Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Buku Pedoman Penelurusan Minat dan Bakat Jenjang SMP

DAPODIK.co.id - Buku Pedoman Penelurusan Minat dan Bakat Jenjang SMP. Pembangunan bidang Pendidikan di Indonesia diarahkan kepada pengembangan sumberdaya manusia yang bermutu tinggi, guna memenuhi kebutuhan dan menghadapi tantangan kehidupan di masa depan. Melalui pendidikan, sumberdaya manusia yang bersifat potensi diaktualisasikan menjadi kompetensi yang optimal, sehingga di kemudian hari peserta didik mampu mencapai prestasi yang bermakna dalam kehidupannya.

 

Sejalan dengan peningkatan mutu sumber daya manusia (SDM), kementrian Pendidikan dan Kebudayaan terus berupaya untuk meningkatkan mutu pendidikan. Direktorat Sekolah Menengah Pertama (Direktorat SMP), Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar, telah melakukan berbagai upaya, baik pengembangan mutu pembelajaran, pemenuhan kebutuhan sarana dan prasarana pembelajaran, perbaikan manajemen kelembagaan sekolah, maupun pembinaan kegiatan peserta didik.

 

Kebudayaan terus berupaya untuk meningkatkan mutu pendidikan. Direktorat Sekolah Menengah Pertama (Direktorat SMP), Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar, telah melakukan berbagai upaya, baik pengembangan mutu pembelajaran, pemenuhan kebutuhan sarana dan prasarana pembelajaran, perbaikan manajemen kelembagaan sekolah, maupun pembinaan kegiatan peserta didik.

 

Pernyataan di atas sejalan dengan makna pendidikan yang termaktub dalam UU RI No. 20 tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional, Bab I, Pasal 1, bahwa pendidikan adalah usaha sadar dan terencana untuk mewujudkan suasana belajar dan proses pembelajaran agar peserta didik Pernyataan di atas sejalan dengan makna pendidikan yang termaktub dalam UU RI No. 20 tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional, Bab I, Pasal 1, bahwa pendidikan adalah usaha sadar dan terencana untuk mewujudkan suasana belajar dan  proses pembelajaran agar peserta didik.

 

Pengertian tersebut mengandung implikasi bahwa proses pendidikan yang baik perlu didukung oleh penyempurnaan dan pengembangan kurikulum. Di Indonesia pengembangan kurikulum antara lain didasarkan atas kesadaran bahwa ilmu pengetahuan dan teknologi (IPTEK) berkembang secara dinamis, dan mendorong peserta didik untuk mengikuti dan memanfaatkannya secara tepat.

 

Dalam pengembangan Kurikulum Merdeka Belajar terdapat tantangan internal yaitu yaitu bahwa pada
tahun 2010 sampai 2045 Indonesia perlu mempersiapkan SDM menjadi Generasi Emas, generasi produktif, generasi inovatif, dan generasi kreatif. Guna mewujudkan proses pendidikan yang baik serta mempersiapkan SDM yang unggul, maka Kurikulum Merdeka Belajar sebagai penyempurnaan kurikulum sebelumnya, dititikberatkan pada proses pendidikan yang memberi kesempatan lebih kepada peserta didik untuk memilih pelajaran sesuai dengan minat dan bakatnya. Disamping itu generasi Indonesia harus memiliki karakter sebagai pelajar pancasila, kesiapan untuk bekerja, kecerdasan yang sesuai dengan bakat dan minatnya, serta rasa tanggung jawab terhadap lingkungannya.

 

Penelusuran bakat dan minat merupakan salah satu bagian dari upaya implementasi kurikulum merdeka, yang ditujukan untuk membantu pemahaman peserta didik mengenai arah kecenderungan minat dan bakatnya. Oleh karena itu, penelusuran minat dan bakat perlu diperkenalkan sejak dini, bertahap dan berkesinambungan melalui kegiatan yang dilaksanakan oleh sekolah agar peserta didik tidak mengalami hambatan dan kesulitan dalam memilih jurusan dan kelanjutan pendidikan yang sesuai dengan bakat dan minatnya.

 

Penelusuran minat dan bakat di SMP tidak serta merta muncul tanpa alasan yang jelas. Permasalahan yang timbul di masyarakat mengenai pemilihan peminatan merupakan gambaran keraguan peserta didik dalam menentukan pilihan mata pelajaran atau kelompok peminatan pada sekolah lanjutan atas
(jenjang pendidikan menengah) yang sesuai dengan kemampuannya.

 

Mengingat betapa pentingnya pemilihan pilihan mata pelajaran dan kelompok peminatan pada jenjang pendidikan menengah, maka sejak dini peserta didik SMP perlu dipersiapkan dan dibantu merencanakan hari depan yang lebih cerah, melalui kegiatan penelusuran minat dan bakat oleh sekolah yang diimplementasikan dalam layanan bimbingan dan konseling, berkoordinasi, dan berkolaborasi dengan layanan pembelajaran serta manajemen/ kepemimpinan di sekolah.

