Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

BUKU PANDUAN KANTIN/JAJANAN SEHAT DI SEKOLAH DASAR

DAPODIK.co.id - BUKU PANDUAN KANTIN/JAJANAN SEHAT DI SEKOLAH DASAR. Anak usia sekolah membutuhkan gizi yang optimal untuk pertumbuhan dan perkembangan baik fisik dan mentalnya. Namun demikian, anak usia sekolah di Indonesia masih menghadapi masalah gizi kurang. Satu diantara 4 anak usia sekolah menderita anemia yang dapat mengganggu efektifitas kegiatan belajar serta pertumbuhan mereka.

 

Terlebih lagi pada usia tersebut mereka membutuhkan energi untuk memenuhi aktivitas, dimana pagi hari mereka sudah berangkat ke sekolah, kegiatan belajar termasuk di sekolah maupun BDR, lanjut lagi dengan kegiatan ekstrakurikuler, bermain, sore hari mereka mengerjakan tugas dari sekolah di rumah, serta mungkin membantu orang tua.

 

Anak usia sekolah memerlukan asupan yang kaya gizi, sehat dan aman untuk mendukung pertumbuhan yang optimal. Karena itu bekal yang disiapkan keluarga dari rumah, makanan yang tersedia di sekolah baik dari kantin maupun jajanan sekitar sekolah harus memenuhi kaidah gizi seimbang serta bebas dari bahaya keamanan pangan. Kantin dan jajanan sekolah tidak hanya mempunyai peranan menyediakan makanan sehat, aman dan bergizi, tetapi juga merupakan media pembelajaran dan pembentukan perilaku sehat dan bergizi bagi siswa.

 

BUKU PANDUAN KANTIN/JAJANAN SEHAT DI SEKOLAH DASAR

 

KANTIN/JAJANAN SEHAT DI SEKOLAH DASAR

Pola Makan Sehat dan Bergizi Seimbang

 

Kenapa harus menerapkan pola makan sehat dan gizi seimbang?

Karena makanan yang sehat dan bergizi dapat mendukung pertumbuhan dan perkembangan peserta didik sehingga dapat menjadi generasi yang sehat, cerdas, berprestasi dan berkarakter.
Dalam upaya memenuhi kebutuhan gizi sehari-hari, kita perlu mengkonsumsi makanan yang beragam. Mengapa harus beragam?
Karena setiap jenis sumber makanan memiliki kandungan gizi yang berbeda. Tidak ada satu pun jenis makanan yang mengandung seluruh zat gizi secara lengkap atau sempurna.


Semakin beragam makanan yang dikonsumsi, semakin beragam nilai gizi yang didapatkan. Informasi lebih rinci tentang zat gizi, jenis makanan bergizi serta manfaatnya dapat dilihat di alamat http://www. seameo-recfon.org/books/

 

Bagaimanakah makanan harian yang sehat dan bergizi seimbang?

 

Makanan yang memiliki porsi sesuai dengan kebutuhan harian tubuh. Adapun porsi makanan yang sebaiknya kita konsumsi dalam sehari adalah sebagai berikut:

 

Dalam kehidupan sehari-hari, menghitung berapa zat gizi yang harus masuk ke dalam tubuh dalam sekali makan tentu suatu hal tidak mudah. Berdasarkan pedoman dari Kementerian Kesehatan tentang “Isi Piringku” menggambarkan jumlah takaran makanan per sekali makan yang dianjurkan untuk menjaga kesehatan kita.

 

Penggunaan gambar Isi Piringku dapat mempermudah pemahaman tentang takaran makanan dengan lebih baik ketimbang penggunaan kata ‘porsi’. Dari visualisasi gambar A.4 tersebut dapat dilihat bahwa dalam sekali makan kita dianjurkan untuk meletakkan di piring makan kita sejumlah 1/3 bagian untuk makanan pokok, 1/3 untuk sayuran, dan sisa 1/3 lainnya dibagi 2 dimana separuh untuk lauk-pauk dan separuhnya lagi untuk buah. Selain itu, terdapat pula anjuran untuk minum air putih, mencuci tangan dengan sabun dan air yang mengalir serta melakukan aktivitas fisik.

 

Buku panduan ini memuat petunjuk bagi guru dan masyarakat sekolah lainnya tentang pedoman gizi seimbang, makanan dengan kandungan gizi seimbang sesuai anjuran Isi Piringku dan komponen suatu Kantin Sehat Sekolah. Protokol kesehatan pandemi Covid - 19 juga disampaikan agar mencegah penyebaran penyakit serta mendorong terbentuknya perilaku yang sesuai pada masa kebiasaan baru. Setelah mempelajari buku saku ini, diharapkan guru dan masyarakat sekolah mempunyai pengetahuan dalam membimbing siswa di sekolah secara praktis demi tercapainya siswa yang berkarakter, bergizi dan berprestasi.

 

Paparan Serta Download BUKU PANDUAN KANTIN/JAJANAN SEHAT DI SEKOLAH DASAR :


 

DOWNLOAD BUKU PANDUAN KANTIN/JAJANAN SEHAT DI SEKOLAH DASAR Disini.

 

Demikian Artikel Terbaru Terkait BUKU PANDUAN KANTIN/JAJANAN SEHAT DI SEKOLAH DASAR. Semoga Artikel Ini Bisa Bermanfaat, Sekian Dan Terima Kasih.

 

Jika artikel ini kurang jelas dan mungkin masih ada pertanyaan, anda bisa tanyakan pada kolom komentar yang tersedia di akhir postingan ini. Untuk dapat mengikuti berita terbaru dan mendapatkan notifikasi silahkan follow akun www.dapodik.co.id ini. Karena akan menyajikan berita terbaru dan terpopuler di dunia pendidikan.