Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Fungsi dan Tujuan Pengukuran, Evaluasi, Assesment dan Tes

DAPODIK.co.id - Fungsi dan Tujuan Pengukuran, Evaluasi, Assesment dan Tes. Berbicara tentang evaluasi pembelajaran tentu tak bisa dilepaskan dengan persoalan tes, pengukuran, dan asesmen. Hal ini disebabkan keempat konsep tersebut memiliki makna yang berbeda-beda, tetapi saling mengait. Mengapa keempat istilah tersebut perlu dipahami terlebih dahulu? Hal ini tidak bisa dilepaskan dari urgensi makna keempat istilah tersebut tatkala melakukan kajian lebih lanjut terhadap bidang evaluasi pembelajaran. 


Oleh karena itu, jika seseorang sejak awal sudah salah dalam memaknai keempat istilah tersebut ada kemungkinan mereka akan mengalami kesesatan dalam mengkaji aspek-aspek lainnya dalam bidang evaluasi pembelajaran.

 

Pengertian Fungsi dan Tujuan Pengukuran, Evaluasi, Assesment dan Tes

Fungsi dan Tujuan Pengukuran, Evaluasi, Assesment dan Tes

 

1.   Fungsi dan Tujuan Pengukuran

  • Pengukuran berfungsi untuk mendapatkan hasil perbandingan atau nilai yang diperoleh ketika pengukuran tersebut  selesai dilakukan.
  • Pengukuran bertujuan untuk memandingkan sesuatu dengan satu ukuran yang serupa.

 

2.   Fungsi dan Tujuan Evaluasi

  • Fungsi evaluasi terbagi menjadi dua, yaitu fungsi untuk pendidik dan fungsi untuk peserta didik. Fungsi evaluasi untuk pendidik/guru yaitu evaluasi dilakukan sebagai acuan atau patokan guru untuk mengambil keputusan, apakah suatu materi akan dilanjutkan atau diulang kembali. Sedangkan fungsi evaluasi untuk peserta didik yaitu agar peserta didik mengetahui sejauh mana dia mampu dan mengerti suatu materi atau konsep yang telah diajarkan.
  • Evaluasi bertujuan untuk mengetahui apakah peserta didik berhasil mencapai tujuan belajar, memahami suatu konsep dengan menjawab beberapa soal, mampu mengaplikasikan konsep-konsep, dan mampu memecahkan sebuah masalah-masalah yang ada.

 

3.   Fungsi dan Tujuan Assesment

  • Assesment atau penilain berfungsi untuk mengetahui apakah peserta didik mampu atau tidak dalam pembahasan materi. 
  • Assesment atau penilaian bertujuan untuk menetapkan hasil akhir guna mengetahui apakah peserta didik tersebut sudah mencapai tujuan belajar yang telah ditetapkan sebelumnya.

 

4.   Fungsi dan Tujuan Tes

  • Tes berfungsi sebagai alat perantara untuk mengetahui sejauh mana siswa mampu memecahkan masalah dan memahami beberapa konsep yang ada.
  • Tes bertujuan sebagai proses akhir untuk setiap peserta didik terhadap beberapa materi atau konsep dan menghasilkan nilai yang sesuai dengan kemampuan peserta didik tersebut.

 

Demikian Artikel Terbaru Terkait Fungsi dan Tujuan Pengukuran, Evaluasi, Assesment dan Tes. Semoga Artikel Ini Bisa Bermanfaat, Sekian Dan Terima Kasih.

 

Jika artikel ini kurang jelas dan mungkin masih ada pertanyaan, anda bisa tanyakan pada kolom komentar yang tersedia di akhir postingan ini. Untuk dapat mengikuti berita terbaru dan mendapatkan notifikasi silahkan follow akun www.dapodik.co.id ini. Karena akan menyajikan berita terbaru dan terpopuler di dunia pendidikan.