Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

6 Ciri-Ciri Guru Kreatif

DAPODIK.CO.ID – 6 Ciri-Ciri Guru Kreatif. Kreatif adalah suatu kemampuan yang di miliki seseorang (atau kelompok orang) yang memungkinkan mereka menemukan pendekatan-pendekatan atau terobosan baru dalam menghadapi situasi atau masalah tertentu yang biasanya tercermin dalam pemecahan masalah dengan cara yang baru atau unik yang berbeda dan lebih baik dari sebelumnya. Jadi guru kreatif adalah guru yang mampu menciptakan sesuatu yang unik dan beda untuk kemajuan diri dan peserta didik-Nya.

 

Guru kreatif sangat di perlukan untuk mengantarkan peserta didik menjadi pribadi yang lebih baik. Kalau kita mau melihat kenyataan, saat ini siswa-siswa yang ada di sekolah sudah mulai jenuh dengan cara mengajar guru yang konvensional, mereka membutuhkan guru yang lebih energik dan kreatif yang mampu membuat suasana kelas lebih menyenangkan.

 

Suatu kenyataan juga bahwa saat ini masih banyak guru-guru yang belum mampu menggunakan peralatan teknologi dengan baik, seperti penggunaan komputer, leptop, mapun pemanfaatan internet, bahkan ada juga yang tidak bisa mengirim email. Tentunya hal ini tidak bisa kita biarkan, kenapa? Karena di luar sana para peserta didik sudah lebih pandai menggunakan teknologi, bahkan ada yang sudah bisa membuat sebuah karya yang menakjubkan. Kalau peserta didik kita sudah bisa seperti itu apakah kita sebagai guru, akan tetap begini-begini saja.

 

Tentu masih banyak hal yang menjadi alasan kenapa guru harus kreatif, tapi satu yang perlu kita ingat bahwa guru kreatif akan lebih mampu membawa peserta didik lebih maju ketimbang guru yang biasa-biasa saja.

 


6 Ciri-Ciri Guru Kreatif

 

Untuk mengetahui kreatif dan tidaknya seorang guru. Di bawah ini akan di jelaskan 6 ciri-ciri guru kreatif:

 

1.   Mampu Menciptakan Ide Baru

Kreatif identik dengan sebuah penemuan ide baru, jadi guru kreatif adalah guru yang bisa menemukan sebuah ide baru yang bermanfaat. Ide bisa muncul dengan sendirinya atau pun melalui perencanaan. Namun para guru perlu mengetahui untuk bisa menciptakan ide, para guru harus banyak belajar. Kalau hanya statis yang penting ngajar, saya rasa akan sulit buat guru untuk bisa menciptakan ide-ide yang segar.

 

2.   Tampil Beda

Guru yang kreatif akan kelihatan tampil beda, di bandingkan dengan guru-guru yang lain. Mereka cenderung punya ciri khas tersendiri karena memang merek penuh dengan sesuatu yang baru, yang terkadang tidak pernah di pikirkan oleh guru-guru yang lain. Biasanya juga mereka lebih di sukai para siswa.

 

3.   Fleksibel

Guru yang kreatif adalah fleksibel , tidak kaku tapi tetap punya prinsip. Mereka memiliki kemampuan memahami para siswa dengan lebih baik, memahami karakter siswa, memahami gaya belajar siswa dan tentunya memahami apa yang diharapkan oleh siswa. Tapi mereka tidak lembek, mereka tetap tegas dalammengambil keputusan dan menjalankannya.

 

4.   Mudah Bergaul

Guru yang kreatif adalah guru yang mudah bergaul dengan para siswa. hal ini harus ditunjukkan dengan sikap profesional guru saat berada di kelas dan pada saat di rumah atau di luar kelas. Guru tidak boleh terlalu jaga gengsi, karena hal ini akan membuat siswa enggan mendekati kita. Bersikaplah biasa-biasa saja, tidak terlalu jaga gengsi dan tidak terlalu bebas. Sebisa mungkin tempatkanlah siswa di hati kita sebagai teman dan sahabat dengan begitu, siswa akan merasa bahwa kita itu lebih bersahabat.

 

5.   Menyenangkan

Siapapun orang pasti suka dengan orang yang menyenangkan, termasuk siswa pasif akan lebih suka dengan guru yang menyenangkan dari pada guru yang menyeramkan. Ciri ini selalu di tunjukkan dengan sikap dan selara humor yang di miliki oleh seorang guru. Guru kreatif adalah guru yang menyenangkan dan memiliki selera humor yang baik. Biasanya juga mereka menggunakan humornya secara proposi tidak berlebihan dan tidak kurang. Pembelajaran yang terlalu tegang juga tidak akan menyenangkan, tapi terlalu banyak humornya juga tidak akan efektif.

 

6.   Suka Melakukan Eksperimen

Guru kreatif pasti suka melakukan eksperimen atau uji coba. Entah itu uji coba metode pembelajaran atau uji coba hal yang lain. Intinya uji coba inidilakukan untuk meningkatkan kemampuannya menjadi seorang guru. Dia tidak akan pernah jenuh untuk mencoba sesuatu yang baru, yang belum pernah di lakukan, kalau berhasil akan di teruskan kalau tidak akan di evaluasi, dan di jadikan bahan pembelajaran untuk mencapai sesuatu yang lebih baik.

 

Demikian Artikel terbaru Terkait 6 Ciri-Ciri Guru Kreatif. Semoga Ada Manfaatnya Dan Silakan Bagikan Artikel Ini Ke Sosial Media Kalian Dengan Menekan Tombol Share Di Bawah.

 

Jika artikel ini kurang jelas dan mungkin masih ada pertanyaan, anda bisa tanyakan pada kolom komentar yang tersedia di akhir postingan ini. Untuk dapat mengikuti berita terbaru dan mendapatkan notifikasi silahkan follow akun www.dapodik.co.id ini. Karena akan menyajikan berita terbaru dan terpopuler di dunia pendidikan, terima kasih.


Posting Komentar untuk "6 Ciri-Ciri Guru Kreatif"