Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Membuat Blog Yang Gratis Dan Menarik Bagi Peserta Didik Untuk Semua Jenjang Sekolah

DAPODIK.co.id - Cara Membuat Blog Yang Gratis Dan Menarik Bagi Peserta Didik Untuk Semua Jenjang Sekolah. Sahabat Pendidikan dimanapun anda berada, di zaman kita yang sekarang serba digital ini, semua orang dimungkinkan untuk bisa berkarya secara bebas. Bagaimana tidak, ada berbagai sarana teknologi yang canggih yangtentunya mendukung hal itu. Salah satunya adalah kegiatan berekspresi melalui tulisan yakni mengngeblog. Bagi Peserta Didik yang suka menulis dan buat artikel, Peserta Didik bisa menyimak cara membuat blog yang gratis dan menarik untuk Peserta Didik Untuk Semua Jenjang Sekolah pada paparan di bawah ini.

 

Sebuah blog atau website bisa dimanfaatkan untuk menuangkan ide Peserta Didik atau Siswa/ Siswi dalam bentuk tulisan. Baik itu hasil tulisan dari imajinasi Peserta Didik atau berbagi pengetahuan yang Peserta Didik miliki. Tidak hanya bisa mengeksplorasi imajinasi dengan tulisan tapi juga bermanfaat untuk mengasah kemampuan menulis Peserta Didik menjadi semakin baik,

 

Tertarik untuk membuat blog wahai Peserta Didik? Ada salah satu platform yang bisa Peserta Didik manfaatkan untuk membuat sebuah blog dengan mudah. Namanya adalah blogger.com atau blogspot.com. Blogspot ini kalau Peserta Didik kelola dengan benar maka, bisa menghasilkan uang. Platform ini merupakan platform blogging yang ramah untuk para pemula.

 

Untuk membuat blog, ada dua cara yang bisa Anda pilih berdasarkan perlengkapan blog yang bisa Peserta Didik manfaatkan, yakni membuat blog melalui HP Smartphone dan membuat blog melalui komputer atau laptop. Yuk simak caranya.

 

Cara Membuat Blog Yang Gratis Dan Menarik Bagi Peserta Didik Untuk Semua Jenjang Sekolah

 

Tutorial Cara Membuat Blog Yang Gratis Dan Menarik Bagi Peserta Didik Untuk Semua Jenjang Sekolah

Cara Membuat Blog Melalui Smartphone

 

Pertama tama, ambil HP Smartphone Peserta Didik, pastikan ponsel pintar Peserta Didik tersebut sudah terhubung dengan koneksi internet yang baik. Melalui smartphone Peserta Didik bisa mengunduh aplikasi nya terlebih dahulu. Aplikasi yang tersedia untuk blogspot yaitu Blogger.com. Peserta Didik bisa mengunduh di Google Playstore atau melalui App store

 

1. Siapkan Alamat Email Peserta Didik

 

Selanjutnya sebelum membuat akun blog, pastikan Peserta Didik sudah menyiapkan terlebih dahulu alamat email yang akan digunakan untuk blog Peserta Didik. Jika email sudah disiapkan, silahkan buka aplikasi yang sudah Peserta Didik unduh dan instal tadi, kemudian masukkan email tersebut untuk mulai membuat akun.

 

2. Sign up dengan Alamat Email dan Password

 

3. Edit Profil Peserta Didik

 

Setelah berhasil masuk pada aplikasi tersebut, silahkan untuk mulai mengedit atau mengisi profil Peserta Didik sesuai dengan keinginan. Peserta Didik tinggal mengikuti arahan yang diberikan pada halaman edit profil. Berikutnya tinggal pilih buat blog baru.

 

4. Tulis Alamat dan Judul Blog Peserta Didik

 

Setelah menampilkan halaman blog baru Peserta Didik, silahkan untuk menuliskan alamat blog. Dalam tahapan ini Peserta Didik harus perhatikan alamat blog yang digunakan, karena Peserta Didik diperintahkan untuk harus menlis alamat blog yang belum pernah digunakan oleh pengguna blog lainnya. Peserta Didik bisa memilih nama yang unik sesuai dengan niche blog Peserta Didik.

