Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Cek Keaslian Surat Resmi Dari Kemendikbud

DAPODIK.CO.ID - Cara Cek Keaslian Surat Resmi Dari Kemendikbud. Sebagai instansi yang bergerak dalam dunia pendidikan sekolah sering kali mendapat surat dari kemdikbud baik yang dikirim via surat elektornik maupun via surat melalui POS. 

 

Lalu Bagaiman kita mengenali surat yang kita terima itu asli atau palsu?. Dimasa ini seiring dengan perkembangan zaman, diikuti juga dengan perkembangan motif kejahatan yang dilakukan oleh oknum yang tidak bertanggungjawab guna memperoleh keuntungan semata dengan cara melakukan penipuan. Korban sasaran penipuan biasanya adalah lembaga/ instansi pemerintah dalam hal ini sekolah.

 

Cara Cek Keaslian Surat Resmi Dari Kemendikbud, sebagai penerima surat tentunnya kita dibuat binggung, yang surat tersebut biasanya berisi permintaan data yang langsung ke sekolah-sekolah tanpa melalui dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Kota. Yang mana biasanya diminta data Pegawai dengan menyantumkan data diri, tempat tanggal lahir, Nama asli, rekening tabungan, kontak pribadi/email maupun nomor telphone/handphone.

 

Data yang diminta  biasanya berupa softcopy yang ditujukan ke alamat email yang tercantum pada surat tersebut. Jika data tersebut menggunakan alamat email kemdikbud@gmail.com. Dan perlu diketahui alamat email kemdikbud menggunakan domain Kemdikbud.go.id.

 

Apabila sekolah sudah mengirim data maka pihak sindikat penipuan ini akan menghubungi via telp/ kontak whatsapp kepada calon korban dan meminta sejumlah uang. 

 

Lalu bagaimana cara kita mengetahui surat itu palsu atau asli. Kemdikbud dalam hal ini memberikan sebuah terobosan yang diluncurkan berupa E-Office Aplikasi Perkantoran Elektronik. Aplikasi ini sebagai jawaban terhadap permasalahan yang dilaporkan oleh sekolah yang menerima surat palsu. Dengan aplikasi ini anda bisa mengecek keaslian surat tersebut.

 


Cara Cek Keaslian Surat Resmi Dari Kemendikbud

Berikut ini langkah-langkah yang perlu anda untuk melakukan pengecekan keaslian surat dari kemendikbud melalui aplikasi perkantoran elektronik dengan cara sebagai berikut:

 

1.    Pastikan anda memiliki jaringan internet yang memadai.

 

2.    Siapkan handphone atau bisa juga menggunakan laptop/PC.

 

3.    Silahkan akses alamat ini : https://persuratan.kemdikbud.go.id/

 

4.    Silahkan klik gambar amplop surat "Cek Surat"

 


5.    Selanjutnya silahkan anda masukkan nomor surat tersebut ya " Misalkan 3928/B/HK/2020

 



6.    Silahkan masukkan Kode captcha yang muncul ke dalam kotak yang telah disediakan

 

7.    Klik Cek Surat Keluar.

 


8.    Bila memang surat tersebut asli maka akan muncul beberapa informasi seperti: 1. Tanggal : 2020-07-03, 2. Penandatangan :  Iwan Syahril, Ph.D - Direktur Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan, 3.Perihal : Renstra Ditjen GTK, 4. Unit Kerja : Sekretaris Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan

 

9.    Isi surat tidak boleh dilihat orang !

 

Bagaimana,  Mudah bukan cara mengetahui keaslian surat dari Kemdikbud, teliti dalam membaca dan memahami surat adalah salah satu cara untuk yang perlu dilakukan agar kita tidak menjadi korban penipuan. Selain itu anda juga bisa konfirmasi ke kabupaten/ kota. 

 

Demikian Artikel Yang Sangat Penting Terkait Cara Cek Keaslian Surat Resmi Dari Kemendikbud. Semoga Ada Manfaatnya Dan Silakan Bagikan Artikel Ini Ke Sosial Media Kalian Dengan Menekan Tombol Share Di Bawah.

 

Jika artikel ini kurang jelas dan mungkin masih ada pertanyaan, anda bisa tanyakan pada kolom komentar yang tersedia di akhir postingan ini. Untuk dapat mengikuti berita terbaru dan mendapatkan notifikasi silahkan follow akun www.dapodik.co.id ini. Karena akan menyajikan berita terbaru dan terpopuler di dunia pendidikan, terima kasih.

Posting Komentar untuk "Cara Cek Keaslian Surat Resmi Dari Kemendikbud"