Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Tahapan-Tahapan Pendaftaran Kartu Prakerja

DAPODIK.CO.ID – Tahapan-Tahapan Pendaftaran Kartu Prakerja. Program Kartu Prakerja adalah program pengembangan kompetensi kerja dan kewirausahaan yang ditujukan untuk pencari kerja, pekerja/buruh yang terkena pemutusan hubungan kerja, dan/atau pekerja/ buruh yang membutuhkan peningkatan kompetensi, termasuk pelaku usaha mikro dan kecil. Kami percaya bahwa masyarakat Indonesia sesungguhnya ingin selalu meningkatkan kemampuannya.

 

Kartu Prakerja tidak hanya untuk mereka yang sedang mencari pekerjaan, namun juga untuk pekerja/buruh yang terkena PHK dan pekerja/buruh yang membutuhkan peningkatan kompetensi kerja, seperti pekerja/buruh yang dirumahkan dan pekerja bukan penerima upah, termasuk pelaku usaha mikro dan kecil. Singkatnya, semua warga negara Indonesia yang berusia 18 tahun ke atas dan tidak sedang mengikuti pendidikan formal boleh mendaftar.

 

Untuk merespon dampak dari pandemi COVID-19, Program Kartu Prakerja untuk sementara waktu akan diprioritaskan bagi pekerja/buruh yang dirumahkan maupun pelaku usaha mikro dan kecil yang terdampak penghidupannya.

 


Tahapan-Tahapan Pendaftaran Kartu Prakerja

 

Setelah berhasil daftar akun dan login ke akun kamu, kamu akan masuk ke dashboard akun.

 

Pada bagian verifikasi KTP, isi NIK, nomor KK dan tanggal lahir kamu, lalu klik Berikutnya:



Lengkapi data diri kamu dan unggah foto KTP kamu




Lakukan verifikasi nomor handphone



Klik Kirim

 


Masukkan kode OTP yang telah dikirimkan via SMS ke No HP kamu. Klik Verifikasi.

 

Selanjutnya, isi Pernyataan Pendaftar

 


Isi sampai selesai, jika sudah selesai klik Oke.

 


Berikutnya, kamu wajib melakukan Tes Motivasi & Kemampuan Dasar

 


Klik Mulai Tes Sekarang

 


Setelah mengisi tes, hasil tes akan dievaluasi.

 

Pendaftaran kamu sedikit lagi selesai dan kamu tinggal ikut seleksi Gelombang. Pilih Gelombang yang kamu inginkan disesuaikan dengan domisili kamu, lalu klik Gabung



 

Selanjutnya akan muncul konfirmasi pilihan Gelombang kamu. Bila sudah sesuai, klik Ya, Gabung



Setelah mengisi Gelombang, akan muncul Persetujuan Kartu Prakerja yang berisi beberapa pernyataan. Kamu harus klik Saya menyetujui untuk dapat lanjut ke tahap berikutnya.

 

 

Tahap pendaftaran kamu selesai!

Selanjutnya kamu akan menerima notifikasi apakah kamu lolos melalui SMS setelah penutupan Gelombang. Jika kamu belum lolos, kamu bisa ikut Gelombang berikutnya yang dapat dipilih kembali di dashboard akun kamu.

 

Bagaimana cara saya mengecek status pendaftaran?

 

Pada tanggal pengumuman seleksi Gelombang, login ke akun kamu, lalu cek di dashboard kamu. Jika lolos seleksi Gelombang, kamu juga akan menerima notifikasi kelolosan melalui SMS. Kamu juga dapat melihat nomor Kartu Prakerja dan status saldo pada dashboard akun kamu.

 


Jika kamu tidak lolos, akan ada notifikasi “Tidak Lolos” pada dashboard akun kamu.

 


Demikian Informasi Terbaru Terkait Tahapan-Tahapan Pendaftaran Kartu Prakerja. Semoga Ada Manfaatnya Dan Silakan Bagikan Artikel Ini Ke Sosial Media Kalian Dengan Menekan Tombol Share Di Bawah.

 

Jika artikel ini kurang jelas dan mungkin masih ada pertanyaan, anda bisa tanyakan pada kolom komentar yang tersedia di akhir postingan ini. Untuk dapat mengikuti berita terbaru dan mendapatkan notifikasi silahkan follow akun www.dapodik.co.id ini. Karena akan menyajikan berita terbaru dan terpopuler di dunia pendidikan, terima kasih.