Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Keunggulan Penerima KIP Kuliah Serta Jangka Waktu Pemberian KIP Kuliah Bagi Lulusan SMA, SMK atau Sederajat

DAPODIK.CO.ID - Keunggulan Penerima KIP Kuliah Serta Jangka Waktu Pemberian KIP Kuliah Bagi Lulusan SMA, SMK atau Sederajat. Melalui Program Indonesia Pintar, Pemerintah Indonesia mengeluarkan Kartu Indonesia Pintar Kuliah (KIP Kuliah) sejak tahun sebelumnya sebagai salah satu bentuk bantuan pendidikan yang diberikan kepada lulusan SMA, SMK atau sederajat dari keluarga kurang mampu agar dapat melanjutkan pendidikan ke jenjang perguruan tinggi atau akademi.

 

Indonesia Pintar Kuliah atau KIP Kuliahsebagai bukti kehadiran negara untuk membantu warganya memperoleh hak pendidikan tinggi. KIP Kuliah akan menjamin keberlangsungan kuliah dengan memberikan pembebasan biaya kuliah di perguruan tinggi dan bantuan biaya hidup bulanan bagi mahasiswa yang memenuhi persyaratan ekonomi dan akademik.

 

KIP Kuliah harus dapat dimanfaatkan oleh lulusan SMA, SMK atau sederajat di seluruh Indonesia, untuk dapat menempuh pendidikan tinggi agar dapat berkontribusi bagi  pembangunan bangsa sekaligus meningkatkan taraf ekonomi keluarga masing-masing.

Pembebasan biaya pendaftaran seleksi masuk perguruan tinggi (Ujian Tulis Berbasis Komputer UTBK) serta seleksi lain yang diusulkan oleh masing-masing panitia dan perguruan tinggi bagi siswa yang terdaftar di Data Terpadu Kesejahteraan sosial (DTKS) Kementerian Sosial (Kemensos);



Keunggulan Penerima KIP Kuliah Serta Jangka Waktu Pemberian KIP Kuliah Bagi Lulusan SMA, SMK atau Sederajat


KEUNGGULAN PENERIMA KIP KULIAH

 

Pembebasan biaya kuliah/pendidikanyang dibayarkan langsung ke perguruan tinggi;

 

Bantuan biaya hidup, mulai tahun akademik 2021/2022 biaya hidup ditetapkan oleh Puslapdik berdasarkan perhitungan besaran indeks harga lokal dari masingmasing wilayah Perguruan Tinggi.

 

JANGKA WAKTU PEMBERIAN KIP KULIAH

 

Program Regular:

·         Sarjanamaksimal 8 (delapan) semester

·         Diploma Empatmaksimal 8 (delapan) semester

·         Diploma Tigamaksimal 6 (enam) semester

·         Diploma Duamaksimal 4 (empat) semester

 

Program Profesi:

·         Doktermaksimal 4 (empat) semester

·         Dokter Gigimaksimal 4 (empat) semester

·         Dokter Hewanmaksimal 4 (empat) semester

·         Nersmaksimal 2 (dua) semester

·         Apotekermaksimal 2 (dua) semester

·         Gurumaksimal 2 (dua) semester.


Demikian Artikel Terbaru Terkait Keunggulan Penerima KIP Kuliah Serta Jangka Waktu Pemberian KIP Kuliah Bagi Lulusan SMA, SMK atau Sederajat. Semoga Ada Manfaatnya Dan Silakan Bagikan Artikel Ini Ke Sosial Media Kalian Dengan Menekan Tombol Share Di Bawah.

 

Jika artikel ini kurang jelas dan mungkin masih ada pertanyaan, anda bisa tanyakan pada kolom komentar yang tersedia di akhir postingan ini. Untuk dapat mengikuti berita terbaru dan mendapatkan notifikasi silahkan follow akun www.dapodik.co.id ini. Karena akan menyajikan berita terbaru dan terpopuler di dunia pendidikan, terima kasih.