Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Lengkap, Pengertian Puisi, Ciri-Ciri, Jenis, Unsur Dan Puisi

DAPODIK.co.id - Lengkap, Pengertian Puisi, Ciri-Ciri, Jenis, Unsur Dan Puisi. Sahabat pembaca setia dapodik.co.id dimanapun anda berada, Pengertian Puisi, Ciri-Ciri, Jenis, Unsur dan Puisi - Puisi yaitu sebuah karya sastra berwujud goresan pena yang didalamnya terkandung irama, rima, ritma dan lirik dalam setiap baitnya.

 

Umumnya unsur diatas puisi juga memiki makna dan sanggup mengungkapkan perasaan dari sang penyair yang dikemas dalam bahasa imajinatif dan disusun memakai struktur bahasa yang padat penuh makna. Puisi merupakan karya seni berupa goresan pena yang memakai kualitas estetika (keindahan bahasa) sehingga berfokus pada bunyi, irama, dan penggunaan diksi.

Berdasarkan jenisnya puisi sanggup dibagi menjadi dua jenis yakni puisi gres dan pusi lama. Masing masing jenis puisi tersebut tentunya juga mempunyai ciri-ciri dan struktur yang berbeda pula antara puisi gres dan puisi lama. Pada artikel kali ini bahan mencar ilmu akan menawarkan bahan perihal pengertian puisi, ciri-ciri, struktur, jenis, unsur, dan referensi puisi baik puisi gres maupun puisi lama.

Lengkap, Pengertian Puisi, Ciri-Ciri, Jenis, Unsur Dan Puisi

 

Puisi, Ciri-Ciri, Jenis, Unsur Dan Puisi

Pada dasarnya, baik pengertian puisi, ciri ciri, jenis, unsur dan referensi puisi sanggup dengan gampang anda temukan didalam pembelajaran sekolah maupun di internet. Namun saya akan mencoba merangkum keseluruhan ateri perihal pusi tersebut menjadi satu.


Pengertian Puisi Menurut Para Ahli


Sumardi menyampaikan bahwa puisi merupakan karya sastra dengan bahasa yang dipersingkat, dipadatkan bahasanya dan diberi irama sesuai bunyi yang padu dengan pemilihan kata kiasan yang bersifat imajinatif. Berbeda dengan herman waluyo yang menyebut bahwa pengertian puisi merupakan karya sastra tertulis yang paling awal ditulis insan dalam sejarah.


Menurut Thomas Carlye "Pengertian puisi yaitu ungkapan pikiran yang disampaikn secara musikalisasi".

Berdasarkan pengertian puisi berdasarkan para andal di atas sanggup kita simpulkan bahwa pengertian puisi secara umum yaitu sebuah karya sastra yang mengandung unsur irama, ritma, diksi, llirik dan memakai kata kiasan dalam setiap baitnya untuk membuat estetika bahasa yang padu.

Unsur-Unsur Puisi


Pada umumnya unsur-unsur puisi sanggup dibagi berdasarkan strukturnya menjadi dua jenis yakni struktur fisik dan struktur batin.


Struktur Fisik Puisi


Tipografi:

Tipografi merupakan bentuk puisi yang dipenuhi dengan kata, tepi kiri kanan, dan tidak mempunyai pengaturan baris hingga pada baris puisi yang tidak selalu diawali karakter besar (kapital) dan diakhiri dengan tanda titik. Namun hal semacam ini sanggup memilih pemaknaan dari suatu puisi.


Diksi: Diksi yaitu pemilihat kata yang dipakai oleh sang penyair didalam puisinya. Karena puisi bersifat mempunyai bahasa yang padat maka pemilihan kata yang sesuai dan mengandung makna harus dilakukan. Pemiilihan kata dilakukan dengan mempertimbangkan irama, nada, dan estetika (keindahan bahasa).


Imaji: Imaji atau yang lebih kerap disebut denganimajinasi merupakan unsur yang melibatkan penggunaan indra manusia, ibarat imaji penglihatan, imaji bunyi dan lain sebagainya. Penggunaan imaji bertujuan semoga pembaca maupun pendengar sanggup berimajinasi atau membayangkan bahkan mencicipi apa yang dirasakan oleh penyair.


