yang dilakukan oleh Direktorat SMP tahun 2019/2020, menunjukkan bahwa SMP Terbuka yang masih aktif menyelenggarakan pendidikan sebanyak 611 sekolah, terdiri dari 610 SMP Terbuka yang ada di Indonesia dengan jumlah peserta didik 43.963, dan 1 (satu) SMP Terbuka (Community Learning Center/CLC) yang ada di Luar Negeri yaitu di Malaysia dengan jumlah peserta didik 4.372. Sehingga total peserta didik SMP Terbuka sebanyak 48.338 orang. Dengan demikian, SMP Terbuka masih diharapkan mampu menghilangkan keterbatasan serta menjadi wadah yang dapat memberikan layanan pendidikan yang terjangkau, luwes, dan berkualitas.

 

Berdasarkan latar belakang tersebut, maka diperlukan penekanan kembali mengenai bagaimana pengelolaan SMP Terbuka dilaksanakan agar semua pihak yang terlibat dalam penyelenggaraan SMP Terbuka memiliki informasi yang sama untuk menatakelolakan SMP Terbuka menjadi lebih baik, sehingga dapat meningkatkan kualitas mutu pendidikan peserta didik SMP Terbuka.

 

Tujuan disusunnya Buku Pedoman Pengelolaan SMP Terbuka ini adalah sebagai pedoman bagi seluruh pemangku kepentingan terkait baik pemerintah pusat, pemerintah daerah, sekolah dan masyarakat dalam melaksanakan dan atau memanfaatkan layanan SMP Terbuka agar lebih terarah, terencana, sehingga tujuan memberikan layanan SMP Terbuka yang bermutu bagi peserta didik SMP Terbuka terwujud.

 

Buku Pedoman Pengelolaan SMP Terbuka yang telah disusun ini akan terbagi dalam lima bagian, yaitu pendahuluan, pengelolaan, peran pemangku kepentingan, supervisi monitoring dan evaluasi pengelolaan SMP Terbuka, dan penutup. Dengan adanya buku Pedoman Pengelolaan SMP Tebuka, kami berharap, semua pihak yang berkepentingan dengan layanan SMP Terbuka, memiliki pemahaman yang sama, dan bertanggung jawab untuk mendukung keterlaksanaan layanan SMP Terbuka yang berkualitas. Dengan layanan SMP Terbuka yang bermutu, peserta didik akan merasakan manfaatnya dan termotivasi untuk mencapai cita-citanya menuju kehidupan yang lebih baik.

 

Selengkapnya, Download BUKU PEDOMAN PENGELOLAAN SMP TERBUKA Pada Link Berikut Ini:



Demikian Artikel Terbaru Terkait BUKU PEDOMAN PENGELOLAAN SMP TERBUKA 
. Semoga Ada Manfaatnya Dan Silakan Bagikan Artikel Ini Ke Sosial Media Kalian Dengan Menekan Tombol Share Di Bawah.

 

Jika artikel ini kurang jelas dan mungkin masih ada pertanyaan, anda bisa tanyakan pada kolom komentar yang tersedia di akhir postingan ini. Untuk dapat mengikuti berita terbaru dan mendapatkan notifikasi silahkan follow akun www.dapodik.co.id ini. Karena akan menyajikan berita terbaru dan terpopuler di dunia pendidikan, terima kasih.