 

5. Desain Template

 

Apabila sudah selesai melakukan tahapan diatas, kini Peserta Didik tinggal klik desain template untuk memilih desain template yang sesuai dengan kebutuhan atau selera Peserta Didik.

 

Cara Membuat Blog Melalui Komputer atau Laptop

 

1. Buka Halaman Web Browser

 

Pastikan perangkat komputer atau laptop Peserta Didik sudah terhubung dengan koneksi internet yang stabil. Kemudian buka halaman web browser Peserta Didik, disini Peserta Didik perlu membuka alamat web yakni www.blogger.com.

 

2. Pilih Create Your Blog

 

Jika sudah masuk ke halaman web blog, coba klik "Create your blog". kemudian pada halaman tersebut Peserta Didik akan secara otomatis di arahkan kebagian untuk memulai membuat blog baru.

 

3. Membuat Akun Blog dengan Email

 

Sama seperti cara pertama saat menggunakan smartphone, Peserta Didik perlu menyiapkan email untuk membuat akun blog. Masukkan alamat email dan password yang Peserta Didik buat di blogspot Peserta Didik. Walaupun Peserta Didik baru membuat akun blog, tapi menariknya Peserta Didik tidak perlu mendaftar lagi, karema blogspot akan secara otomatis menghubungkan dengan data yang ada di akun gmail yang Peserta Didik gunakan.

 

4. Melengkapi Profil Peserta Didik

 

Setelah berhasil masuk ke akun blogger.com, berikutnya Peserta Didik akan diarahkan untuk mengisi profil di blog Peserta Didik. Peserta Didik bisa memilih melengkapinya saat ini juga atau nanti saja dilain waktu.

 

5. Pengaturan Dasar pada Dashboard

 

Sahabat Peserta Didik bisa melihat dashboard di halaman profil untuk mengatur bagaimana tampilan awal halaman blog Peserta Didik. Misalnya disitu Peserta Didik bisa menuliskan judul dan alamat blog serta tema yang ada.

 

6. Klik Create Blog

 

Jika sudah selesai dalam melakukan beberapa pengaturan diatas, jangan lupa klik "Create Blog". Apabila Peserta Didik ditawari membeli sebuah domain, Peserta Didik bisa klik No Thanks untuk menolaknya.

 

7. Menulis Artikel atau Posting di Blog

 

Nah kini Peserta Didik sudah bisa membuat artikel di blog Peserta Didik sendiri. Peserta Didik bisa klik "Postingan baru" untuk menulis artikel dan klik "Publish" jika sudah selesai dan ingin diposting.

 

8. Melihat Blog dan Hasil Postingan

 

Langkah Terakhir, Anda bisa melihat bagaimana tampilan postingan tulisan Peserta Didik diblog dengan cara mengklik "Visit blog" atau dengan cara mengetikkan alamat blog yang sudah Peserta Didik buat tersebut di web browser. Terima kasih sudah berkunjung ke dapodik.co.id.

 

Meskipun sederhana, menjadi blogger bisa jadi terasa tidak mudah bagi Peserta Didik yang tidak tahu bagaimana cara mengurus blog misalnya bagaimana cara menulis artikel yang baik dan benar. Khususnya buat Peserta Didik yang memiliki tujuan untuk menghasilkan uang dari blog, bimbingan mentor tentu adalah solusi yang baik. Semoga bermanfaat.

 

Demikian Artikel Terbaru Terkait Cara Membuat Blog Yang Gratis Dan Menarik Bagi Peserta Didik Untuk Semua Jenjang Sekolah, Semoga Ada Manfaatnya.

 

Jika artikel ini kurang jelas dan mungkin masih ada pertanyaan, anda bisa tanyakan pada kolom komentar yang tersedia di akhir postingan ini. Untuk dapat mengikuti berita terbaru dan mendapatkan notifikasi silahkan follow akun www.dapodik.co.id ini. Karena akan menyajikan berita terbaru dan terpopuler di dunia pendidikan, terima kasih.


Posting Komentar untuk "Cara Membuat Blog Yang Gratis Dan Menarik Bagi Peserta Didik Untuk Semua Jenjang Sekolah"