Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Mengatasi Menu Sinkron & Akun Kepala Sekolah (GTK) Hilang di Dapodik - Alur Penginputan GTK Merangkap Operator Sekolah

DAPODIK.CO.ID - Cara Mengatasi Menu Sinkron & Akun Kepala Sekolah (GTK) Hilang di Dapodik - Alur Penginputan GTK Merangkap Operator Sekolah. Alur Penentuan role pengguna dan peran, (GTK merangkap Operator Sekolah) Di peruntukan bagi Operator yang menggunakan email yang sama untuk data individu GTK.

 

Cara Mengatasi Menu Sinkron & Akun Kepala Sekolah (GTK) Hilang di Dapodik - Alur Penginputan GTK Merangkap Operator Sekolah




Penting  diperhatikan oleh Operator Dapodik ataupun Satuan Pendidikan bahwa aplikasi Dapodik Versi terbaru dikemas dalam bentuk updater atau pembaruan, jadi tidak perlu melakukan uninstall Aplikasi Dapodik Versi yang lama.

 

Agar Aplikasi Dapodik Versi terbaru bisa digunakan sebagaimana mestinya, perlu diperhatikan Langkah-Langkah Instal yang baik dan benar serta mengetahui berbagai macam perubahan atau perbaikan yang terjadi pada versi ini.

 

Jika pada proses Instal Aplikasi Dapodik Versi terbaru selesai dilakukan, bapak/ ibu jangan kaget apabila menu Sinkron tidak muncul. Hal ini disebabkan karena akun Kepala Sekolah atau GTK belum diberikan Hak Akses. Berikut ini adalah langkah-langkahnya :

 

Cara Mengatasi Menu Sinkron & Akun GTK Hilang di Dapodik - Alur Penginputan GTK Merangkap Operator Sekolah

 

1.    Masuk pada menejemen pengguna pada tab pengaturan.

 


2.    Lakukan fitur data pengguna dengan memiliki “Operator Sekolah”

 

3.    Pilih data pengguna yang akan dilakukan pemetaan menjadi GTK.

 

4.    Klik tombol “petakan GTK merangkap OPS”, pilih data GTK.

 

5.    Tahap akhir adalah berikan tambahan hak akses PTK di menu Hak Akses

 

Perhatikan gambar di bawah ini:

 


Langkah diatas bisa dilakukan apabila akun Kepala Sekolah (GTK) muncul di Manajemen Pengguna. Tetapi apabila akun Kepala Sekolah (GTK) tidak muncul di Manajemen Pengguna, bisa lakukan dengan cara berikut :

1.    Uninstall Dapodiknya, kemudian dilanjutkan dengan clear history browser.

2.    Install Dapodik Versi 2022.

3.    Lanjutkan dengan menginstall Dapodik 2022

4.    Dan yang terakhir lanjutkan dengan registrasi bisa offline atau online.

5.    Silahkan cek kembali Akun Kepala Sekolah di Manajemen Pengguna

 

Cara Mengatasi Menu Sinkron & Akun Kepala Sekolah GTK Hilang di Dapodik - Alur Penginputan GTK Merangkap Operator Sekolah

 


Demikian Totorial Terkait Cara Mengatasi Menu Sinkron & Akun Kepala Sekolah (GTK) Hilang di Dapodik - Alur Penginputan GTK Merangkap Operator Sekolah. Semoga Ada Manfaatnya Dan Silakan Bagikan Artikel Ini Ke Sosial Media Kalian Dengan Menekan Tombol Share Di Bawah.

 

Jika artikel ini kurang jelas dan mungkin masih ada pertanyaan, anda bisa tanyakan pada kolom komentar yang tersedia di akhir postingan ini. Untuk dapat mengikuti berita terbaru dan mendapatkan notifikasi silahkan follow akun www.dapodik.co.id ini. Karena akan menyajikan berita terbaru dan terpopuler di dunia pendidikan, terima kasih.


Posting Komentar untuk "Cara Mengatasi Menu Sinkron & Akun Kepala Sekolah (GTK) Hilang di Dapodik - Alur Penginputan GTK Merangkap Operator Sekolah"