Kata Konkret: kata faktual yaitu kata yang memungkinkan terjadinya imaji, Kata faktual ibarat permata senja sanggup berati pantai atau kawasan yang sesuai untuk melihat datangnya senja. Kata faktual bersifat imajinatif sehingga memunculkan imaji.


Gaya Bahasa: Gaya bahasa merupakan penggunaan bahasa yang bersifat seolah olah menghidupkan  dan menimbulkan makna konotasi dengan memakai bahasa figuratif. Umumnya gaya bahasa yang dipakai pada puisi berbentuk majas ibarat majas metafora, simile, anafora, paradoks dan lain sebagainya.
Irama/Rima: Irama atau rima yaitu persamaan bunyi di awal, tengah maupun tamat puisi.


Struktur Batin Puisi


Tema: Tema merupakan unsur utama pada puisi sebab tema berkaitan dekat dengan makna yang dihasilkan dari suatu puisi. Tanpa tema yang terperinci tentunya akan menghasilkan puisi yang tidak terperinci maknanya.


Nada: Nada berkaitan dengan perilaku penyair terhadap pembacanya. Umumnya nada yang dipakai akan bervariasi ibarat nada sombong, nada tinggi, nada rendah dan lain sebagainya.


Amanat: Amanat merupakan pesan yang terkandung didalam sebuah puisi. Amanat sanggup ditemukan dengan memaknai puisi tersebut secara langsung.

Puisi Baru dan Puisi Lama


Puisi Baru

Puisi terbagi menjadi dua jenis, Pengertian Puisi Baru yaitu jenis puisi yang tidak lagi terikat oleh hukum yang mempunyai bentuk lebih bebas dari puisi usang dalam segala hal ibarat rima, baris, bait, diksi dan sebagainya.


Ciri-Ciri Puisi Baru

1.    Bersifat simetris atau mempunyai bentuk rapih.

2.    Memiliki sajak yang teratur.

3.    Lebih memakai sajak syair, atau pola pantun.

4.    Umumnya berbentuk empat seuntai.

5.    Terdiri dari kesatuan sintaksis (gatra).

6.    Disetiap gatara terdiri dari 4 hingga 5 suku kata.


Jenis-Jenis Puisi Baru


Puisi gres sendiri sanggup dikatogerikan menjadi 2 macam yakni berdasarkan isi dan berdasarkan bentuk:


Jenis-Jenis Puisi Baru Berdasarkan Isinya

1.    Balada: yaitu puisi yang berisi perihal sebuah dongeng atau kisah.

2.    Himne: yaitu puisi kebanggaan atau pujuaan yang ditujukan kepada Tuhan, Negara, atau sesuatu yang dianggap begitu penting dan sakral.

3.    Romansa: yaitu puisi yang mengungkapkan perasaan yang umunya menimbulkan pengaruh romantisme.

4.    Ode: yaitu puisi yang bersifat menawarkan sanjungan kepada orang yang sangat berjasa. Umumnya ode diberikan kepada orang tua, pahlawan, dan orang orang besar.

5.    Epigram yaitu puisi yang berisi tuntunan atau anutan hidup. Epigram berarti unsur pengajaran; didaktik; pesan yang tersirat membawa ke arah kebenaran untuk dijadikan pedoman, ikhtibar; ada teladan.

6.    Elegi: yaitu puisi yang mengungkapkan kesedihan atau tangisan berupa ratapan diri sendiri, atau menyesali suatu peristiwa.

7.    Satire: yaitu puisi yang didalamnya mengandung unsur sindiran atau kritikan terhadap seseorang atau sesuatu.

 

Jenis-Jenis Puisi Baru Berdasarkan Bentuknya

1.    Distikon: yaitu puisi dimana hanya terdapat dua baris saja pada setiap baitnya atau sering disebut puisi dua seuntai.

2.    Terzina: yaitu puisi yang mempunyai tiga baris dalam setiap baitnya atau disebut puisi tiga seuntai.

3.    Kuatrain: yaitu puisi dimana terdapat empat baris kalimat disetiap baitnya atau disebut dengan puisi empat seuntai.

