Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Modul Teori Belajar dan Pembelajaran Final (Pedagogi) PPG Dalam Jabatan Direktorat Jenderal Bimbingan Masyarakat Katolik, Kementerian Agama RI

DAPODIK.co.id - Modul Teori Belajar dan Pembelajaran Final (Pedagogi)  PPG Dalam Jabatan Direktorat Jenderal Bimbingan Masyarakat Katolik, Kementerian Agama RI. Mata kuliah Teori Belajar dan Pembelajaran ini diarahkan untuk membekali para mahasiswa peserta Pendidikan Profesi Guru dalam rangka menambah pengetahuan, pemahaman serta keterampilan dalam konsep-konsep belajar dan pembelajaran dari para ahli agar dapat diimplementasikan dalam proses pembelajaran Pendidikan Agama Katolik di sekolah. Dengan mendapatkan berbagai macam konsep tentang belajar dan pembelajaran, mahasiswa yang notabene adalah para guru PAK diharapkan dapat mengidentifikasi dan menerapkan teori belajar dan pembelajaran yang paling relevan dengan konteksnya di sekolah masing-masing.

 

Secara lebih mendalam, modul ini terbagi menjadi 4 kegiatan belajar (tema pokok) dengan beberapa sub tema yang mencakup:

1.       Konsep belajar dan pembelajaran: hakikat belajar dan prinsip-prinsip belajar, hakikat pembelajaran dan komponen sistem pembelajaran, prinsip-prinsip pembelajaran, langkah-langkah penyusunan perencanaan pembelajaran.

2.       Teori belajar behavioristik: pengertian belajar menurut teori behavioristik, pemikiran tokoh-tokoh teori behavioristik, analisis kelebihan dan kekurangan teori behavioristik, penerapan teori behavioristik dalam proses pembelajaran.

3.       Teori belajar kognitif: pengertian belajar menurut teori kognitif, pemikiran tokoh-tokoh yang mendukung teori belajar kognitif, penerapan teori kognitif dalam proses pembelajaran.

4.       Teori belajar konstruktif dan humanistik: pengertian belajar menurut teori konstruktivistik, pemikiran tokoh-tokoh yang mendukung teori belajar konstruktivistik, penerapan teori konstruktivistik dalam proses pembelajaran, pengertian belajar menurut teori humanistik, pemikiran tokoh-tokoh yang mendukung teori belajar humanistik, penerapan teori humanistik dalam proses pembelajaran.

 

Materi-materi tersebut disusun sedemikian rupa sehingga peserta dapat memahami konsep atau teori belajar dan pembelajaran secara gradual atau bertingkat agar lebih mudah dipahami.

 

Dari tema-tema pokok di atas nampak bahwa tujuan mata kuliah ini bukan sekedar berhenti pada penguasaan konsep namun juga agar mahasiswa mampu menerapkan teori - teori yang dipelajari dalam proses pembelajaran di kelas, khususnya pada mata pelajaran Pendidikan Agama Katolik. Pada umumnya para guru sudah memiliki banyak pengalaman mengajar namun belum memahami teori-teori belajar yang digunakan. Hal ini penting agar para guru dalam mempersiapkan pembelajaran dapat melakukan identifikasi dan analisis komponen-komponen pembelajaran seperti: tujuan pembelajaran, materi atau bahan ajar, keadaan awal siswa, keadaan atau konteks di lapangan, media pembelajaran, kompetensi guru, dll sehingga proses pembelajaran dapat diarahkan untuk mencapai tujuan pembelajaran yang diharapkan.

 

Selanjutnya, agar dalam mempelajari dan membahas materi yang ada dalam modul ini tidak mengalami kesulitan, maka Anda diharapkan mengikuti petunjuk-petunjuk berikut ini:

1.       Baca dan pelajarilah setiap kegiatan belajar secara bertahap dan berurutan sehingga Anda mampu mengerjakan Tes Formatif yang disajikan di akhir kegiatan belajar.

