Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Gampang Menghitung Jumlah Kata Pada Artikel Blog

DAPODIK.co.id - Cara Gampang Menghitung Jumlah Kata Pada Artikel Blog. Sahabat bloger dimanapun anda berada, ketahuilah bahwa artikel adalah salah satu bagian yang sangat penting bagi suatu blog agar tetap berdiri. Jika di blog tidak ada artikel atau postingan, maka blog tersebut tidak akan berguna bagi diri sendiri dan orang lain.

 

Salah satu bagian penting dari sebuah artikel adalah kata. Google menyarankan kepada kita seorang bloger agar membuat artikel atau postingan yang berisi dari 500 - 1000 kata. Tentu hal tersebut sangat sulit dilakukan oleh blogger pemula seperti kita.

 

Biasanya blogger pemula seperti kita rata-rata akan menulis 200 - 300 kata dalam sebuah artikel.


Cara Gampang Menghitung Jumlah Kata Pada Artikel Blog


Cara Gampang Jumlah Kata Pada Artikel Blog


Lalu bagaimana cara menghitung jumlah kata di postingan atau artikel di blog ?

Sebenarnya ada banyak cara. Ada yang mengunakan software atau aplikasi tambahan dan ada juga yang tidak memakai software tambahan. Pada kesempatan kali ini, admin dapodik.co.id akan membahas tentang cara menghitung jumlah kata di dalam artikel blog dengan tidak menggunakan software tambahan. Hanya dengan menggunakan Microsoft office kita yang sudah bisa menghitung berapa banyak kata di dalam artikel atau postingan yang kita buat.

Mengapa memilih Microsoft office?

Alasan mengapa admin dapodik.co.id memilih menggunakan Microsoft office word adalah karena caranya sangat mudah untuk menggunakannya, caranya simple, tidak harus mendownload software baru atau tambahan. Sebenarnya kita juga bisa menggunakan software tambahan. Contohnya software Word Counter. Word counter adalah software yang berfungsi menghitung jumlah kata. Tetapi menurut admin dapodik.co.id, lebih baik menggunakan microsoft office saja.

Baiklah sudah cukup pembahasannya ya. Sekarang kita langsung saja melihat cara menghitung jumlah kata di postingan atau artikel blog dengan hanya menggunakan  Microsoft office word.

1. Buka satu artikel atau postingan di blog kalian. Lalu copy semua katanya.


2. Jika sudah dicopy, buka microsoft office word, lalu pastekan kata yang sudah di copy tadi.


3. Jika sudah dipaste, blok semua tulisannya. Lalu klik menu Review lalu klik logo ABC 123. Jika sudah di klik maka akan muncul tabel kecil word count yang berisi tentang jumlah kata.

 

Cara Menghitung Jumlah Kata Pada Artikel Blog

Cara Menghitung Jumlah Kata Pada Artikel Blog

Cara Menghitung Jumlah Kata Pada Artikel Blog

Keterangan :

Pages : Jumlah halamannya
Words : Jumlah Kata
Characters (No Spaces) : Jumlah semua kata dan karakter jika tidak ada spasinya
Characters (With Spaces) : Jumlah semua kata dan karakter yang ada spasinya
Paragraphs : Jumlah Paragraf 
Lines : Jumlah baris yang ada di setiap paragraf.

Bagaimana sangat mudah bukan caranya? cara diatas adalah cara yang sangat simple dan admin dapodik.co.id yakin sahabat dapodik.co.id akan paham dengan penjelasan diatas. Jumlah kata sangat penting untuk blog. Apalagi blog yang dibuat khusus untuk mengikuti Google Adsense. Salah satu peraturan google adsense adalah disetiap arikel kita harus menulis minimal 500 kata. Tentu saja itu bukan hal yang mudah untuk dilakukan. Baiklah sekian dari admin dapodik.co.id, semoga artiekel tentang Cara Menghitung Jumlah Kata Di Artikel Blog ini bisa membantu dan menambah wawasan sahabat dapodik.co.id semuanya.

 

Demikian Artikel Terbaru Tentang Cara Gampang Menghitung Jumlah Kata Pada Artikel Blog. Semoga ada manfaatnya, terima kasih.

 

Jika artikel ini kurang jelas dan mungkin masih ada pertanyaan, anda bisa tanyakan pada kolom komentar yang tersedia di akhir postingan ini. Untuk dapat mengikuti berita terbaru dan mendapatkan notifikasi silahkan follow akun www.dapodik.co.id ini. Karena akan menyajikan berita terbaru dan terpopuler di dunia pendidikan.