 

Koordinasi dan kolaborasi antar layanan tersebut merupakan upaya sinergis untuk mencapai tujuan pendidikan nasional, sebagaimana tercantum dalam UU RI No. 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional, Bab II, Pasal 3, yang berbunyi sebagai berikut:

 

Pendidikan nasional berfungsi mengembangkan kemampuan dan membentuk watak serta peradaban bangsa yang bermartabat dalam rangka mencerdaskan kehidupan bangsa, bertujuan untuk berkembangnya potensi peserta didik agar menjadi manusia yang beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak mulia, sehat, berilmu, cakap, kreatif, mandiri, dan menjadi warga negara yang demokratis serta bertanggung jawab.

 

Dengan demikian, sinergi antara layanan pembelajaran, manajemen/kepemimpinan, dengan bimbingan dan konseling yang dipandang sebagai layanan pendidikan yang bermutu merupakan bentuk penyediaan akses layanan pendidikan yang bermutu dalam upaya mewujudkan tujuan pendidikan nasional.

 

Buku Pedoman Penelurusan Minat dan Bakat Jenjang SMP

 

Download Buku Pedoman Penelurusan Minat dan Bakat Jenjang SMP

Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 111 Tahun 2014 Tentang Bimbingan dan Konseling pada Pendidikan Dasar dan Pendidikan Menengah mendorong layanan Pendidikan yang lebih komprehensif. Layanan pendidikan bermutu tidak hanya mempertimbangkan layanan akademis saja, namun juga harus ditunjang dengan layanan Bimbingan dan Konseling (BK). Dengan layanan BK, diharapkan satuan Pendidikan dapat mengarahkan pengembangan potensi peserta didik secara lebih optimal sesuai dengan minat dan bakat peserta didik. Dengan demikian, pembentukan profil pelajar Pancasila sebagai perwujudan visi Pendidikan Indonesia dapat tercapai.

 

Buku Pedoman Penelusuran Minat dan Bakat Jenjang SMP (Sekolah Menengah Pertama) ini bertujuan untuk membantu peserta didik dalam rangka mengetahui bakat serta menentukan minatnya dalam menjalani Pendidikan di jenjang SMP hingga masuk ke jenjang selanjutnya di Pendidikan Menengah. Buku pedoman ini dipersiapkan juga untuk membantu guru bimbingan dan konseling atau konselor dan tenaga pendidik lainnya di Sekolah Menengah Pertama, agar dapat menyelenggarakan penelusuran minat serta bakat sebagai bagian dari layanan bimbingan dan konseling yang terintegrasi dalam layanan pendidikan di satuan Pendidikan.

 

Buku pedoman ini dikembangkan berdasarkan pemaduan pendekatan kebijakan dan ilmiah serta memperhitungkan kondisi dan kepentingan sekolah dalam rangka memperkokoh layanan pendidikan terdiferensiasi menuju pendidikan yang bermutu. Sumber-sumber kebijakan dan tekstual terlebih dahulu dikaji, selanjutnya dirumuskan menjadi buku pedoman dan format instrumen peminatan. Penyusunan buku pedoman ini melibatkan para pakar dari lembaga Pendidikan tinggi dan praktisi psikologi pendidikan dan bimbingan, guru bimbingan dan konseling/konselor, guru mata pelajaran, dan wakil kepala sekolah bidang kurikulum dan kesiswaan, baik dari SMP/MTs, SMA/MA, maupun SMK. Pedoman ini sudah melalui uji keterbacaan yang melibatkan pihak pengambil kebijakan, pakar, guru, dan peserta didik di beberapa wilayah Indonesia.

 

Selengkapnya, Panduan dan Download Buku Pedoman Penelurusan Minat dan Bakat Jenjang SMP:

 


Link Download Buku Pedoman Penelurusan Minat dan Bakat Jenjang SMP, Klik Disini.

 

Demikian Artikel Terbaru Terkait Buku Pedoman Penelurusan Minat dan Bakat Jenjang SMP, Semoga Ada Manfaatnya.

 

Jika artikel ini kurang jelas dan mungkin masih ada pertanyaan, anda bisa tanyakan pada kolom komentar yang tersedia di akhir postingan ini. Untuk dapat mengikuti berita terbaru dan mendapatkan notifikasi silahkan follow akun www.dapodik.co.id ini. Karena akan menyajikan berita terbaru dan terpopuler di dunia pendidikan, terima kasih.


Posting Komentar untuk "Buku Pedoman Penelurusan Minat dan Bakat Jenjang SMP"