Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Download Permendikbudristek No 5 Tahun 2022 tentang SKL (Standar Kompetensi Lulusan) PAUD, Pendidikan Dasar, & Pendidikan Menengah

DAPODIK.co.id - Download Permendikbudristek No. 5 Tahun 2022 tentang SKL (Standar Kompetensi Lulusan)  PAUD, Pendidikan Dasar, & Pendidikan Menengah. Berdasarkan Peraturan Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Permendikbudristek) Nomor 5 Tahun 2022 tentang Standar Kompetensi Lulusan (SKL) pada Pendidikan Anak Usia Dini, Jenjang Pendidikan Dasar, dan Jenjang Pendidikan Menengah, yang dimaksud Standar Kompetensi Lulusan adalah kriteria minimal tentang kesatuan sikap, keterampilan, dan pengetahuan yang menunjukkan capaian kemampuan Peserta Didik dari hasil pembelajarannyapada akhir jenjang pendidikan.

 

Download Permendikbudristek No. 5 Tahun 2022 tentang SKL (Standar Kompetensi Lulusan)  PAUD, Pendidikan Dasar, & Pendidikan Menengah

 

Permendikbudristek No 5 Tahun 2022 tentang SKL (Standar Kompetensi Lulusan) PAUD, Pendidikan Dasar, & Pendidikan Menengah

Berdasarkan Permendikbudristek Nomor 5 Tahun 2022 tentang Standar Kompetensi Lulusan (SKL) PAUD, SD, SMP, SMA, SMK sederajat, dinyatakan bahwa Standar Kompetensi Lulusan dirumuskan berdasarkan:

1.    Tujuan pendidikan nasional;

2.    Tingkat perkembangan peserta didik;

3.    Kerangka kualifikasi nasional Indonesia; dan

4.    Jalur, jenjang, dan jenis pendidikan.

 

Standar Kompetensi Lulusan terdiri atas:

·         Standar Kompetensi Lulusan pada Pendidikan Anak Usia Dini;

·         Standar kompetensi Lulusan pada Jenjang Pendidikan Dasar;

·         Standar kompetensi Lulusan pada Jenjang Pendidikan Menengah.

 

Standar Kompetensi Lulusan termasuk untuk program pendidikan kesetaraan. Standar Kompetensi Lulusan digunakan sebagai acuan dalam pengembangan standar isi, standar proses, standar penilaian pendidikan, standar tenaga kependidikan, standar sarana prasarana, standar pengelolaan, dan standar pembiayaan.

 

Ditegaskan dalam Permendikbudristek Nomor 5 Tahun 2022 tentang SKL PAUD dan Dikdasmen, bahwa Standar Kompetensi Lulusan digunakan sebagai pedoman dalam penentuan kelulusan Peserta Didik dari satuan pendidikan. Penggunaan Standar Kompetensi Lulusan dikecualikan bagi peserta didik pada pendidikan anak usia dini. Dalam hal peserta didik berkebutuhan khusus dengan hambatan intelektual, penggunaan Standar Kompetensi Lulusan mempertimbangkan kondisi dan kebutuhan peserta didik. Kondisi dan kebutuhan peserta didik ditentukan melalui asesmen yang dilakukan oleh ahli sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan.

 

Permendikbudristek ini mencabut peraturan sebelumnya:

1.    Ketentuan mengenai Standar Tingkat Pencapaian Perkembangan Anak  dalam Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 137 Tahun  2014 tentang Standar Nasional Pendidikan Anak Usia Dini (Berita Negara  Republik Indonesia Tahun 2014 Nomor 1668);

2.    Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 20 Tahun 2016  tentang Standar Kompetensi Lulusan Pendidikan Dasar dan Menengah  (Berita Negara Republik Indonesia Tahun 2016 Nomor 953); dan

3.    Ketentuan mengenai Standar Kompetensi Lulusan dalam Peraturan Menteri  Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 34 Tahun 2018 tentang Standar  Nasional Pendidikan Sekolah Menengah Kejuruan/Madrasah Aliyah  Kejuruan (Berita Negara Republik Indonesia Tahun 2018 Nomor 1689).

 

Selenfkapnya, Paparan Serta Download Permendikbudristek No. 5 Tahun 2022 tentang SKL (Standar Kompetensi Lulusan)  PAUD, Pendidikan Dasar, & Pendidikan Menengah:


 

Link Download Permendikbudristek No. 5 Tahun 2022 tentang SKL (Standar Kompetensi Lulusan)  PAUD, Pendidikan Dasar, & Pendidikan Menengah, Klik Di Sini.

 

Demikian Artikel Terbaru Tentang Download Permendikbudristek No. 5 Tahun 2022 tentang SKL (Standar Kompetensi Lulusan)  PAUD, Pendidikan Dasar, & Pendidikan Menengah. Semoga Ada Manfaatnya Dan Silakan Bagikan Artikel Ini Ke Sosial Media Kalian Dengan Menekan Tombol Share Di Bawah.

 

Jika artikel ini kurang jelas dan mungkin masih ada pertanyaan, anda bisa tanyakan pada kolom komentar yang tersedia di akhir postingan ini. Untuk dapat mengikuti berita terbaru dan mendapatkan notifikasi silahkan follow akun www.dapodik.co.id ini. Karena akan menyajikan berita terbaru dan terpopuler di dunia pendidikan, terima kasih.