About us

Buku Panduan Penggunaan Aplikasi E-RKAM Untuk Kepala Madrasah dan Petugas (Staf) Madrasah

Buku Panduan Penggunaan Aplikasi E-RKAM Untuk Kepala Madrasah dan Petugas (Staf) Madrasah. Aplikasi  E-RKAM  merupakan  sistem  informasi  pengelolaan  pendapatan  dan  belanja madrasah berbasis elektronik (online) yang digunakan untuk menyusun Rencana Kerja Anggaran  Madrasah  (RKAM)  dimulai  dari  proses  perencanaan  anggaran  sampai dengan  proses  penyerapan  Anggaran  Madrasah. 
Dengan  penerapan  yang  berbasis elektronik sehingga  aplikasi E-RKAM  dapat diakses kapanpun  dan  dimanapun  melalui perangkat  keras  seperti  komputer,  laptop  dan  telepon  seluler  (handphone). 

Untuk mengakses aplikasi  ini  dapat  menggunakan  perangkat  lunak  (browser)  seperti  Mozilla Firefox, Google  Chrome, Oper a,  Safari  dll.  Dalam hal  ini  alamat  yang  digunakan  untuk mengakses  aplikasi  E-RKAM  yaitu  http://erkasm.kerjakerja.work  dan  gambar  berikut menampilkan halaman depan dari aplikasi E-RKAM.


Penerapan  aplikasi  E-RKAM  dilakukan  kepada  seluruh  madrasah  negeri  dan swasta Kabupaten Jombang  sehingga  untuk  masuk  ke  dalam  aplikasi ini harus menggunakan Nomor  Induk  Pegawai  (NIP)  untuk  madrasah  negeri dan Nomor induk kependudukan (NIK) untuk  madrasah  swasta  yang tidak punya NIP. 

Pembagian  struktur  pengguna(user) madrasah dalam menyusun RKAM dalam aplikasi  ini  terbagi menjadi 2 jenis yaitu kepala  madrasah  dan  petugas  (staf)  madarasah.



1.    Kepala  madrasah  memiliki  peran  penting  dan  utama  dalam  proses penyusunan RKAM yang terdiri dari :
-       Mengatur  petugas  madrasah  yang  ditugaskan  sebagai  operator  input  rencana belanja madrasah.
-       Membuat  perencanaan  kegiatan  madrasah  dalam  1 tahunanggaran.
-       Melakukan  verifikasi  dan  validasi  terhadap  hasil  rincian  belanja  kegiatan  yang diinput oleh operator madrasah.
-       Melakukan  persetujuan  terhadap  nota  penyerapan  pendapatan  dan  belanja madrasah.
-       Mencetak dokumen  anggaran  mulai dari perencanaan  sampai penyerapan.


2.    Petugas  madrasah  yang dimaksud dalam  aplikasi E-RKAM merupakan perpaduan unsur yang ada dimadrasah baik bendahara, guru, maupun operator yang dapat di daftarkan.  Berdasarkan  hal  tersebut  peran  yang  dimiliki  oleh  petugas  madrasah adalah sebagai berikut :
-       Melakukan  input  rincian  belanja  kegiatan  berdasarkan  rencana  kegiatan  yang dibuat oleh kepala madrasah.
-       Melakukan  pembuatan nota penyerapan apabi la sudah pada waktu  atau proses penyerapan belanja.

Untuk lebih jelasnya, silahkan unduh Buku Panduan Penggunaan Aplikasi E-RKAM Untuk Kepala Madrasah dan Petugas (Staf) Madrasah.

Belum ada Komentar untuk "Buku Panduan Penggunaan Aplikasi E-RKAM Untuk Kepala Madrasah dan Petugas (Staf) Madrasah"

Posting Komentar

Gambar ataupun video yang ada di situs ini terkadang berasal dari berbagai sumber media lain. Hak Cipta sepenuhnya dipegang oleh sumber tersebut.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel