Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

7 Tips Mengerjakan ANBK - Asesmen Nasional Berbasis Komputer Yang Benar

DAPODIK.co.id - 7 Tips Mengerjakan ANBK - Asesmen Nasional Berbasis Komputer Yang Benar. Asesmen Nasional adalah program penilaian terhadap mutu setiap sekolah, madrasah, dan program kesetaraan pada jenjang dasar dan menengah. Mutu satuan pendidikan dinilai berdasarkan hasil belajar murid yang mendasar (literasi, numerasi, dan karakter) serta kualitas proses belajar-mengajar dan iklim satuan pendidikan yang mendukung pembelajaran. Informasi-informasi tersebut diperoleh dari tiga instrumen utama, yaitu Asesmen Kompetensi Minimum (AKM), Survei Karakter, dan Survei Lingkungan Belajar.

 

Asesmen Nasional perlu dilakukan untuk meningkatkan mutu pendidikan. Asesmen ini dirancang untuk menghasilkan informasi akurat untuk memperbaiki kualitas belajar-mengajar, yang pada gilirannya akan meningkatkan hasil belajar murid. Asesmen Nasional menghasilkan informasi untuk memantau (a) perkembangan mutu dari waktu ke waktu, dan (b) kesenjangan antar bagian di dalam sistem pendidikan (misalnya kesenjangan antar kelompok sosial ekonomi dalam satuan pendidikan, kesenjangan antara satuan Pendidikan negeri dan swasta di suatu wilayah, kesenjangan antardaerah, atau pun kesenjangan antar kelompok berdasarkan atribut tertentu).

 

Asesmen Nasional bertujuan untuk menunjukkan apa yang seharusnya menjadi tujuan utama satuan pendidikan, yakni pengembangan kompetensi dan karakter murid. Asesmen Nasional juga memberi gambaran tentang karakteristik esensial sebuah satuan pendidikan yang efektif untuk mencapai tujuan utama tersebut. Hal ini diharapkan dapat mendorong satuan pendidikan dan Dinas Pendidikan untuk memfokuskan sumber daya pada perbaikan mutu pembelajaran.

 

7 Tips Mengerjakan ANBK - Asesmen Nasional Berbasis Komputer Yang Benar

 

7 Tips Mengerjakan ANBK

Berikut Ini Simak Selngkanya 7 Tips Mengerjakan ANBK - Asesmen Nasional Berbasis Komputer Yang Benar:

 

1.    Ikuti pengarahan teknis yang  diberikan oleh guru ataupun pihak sekolah perihal pelaksanaan ANBK.

 

2.    Ikutilah simulasi pengerjaan ANBK dengan memakai komputer sebelum pelaksaan ANBK sebenarnya, semoga Anda terbiasa dengan tombol dan aneka macam operasi yang ada di sistem soal ANBK.

 

3.    Baca dan ikuti segala petunjuk pengerjaan yang tertera dilayar komputer dengan baik, semoga Anda tidak melaksanakan kesalahan yang fatal.

 

4.    Soal ANBKadalah soal yang bertujuan untuk mengukur kemampuan literasi dan numerasi siswa. Pada umumnya, ANBK termasuk jenis soal HOTS-Higher Order Thinking Skills  (Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi). Oleh karena itu, soal ANBK disertai dengan stimulus yang menjadi penghantar soal ANBK tersebut. Stimulus soal ANBK bisa berupa teks fiksi (cerpen, puisi, pantun), berita atau informasi, deskripsi kasus, gambar, grafik, tabel, dsb. 

 

5.    Jangan melirik kanan dan kari sehingga anda tidak akan terpengaruh dengan teman yang lain, lantaran dalam ANBK diberikan waktu batasan untuk mengerjakannya.

 

6.    Dalam mengerjakan soal ANBK dibutuhkan konsentrasi dan ketelitian, tanpa konsentrasi dan ketelitian soal yang dikerjakan terasa berat dan mengakibatkan kesalahan dalam menjawab soal. Hindari sikap tergesa-gesa. Mengerjakan soal dengan teliti dimulai dari membaca stimulus dengan saksama, mengerjakan soal yang kamu mampu terlebih dulu dan jangan lupa untuk mengeceknya kembali sebelum mengakhiri tes. 

 

7.    Jika komputer Anda mengalami masalah, tekan F5. Lalu lapor pada pengawas ruangan semoga Anda mandapat token baru. Jangan panik lantaran hasil kerja yang telah di selesaikan tidak akan hilang.

 

Itulah beberapa tips yang bisa Anda lakukan dalam menghadapi ANBK. Selain tips tersebut di atas janganlah lupa untuk berdoa terlebih dahulu sebelum melaksanakan ANBK agar Anda lebih tenang.

 

Demikian 7 Tips Mengerjakan ANBK - Asesmen Nasional Berbasis Komputer Yang Benar. Silahkan bagi bapak/ibu guru yang tidak sengaja mendapatkan artikel ini untuk di infokan kepada peserta didik anda. Semoga ada manfaatnya. Terima kasih

 

Jika artikel ini kurang jelas dan mungkin masih ada pertanyaan, anda bisa tanyakan pada kolom komentar yang tersedia di akhir postingan ini. Untuk dapat mengikuti berita terbaru dan mendapatkan notifikasi silahkan follow akun www.dapodik.co.id ini. Karena akan menyajikan berita terbaru dan terpopuler di dunia pendidikan.