Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Persiapan Instalasi Aplikasi Dapodik Versi 2023, Spesifikasi Komputer Yang Harus Dimiliki

Persiapan Instalasi Aplikasi Dapodik Versi 2023, Spesifikasi Komputer Yang HarusDimiliki. Sistem  pendataan  Dapodikdasmen  pada  tahun  pelajaran  2022/2023 mengembangkan  pembaruan  Aplikasi  Dapodikdasmen versi  terbaru  yang diberi nama versi 2023.


Persiapan Instalasi Aplikasi Dapodik Versi 2023, Spesifikasi Komputer Yang Harus Dimiliki

Spesifikasi Komputer Yang Harus Dimiliki

Secara sistem, pembaruan versi 2023 disiapkan untuk dapat memenuhi kebutuhan pemanfaatan data di tahun pelajaran baru ini. Aplikasi Dapodikdasmen versi 2023 dikemas dalam bentuk installer, sehingga perlu proses uninstal aplikasi Dapodik versi sebelumnya.

Berikut ini adalah Persiapan Instalasi Aplikasi Dapodik Versi 2023, Spesifikasi Komputer Yang Harus Dimiliki yaitu:

1)    Processor intel core i3 atau yang setara

2)    Memori standar 4 GB

3)    Hard drive 120 GB SSD/500 GB HDD

4)    Sistem Operasi windows 10

5)    Aplikasi terpasang peramban web google chrome, mozilla firefox

Kode Registrasi dan Akun PetugasPendataan

Sebelum  memulai  proses  instalasi Aplikasi  Dapodikdasmen  Versi  2023, pastikan  sekolah  sudah  memiliki  kode  registrasi  dan  akun  yang  akan digunakan  dalam  proses instalasi. Kode  registrasi  diperoleh  melalui  admin Dapodikdasmen  Dinas  Pendidikan  Kab/Kota  untuk jenjang  SD/SMP  dan Dinas Pendidikan Provinsi untuk jenjang SMA/SMK/SLB.

Unduh Aplikasi Dapodik

Aplikasi Dapodikdasmen Versi 2023 saat ini tersedia dalam bentuk file installer yang  merupakan  hasil  perbaikan  dan  pembaruan  dari  aplikasi  versi sebelumnya.  Untuk  mengunduh  Aplikasi  Dapodikdasmen  Versi 2023, lakukan langkah-langkah sebagai berikut:

1)    Buka laman http://dapo.dikdasmen.kemdikbud.go.id/unduhan

2)    Klik menu Unduhan

3)    Klik Unduh Installer

Spesifikasi Komputer Yang Harus Dimiliki

Generate Prefill Aplikasi Dapodik

Generate prefill merupakan tahapan untuk mengambil data sekolah dari server agar dapat diregistrasi di Aplikasi Dapodikdasmen secara offline (dalam bentuk fail .prf). Generate prefill merupakan data sekolah dari hasil sinkronisasi terakhir.

Untuk  meningkatkan  keamanan  dari  segi  pengguna,  saat  ini  proses generate prefill  dapat  dilakukan  setelah petugas  pendataan  memasukkan  username, password yang benar dan kode registrasi Dapodikdasmen sekolah yang aktif.

Tautan prefill yang tersedia klik disini:

Demikian Artikel Terbaru Tentang, Persiapan Instalasi Aplikasi Dapodik Versi 2023, Spesifikasi Komputer Yang Harus Dimiliki. Semoga Ada Manfaatnya Dan Silakan Bagikan Artikel Ini Ke Sosial Media Kalian Dengan Menekan Tombol Share Di Bawah.

 

Jika artikel ini kurang jelas dan mungkin masih ada pertanyaan, anda bisa tanyakan pada kolom komentar yang tersedia di akhir postingan ini. Untuk dapat mengikuti berita terbaru dan mendapatkan notifikasi silahkan follow akun www.dapodik.co.id ini. Karena akan menyajikan berita terbaru dan terpopuler di dunia pendidikan, terima kasih.