Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Pengisian Data Dapodik Untuk Jenjang PAUD - Rilis Aplikasi Dapodik Versi 2023

DAPODIK.CO.ID – Salam Satu data, kabar terbaru ini di tujukan kepada sekolah jenjang PAUN. Kalau tahun ajaran yang lalu, PAUD menggunakan aplikasi yang berbeda dengan sekolah jenjang SD, SMP, SMA atau SMK, pada tahun ajaran baru ini sekolah jenjang PAUD sudah menggunakan aplikasi dapodik yang bergabung dengan jenjang lainnya seperti SD, SMP, SMA atau SMK. Pemutakhiran data semester 1 tahun ajaran 2022/2023 dilaksanakan menggunakan aplikasi terbaru yang saat ini dirilis yaitu Aplikasi Dapodik versi 2023.

Integrasi data dan pembaruan aplikasi telah dilaksanakan agar Aplikasi Dapodik versi 2023 dapat digunakan untuk pengumpulan data dari satuan pendidikan pada jenjang pendidikan anak usia dini, pendidikan dasar, pendidikan menengah, pendidikan khusus, dan pendidikan kesetaraan.

Aplikasi Dapodik versi 2023 telah menggunakan database versi baru yang dirilis dalam bentuk installer (tidak ada versi updater). Untuk itu secara teknis diharuskan melakukan uninstall Aplikasi Dapodik versi sebelumnya terlebih dahulu.

Pengisian Data Dapodik Untuk Jenjang  PAUD - Rilis Aplikasi Dapodik Versi 2023



Pengisian Data Dapodik Untuk Jenjang  PAUD

Pengisian Data Dapodik Untuk Jenjang  PAUD - Rilis Aplikasi Dapodik Versi 2023

Kode registrasi Aplikasi Dapodik untuk satuan pendidikan pada jenjang PAUD (TK, KB, TPA, SPS) dan pendidikan kesetaraan (SKB/ PKBM) telah diubah menjadi kode registrasi format baru yang akan didistribusikan oleh Dinas Pendidikan Kabupaten/Kota. Akun petugas pendataan tidak mengalami perubahan, sehingga akun pada aplikasi sebelumnya dapat digunakan untuk registrasi pada Aplikasi Dapodik versi 2023.

Catatan untuk satuan pendidikan SKB/ PKBM, Aplikasi Dapodik versi 2023 belum dapat mengakomodasi peserta didik yang mengikuti dua program pendidikan dalam waktu yang sama (contoh: peserta didik terdaftar di rombel paket C dan kursus). Fitur ini akan diakomodasikan pada rilis berikutnya.

Berikut adalah daftar perubahan pada Aplikasi Dapodik versi 2023:

 

1.    [Pembaruan] Pemindahan atribut Jenis PTK yang sebelumnya berada di formulir PTK berpindah ke formulir penugasan PTK.

2.    [Pembaruan] Penambahan atribut berkebutuhan khusus pada formulir PTK.

3.    [Pembaruan] Penambahan atribut Kelas Orang Tua pada data rinci sekolah khusus jenjang PAUD.

4.    [Pembaruan] Penambahan end point pada web service dapodik guna keperluan terkait aplikasi e-Rapor.

5.    [Pembaruan] Penambahan pengisian Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) khusus untuk sekolah penggerak penyelenggara Implementasi Kurikulum Merdeka (IKM).

6.    [Pembaruan] Penambahan sub menu baru Mata Pelajaran Pilihan pada menu Rombongan Belajar khusus untuk sekolah penggerak.

7.    [Pembaruan] Penambahan instrumen terkait implementasi Insersi Pendidikan Anti Korupsi

8.    [Pembaruan] Penambahan validasi sekolah negeri diwajibkan mengisikan NPWP dan nama wajib Pajak.

9.    [Pembaruan] Penambahan validasi jumlah jam mata pelajaran yang dapat diajarkan lebih dari satu guru agar jam/minggu tidak lebih dari struktur kurikulum.

10. [Pembaruan] Penambahan validasi mata pelajaran pilihan yang diambil oleh peserta didik yang berada di fase F pada kurikulum merdeka Belajar.

11. [Pembaruan] Penambahan validasi rasio rombongan belajar terhadap peserta didik bagi rombel dengan mata pelajaran pilihan.

12. [Pembaruan] penambahan validasi no handphone untuk GTK menjadi warning

13. [Perbaikan] Penutupan pengisian tingkat kerusakan pada Bangunan.

14. [Perbaikan] Perubahan bisnis proses pengisian tingkat kerusakan pada ruang.

15. [Perbaikan] Penutupan atribut NPWP dan nama wajib pajak pada pengisian formulir sekolah (pengisian melalui BOS/BOP Salur).

16. [Perbaikan] Perubahan validasi antara data dinamis dan data sarpras menjadi invalid.


Demikian Pengisian Data Dapodik Untuk Jenjang  PAUD - Rilis Aplikasi Dapodik Versi 2023, Semoga Ada manfaatnya.

Jika artikel ini kurang jelas dan mungkin masih ada pertanyaan, anda bisa tanyakan pada kolom komentar yang tersedia di akhir postingan ini. Untuk dapat mengikuti berita terbaru dan mendapatkan notifikasi silahkan follow akun www.dapodik.co.id ini. Karena akan menyajikan berita terbaru dan terpopuler di dunia pendidikan, terima kasih.