4.    Kuint: yaitu puisi yang mempunyai lima baris kalimat dalam setiap baitnya atau di sebut puisi lima seuntai.

5.    Sektet: yaitu puisi yang mempunyai enam baris kalimat di setiap baitnya atau dsebut puisi enam seuntai.

6.    Septime: yaitu puisi yang mempunyai tujuh baris kalimat di setiap baitnya atau disebut dengan puisi tujuh seuntai.

7.    Oktaf: yaitu puisi yang mempunyai delapan baris kalimat di setiap baitnya atau disebut dengan puisi delapan seuntai.

8.    Soneta: Soneta merupakan puisi paling populer di kalangan penyair sebab terkesan susah untuk diciptakan dan merupakan sebuah tantangan bagi seorang penyair. Soneta sendiri erupakan jenis buisi gres yang mempunyai empat belas baris kalimat yang terbagi menjadi empat bait dimana dua bait pertama mengandung empat baris dan dua baris terakhir mengandung tiga baris.


Puisi Lama

Pengertian puisi usang yaitu jenis puisi yang masih terikat dekat dengan kaidah dan aturan-aturan penulisan yang berlaku seperti:

1.    Jumlah kata yang terdapat pada satu baris.

2.    Jumlah baris kalimat yang terdapat dalam satu bait.

3.    Sajak atau rima.

4.    Banyaknya suku kata.

5.    Penggunaan irama.


Ciri-Ciri Puisi Lama


Puisi usang mempunyai ciri-ciri sebagai berikut:

1.    Tidak diketahui siapakah nama pengarang dari puisi tersebut.

2.    Merupakan sastra lisan sebab disampaikan dan diajarkan dari lisan ke mulut.

3.    Sangat terikat dengan kaidah dan aturan-aturan yang masih berlaku ibarat gaya bahasa, diksi, rima, intonasi dan sebagainya.

 

Jenis-Jenis Puisi Lama

1.    Mantra: yaitu ucapan yang dianggap sakral dan mempunyai kekuatan gaib, umumnya antra dipakai dalam upacara tertentu ibarat mantra yang dipakai untuk menolak datangnya hujan dan sebaliknya.

2.    Pantun: yaitu jenis puisi usang yang masih bertahan hingga kini ini. puisi ini mempunyai sajak a-a-a-a atau a-b-a-b yang setiap baitnya terdiri dari empat atau delapan baris. Pantun sanggup bedakan berdasarkan temanya yakni: pantun jenaka, Pantun anak, Pantun kehidupan dan sebagainya. 

3.    Talibun: yaitu pantun yang mempunyai jumlah baris yang selalu genap dalam setiap baitnya. biasanya terdiri dari enam, delapan, sepuluh baris maupun kelipatan dua lainnya.

4.    Syair: yaitu puisi atau karya sastra dari arab yang mempunyai sajak a-a-a-a. Biasanya syair menceritakan sebuah kisah dan didalamnya akan terkadung amanat.

5.    Karmina: yaitu pantun yang sangat pendek atau biasa disebut dengan pantun kilat.

6.    Gurindam: yaitu puisi yang hanya terdapat dua baris kalimat saja dalam setiap baitnya, mempunyai sajak a-a-a-a dan mempunyai nasehat atau amanat.

 

Kumpulan Puisi - Puisi:

 

BISIKAN UNTUK BAPAK  (Ambil Disini)

 

ENGKAU YANG TERBAIK  (Ambil Disini)

 

PEMIMPIN YANG LUAR BIASA  (Ambil Disini)

 

MENUTUP KEBERSAMAAN  (Ambil Disini)

 

SALAM PERPISAHAN  (Ambil Disini)

 

KEPALA SEKOLAH IDOLAKU  (Ambil Disini)

 

BENCI DAN CINTA  (Ambil Disini)

 

SERUMPUN MAWAR  (Ambil Disini)

 

Demikian Artikel Terbaru Terkait Pengertian Puisi, Ciri-Ciri, Jenis, Unsur Dan Puisi. Semoga ada manfaatnya. Terima kasih

 

Jika artikel ini kurang jelas dan mungkin masih ada pertanyaan, anda bisa tanyakan pada kolom komentar yang tersedia di akhir postingan ini. Untuk dapat mengikuti berita terbaru dan mendapatkan notifikasi silahkan follow akun www.dapodik.co.id ini. Karena akan menyajikan berita terbaru dan terpopuler di dunia pendidikan.


Posting Komentar untuk "Lengkap, Pengertian Puisi, Ciri-Ciri, Jenis, Unsur Dan Puisi"