Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Cetak Kartu ASN Virtual di MySAPK BKN Terbaru

DAPODIK.co.id - Cara Cetak Kartu ASN Virtual di MySAPK BKN Terbaru. Sahabat pembaca setia dapodik.co.id dimanapun anda berada, (Badan Kepegawaian Negara) telah menghadirkan layanan dan aplikasi MySAPK BKN. Ini merupakan sistem aplikasi pelayanan kepegawaian BKN untuk memudahkan kegiatan administrasi para ANS.

Mengingat peruntukannya memudahkan para ASN, layanan ini memiliki beberapa manfaat, seperti menyimpan data atau informasi, menyampaikan informasi pribadi atau data diri ke database, mengubah informasi dengan lebih cepat, sekaligus memudahkan pengecekan kepagawaiannya.

 

My SAPK BKN adalah sistem aplikasi pelayanan kepegawaian Badan Kepegawaian Negara yang berfungsi untuk memudahkan PNS di seluruh instansi, agar dapat mengakses data kepegawaian, di antaranya Data Profil PNS, KPE Virtual, Notifikasi Layanan Kenaikan Pangkat dan Pensiun, E-Lapkin, Data KTP, BPJS Kesehatan, Taspen dan lainnya. Sehingga diharapkan data kepegawaian secara nasional akan lebih akurat.

Sistem Aplikasi Pelayanan Kepegawaian atau yang bisa kita sebut MySAPK yang beberapa bulan lalu telah di luncurkan oleh Badan Kepegawaian Negara (BKN) namun penggunaan dan sosialiasinya ditingkat daerah dan individu PNS belum maksimal. MySAPK BKN versi mobile ini sebenarnya adalah sebagai pengganti aplikasi PUPNS 2015 berbasis web yang pernah dilaksanakan tahun 2015 lalu.

Manfaat utama MySAPK bagi PNS adalah dalam rangka melengkapi data Kepegawaian, termasuk mengubah data, mengupdate dan memperbaharui data lama PNS. Dalam aplikasi MySAPK terdapat beberapa menu yakni profil PNS, Ubah data, My KPE (KPE Virtual), Pelacakan, dan personalisasi.

 

Cara Cetak Kartu ASN Virtual di MySAPK BKN Terbaru

 


Kartu ASN virtual merupakan format baru dari kartu sebelumnya, dengan penyegaran pada bagian foto dan dilengkapi dengan QR code sebagai validasi data ASN.

 

MySAPK BKN bisa diakses melalui situs web atau aplikasi untuk perangkat Android. Beberapa fitur yang tersedia di layanan ini adalah ubah data, KPE (Kartu Pegawai Elektronik), Otentifikasi SK, hingga Pelacakan

 

Terbaru, MySAPK BKN hadir dengan format kartu ASN virtual baru. Pembaruan ini hadir dengan penyegaran pada bagian foto dan dilengkapi QR code untuk validasi data ASN.

 

Akses untuk melakukan pembaruan foto pun bisa dilakukan dengan lebih dulu login ke situs MySAPK BKN atau melalui aplikasi di Android. Setelah itu, ASN tinggal mengunggah foto terbaru dan melakukan pencetakan.

 

Sahabat pembaca setia dapodik.co.id, sebelum melakukan update foto kartu ASN, ada beberapa hal yang harus diperhatikan yaitu sebagai berikut:

1.    Gunakan foto portrait dengan background transparan dan pose badan sedikit condong ke bagian kanan.

2.    Pastikan pencahayaan dan kualitas foto baik, gambar tidak blur.

3.    Gunakan resolusi 450x575 untuk foto yang diupload.

4.    Gunakan format PNG dengan ukuran file maksimum 2MB.

 

Setelah menyiapkan foto yang sesuai dengan persyaratan, berikut ini adalah cara untuk memperbaru foto, sekaligus mencetak kartu ASN virtual dengan format baru tersebut :

 

1.    Buka laman mysapk.bkn.go.id.

 


2.    Masukkan NIP dan password, lalu klik login.

 


3.    Begitu login, ada notifikasi di laman depan yang menunjukkan adanya pembaruan kartu virtual.

 


4.    Klik opsi kartu virtual, lalu pilih Update Foto.

 


5.    Upload foto yang sudah disesuaikan dengan persyaratan.

 


6.    Lakukan konfirmasi.

 


7.    Setelah selesai, kartu ASN virtual format baru akan muncul di laman depan.

 


8.    Di situ, Anda bisa memilih untuk menyimpan atau langsung mencetak kartu tersebut.

 


9.    Jika ingin mencetaknya, Anda bisa langsung mengklik opsi Print.

 

10. Kartu ASN virtual baru ini bisa dicetak dalam format landscape atau portrait

 

Demikian Artikel Terbaru Tentang, Cara Cetak Kartu ASN Virtual di MySAPK BKN Terbaru. Semoga Ada Manfaatnya Dan Silakan Bagikan Artikel Ini Ke Sosial Media Kalian Dengan Menekan Tombol Share Di Bawah.

 

Jika artikel ini kurang jelas dan mungkin masih ada pertanyaan, anda bisa tanyakan pada kolom komentar yang tersedia di akhir postingan ini. Untuk dapat mengikuti berita terbaru dan mendapatkan notifikasi silahkan follow akun www.dapodik.co.id ini. Karena akan menyajikan berita terbaru dan terpopuler di dunia pendidikan, terima kasih.