Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

CONTOH SOAL UJIAN YANG DISELENGGARAKAN OLEH SATUAN PENDIDIKAN TINGKAT SMP MATA PELAJARAN SENI BUDAYA

DAPODIK.CO.ID - CONTOH SOAL UJIAN YANG DISELENGGARAKAN OLEH SATUAN PENDIDIKAN TINGKAT SMP SENI BUDAYA. Ujian  yang  diselenggarakan  oleh  satuan  pendidikan  (sekolah)  merupakan proses  pengumpulan  informasi/data  tentang  capaian  pembelajaran  peserta didik  (siswa)  dalam  aspek  sikap,  pengetahuan,  dan  keterampilan  yang dilakukan  secara  terencana  dan  sistematis  dalam  bentuk  penilaian  akhir semester, penilaian akhir tahun, dan ujian satuan pendidikan.

 


KONSEP UJIAN YANG DISELENGGARAKAN OLEH SATUAN PENDIDIKAN MATAPELAJARAN SENI BUDAYA

 

Ujian yang diselenggarakan oleh satuan pendidikan (sekolah) merupakan proses  pengumpulan  informasi/data  tentang  capaian  pembelajaran  peserta didik  (siswa)  dalam  aspek  sikap,  pengetahuan,  dan  keterampilan  yang dilakukan  secara  terencana  dan  sistematis  dalam  bentuk  penilaian  akhir semester, penilaian akhir tahun, dan ujian satuan pendidikan.

 

Penilaian  Akhir  Semester  (PAS)  digunakan  sebagai  salah  satu pertimbangan untuk pengisian laporan hasil belajar. Penilaian Akhir Tahun (PAT) digunakan untuk salah satu pertimbangan penentuan kenaikan kelas.Ujian  yang  diselenggarakan  oleh  Satuan  Pendidikan/  Ujian  Sekolah  (US) merupakan  penilaian  hasil  belajar  oleh  Satuan  Pendidikan  yang  bertujuan untuk  menilai  pencapaian  standar  kompetensi  lulusan  untuk  semua  mata pelajaran.  US  digunakan  untuk  salah  satu  ertimbangan  penentuan kelulusan peserta didik dari jenjang pendidikan tertentu.

  

PAS  mengukur  hasil  belajar  dengan  materi  semua  KD  pada  semester tertentu. PAT dilaksanakan pada akhir semester genap dengan materi semua KD pada semester genap.

US  mengukur  dan  menilai  kompetensi  peserta  didik  terhadap  Standar Kompetensi  Lulusan  (SKL)  sesuai  Permendikbud  Nomor  21  Tahun  2016 dan SKL tambahan yang ditetapkan sekolah. Dengan demikian, kompetensi yang diujikan dalam PAS, PAT, dan US meliputi sikap, pengetahuan, dan keterampilan.  Selain  itu,  PAS,  PAT,  dan  US  seharusnya  mampu mengungkapkan  kecakapan  literasi,  berpikir  kritis,  berpikir  kreatif,  dan kemampuan komunikasi peserta didik.

 

Adapun  bentuk-bentuk  dokumen  Norma,  Standar,  Prosedur,  dan  Kriteria  (NSPK)

yang  telah  berhasil  disusun  tersebut  antara  lain  berupa  manual,  pedoman, panduan,  dan contoh-contoh inspirasi di bidang pembelajaran dan penilaian. Penyiapan dokumen-dokumen NSPK tersebut dilakukan dalam rangka memberikan fasilitasi layanan dan penjaminan mutu pendidikan, khususnya pada jenjang SMP.

 

Selengkapnya, Paparan Serta Unduh CONTOH SOAL UJIAN YANG DISELENGGARAKAN OLEH SATUAN PENDIDIKAN TINGKAT SMP MATA PELAJARAN SENI BUDAYA Sebagai berikut:


 

Link Unduh CONTOH SOAL UJIAN YANG DISELENGGARAKAN OLEH SATUAN PENDIDIKAN TINGKAT SMP MATA PELAJARAN SENI BUDAYA (klik disini).


Posting Komentar untuk "CONTOH SOAL UJIAN YANG DISELENGGARAKAN OLEH SATUAN PENDIDIKAN TINGKAT SMP MATA PELAJARAN SENI BUDAYA"