2.       Kerjakan Tes Formatif yang disajikan di akhir kegiatan pembelajaran dengan cermat dan jujur berdasarkan hasil belajar Anda untuk mencapai paling sedikit 80% penguasaan materi. Anda dilarang melihat kunci jawaban sebelum selesai mengerjakan soal-soal yang diberikan. Kunci jawaban hanya digunakan untuk mencocokan atau membandingkan hasil jawaban Anda.

3.       Gunakan bahan-bahan belajar pendukung lainnya seperti buku-buku yang direferensikan dalam daftar pustaka sebagai sumber belajar agar Anda dapat memahami materi secara lebih komprehensif.

4.       Sangat disarankan Anda melakukan kegiatan belajar kelompok yang dilanjutkan dengan diskusi dan pemecahan masalah yang muncul ketika Anda mempelajari modul ini, atau masalah teknis ketika menerapkan teori ini di lapangan nanti.

5.       Dalam pelaksanaan perkuliahan ini Anda akan dibimbing oleh dosen tutor dengan maksud Anda dapat mengajukan berbagai pertanyaan, kesulitan dalam menyelesaikan tugas serta mengemukakan pendapat yang belum diketahui.

 

Modul Teori Belajar dan Pembelajaran Final (Pedagogi)  PPG Dalam Jabatan Direktorat Jenderal Bimbingan Masyarakat Katolik, Kementerian Agama RI

 

Download Modul Teori Belajar dan Pembelajaran Final (Pedagogi)  PPG Dalam Jabatan Direktorat Jenderal Bimbingan Masyarakat Katolik, Kementerian Agama RI

Modul ini merupakan salah satu bahan pendukung untuk mata kuliah Teori Belajar dan Pembelajaran yang menjadi salah satu mata kuliah wajib dalam pelaksanaan Pendidikan Profesi Guru. Melalui modul ini, diharapkan dapat membantu para peserta program PPG untuk mempelajari sekaligus mengimplementasikan mengenai konsep belajar dan pembelajaran, teori-teori pembelajaran yang kontekstual dengan Pendidikan Agama Katolik dan bagaimana implementasi teori-teori tersebut dalam proses pembelajaran Pendidikan Agama Katolik. Modul ini disusun sedemikian rupa sehingga diharapkan dapat membantu para peserta untuk melaksanakan pembelajaran mandiri maupun terbimbing melalui pemahaman peta konsep, pendalaman materi, latihan-latihan soal hingga evaluasi hasil belajar.

 

Semoga modul ini sungguh bermanfaat bagi pengembangan kompetensi guru yang profesional, secara khusus dalam penguasaan Teori Belajar dan Pembelajaran. Sehingga tujuan dari penyelenggaraan program Pendidikan Profesi yaitu untuk membentuk guru yang profesional sesuai dengan amanat undangundang dapat tercapai demi kemajuan pendidikan di Indonesia.

 

Selengkapnya, Panduan dan Download Modul Teori Belajar dan Pembelajaran Final (Pedagogi)  PPG Dalam Jabatan Direktorat Jenderal Bimbingan Masyarakat Katolik, Kementerian Agama RI:

 


Link Download Modul Teori Belajar dan Pembelajaran Final (Pedagogi)  PPG Dalam Jabatan Direktorat Jenderal Bimbingan Masyarakat Katolik, Kementerian Agama RI, Klik Disini.

 

Demikian Artikel Terbaru Terkait Modul Teori Belajar dan Pembelajaran Final (Pedagogi)  PPG Dalam Jabatan Direktorat Jenderal Bimbingan Masyarakat Katolik, Kementerian Agama RI, Semoga Ada Manfaatnya.

 

Jika artikel ini kurang jelas dan mungkin masih ada pertanyaan, anda bisa tanyakan pada kolom komentar yang tersedia di akhir postingan ini. Untuk dapat mengikuti berita terbaru dan mendapatkan notifikasi silahkan follow akun www.dapodik.co.id ini. Karena akan menyajikan berita terbaru dan terpopuler di dunia pendidikan, terima kasih.


Posting Komentar untuk "Modul Teori Belajar dan Pembelajaran Final (Pedagogi) PPG Dalam Jabatan Direktorat Jenderal Bimbingan Masyarakat Katolik, Kementerian Agama RI"