Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

16 Perubahan Pada Aplikasi Dapodikdasmen Versi 2023

DAPODIK.co.id - 16 Perubahan Pada Aplikasi Dapodikdasmen Versi 2023. Informasi Ini Ditujukan Kepada, Yth. Bapak/Ibu Kepala Dinas Pendidikan Provinsi, Kepala Cabang Dinas Pendidikan Provinsi, Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten/Kota, Kepala LPMP, Kepala PP/BP PAUD dan Dikmas, Kepala PAUD, SD, SMP, SMA, SMK, SLB, PKBM, dan SKB, di seluruh Indonesia.


16 Perubahan Pada Aplikasi Dapodikdasmen Versi 2023


Inilah 16 Perubahan Pada Aplikasi Dapodikdasmen Versi 2023

Dengan di Rilis Pembaruan Aplikasi Dapodik Versi 2023. Dengan hormat kami sampaikan bahwa dalam rangka pemutakhiran data pokok pendidikan (Dapodik), Direktorat Jenderal Pendidikan Anak Usia Dini, Pendidikan dasar dan Pendidikan Menengah telah melakukan pemutakhiran aplikasi dapodik versi 2023 pada versi ini terdapat beberapa pembaruan dan perbaikan aplikasi. Pembaruan dan perbaikan aplikasi dilakukan untuk menunjang pendataan yang lebih baik. Adapun pembaruan dan perbaikan aplikasi dapodik versi 2023 sebagai berikut:


Berikut adalah daftar perubahan pada Aplikasi Dapodik versi 2023:

 

1.    [Pembaruan] Pemindahan atribut Jenis PTK yang sebelumnya berada di formulir PTK berpindah ke formulir penugasan PTK.

2.    [Pembaruan] Penambahan atribut berkebutuhan khusus pada formulir PTK.

3.    [Pembaruan] Penambahan atribut Kelas Orang Tua pada data rinci sekolah khusus jenjang PAUD.

4.    [Pembaruan] Penambahan end point pada web service dapodik guna keperluan terkait aplikasi e-Rapor.

5.    [Pembaruan] Penambahan pengisian Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) khusus untuk sekolah penggerak penyelenggara Implementasi Kurikulum Merdeka (IKM).

6.    [Pembaruan] Penambahan sub menu baru Mata Pelajaran Pilihan pada menu Rombongan Belajar khusus untuk sekolah penggerak.

7.    [Pembaruan] Penambahan instrumen terkait implementasi Insersi Pendidikan Anti Korupsi

8.    [Pembaruan] Penambahan validasi sekolah negeri diwajibkan mengisikan NPWP dan nama wajib Pajak.

9.    [Pembaruan] Penambahan validasi jumlah jam mata pelajaran yang dapat diajarkan lebih dari satu guru agar jam/minggu tidak lebih dari struktur kurikulum.

10. [Pembaruan] Penambahan validasi mata pelajaran pilihan yang diambil oleh peserta didik yang berada di fase F pada kurikulum merdeka Belajar.

11. [Pembaruan] Penambahan validasi rasio rombongan belajar terhadap peserta didik bagi rombel dengan mata pelajaran pilihan.

12. [Pembaruan] penambahan validasi no handphone untuk GTK menjadi warning

13. [Perbaikan] Penutupan pengisian tingkat kerusakan pada Bangunan.

14. [Perbaikan] Perubahan bisnis proses pengisian tingkat kerusakan pada ruang.

15. [Perbaikan] Penutupan atribut NPWP dan nama wajib pajak pada pengisian formulir sekolah (pengisian melalui BOS/BOP Salur).

16. [Perbaikan] Perubahan validasi antara data dinamis dan data sarpras menjadi invalid.


Demikian 16 Perubahan Pada Aplikasi Dapodikdasmen Versi 2023. Semoga Ada Manfaatnya.

 

Jika artikel ini kurang jelas dan mungkin masih ada pertanyaan, anda bisa tanyakan pada kolom komentar yang tersedia di akhir postingan ini. Untuk dapat mengikuti berita terbaru dan mendapatkan notifikasi silahkan follow akun www.dapodik.co.id ini. Karena akan menyajikan berita terbaru dan terpopuler di dunia pendidikan, terima kasih.


6 komentar untuk "16 Perubahan Pada Aplikasi Dapodikdasmen Versi 2023"

  1. Assalaamu'alaikum_selamat pagi_sy mau tanya perihal Dapodik _di Dapodik Lokal jumlah siswa 723 _tetapi di progress jumlah siswa bertambah menjadi 724 sedangkan real nya 723_ketika sy di progress ada nama siswa yg ada di rombel yang berbeda_mhn solusinya_sebelum dan sesudahnya sy ucapkan terma kasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. progress jumlah siswa bertambah menjadi 724 ?
      progres di ambli dari hasil sinkron terakhir
      silah sinkron lagi agar jumlah siswa sama

      Hapus
  2. Mau tanya pada saat registrasi di dapodik 2022 selalu muncul "eror terjadi kesalahan dalam menemukan sekolah " padahal generator frefil terbaca, dan coba registrasi secara online sama di saat akhir proses selesai registrasi muncul tulisan itu. Mohon solusinya terimakasih..

    BalasHapus
    Balasan
    1. hapus histori broswernya.
      jika menggunakan google chrome, ganti sementara menggunakan Firefox

      Hapus
  3. selamat malam, saya coba sinkron sejak pagi sampai 01.50 malam tapi server sedang sibuk. mohon penjelasan. thnx

    BalasHapus
    Balasan
    1. hapus dulu histori broswernya kemudia pastikan jarungannya stabil baru lakukan sinkronisasi

      Hapus

Gambar ataupun video yang ada di situs ini terkadang berasal dari berbagai sumber media lain. Hak Cipta sepenuhnya dipegang oleh sumber tersebut.