Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Penanaman Sikap dalam Kurikulum 2013 PAUD

DAPODIK.CO.ID - Penanaman Sikap dalam Kurikulum 2013 PAUD Perkembangan    ilmu dan teknologi yangdemikian cepat menjadikan persaingan sumber daya manusia demikian tajam makin mengukuhkan bahwa pendidikan di masa depan tidak hanya membekali peserta didik dengan pengetahuan dan keterampilan semata, tetapi yang sangat penting adalah pengembangan karakter yang kuat, gigih, dan kreatif. 



Dalam pola pengembangan sumber daya manusia yang ditetapkan Kementerian   Pendidikan dan Kebudayaan, sangat  jelas bahwa pendidikan di setiap jenjang mengembangkan  kompetensi sikap, pengetahuan dan keterampilan dengan komposisi yang berbeda.  Semakin awal jenjang pendidikan tersebut semakin besar komposisi pengembangan kompetensi sikap.

 

Sebagai  jenjang pendidikan yang paling dasar, Pendidikan Anak Usia Dini diharapkan menjadi fondasi kuat untuk membentuk sikap dan karakter peserta didik. Implementasinya dalam Kurikulum 2013 Pendidikan Anak Usia Dini, membangun karakter anak dilakukan  dengan penanaman sikap melalui pengembangan  kompetensi sikap.

 

Pengembangan kompetensi sikap bukan hanya sebagai dampak ikutan (nurturan) dari  pengembangan pengetahuan dan keterampilan, melainkan komponen yang harus direncanakan secara lebih matang dan mendalam yang dilaksanakan secara terus  menerus sehingga membentuk kebiasaan lebih lanjut menjadi perilaku  yang akhirnya menjadi sikap dan karakter baik.

 

Pengembangan kompetensi sikap memerlukan proses yang konsisten dalam  jangka waktu  lama. Namun, pelaksanaannya tetap disesuaikan dengan cara belajar anak usia dini yang  dilaksanakan melalui kegiatan menyenangkan dan bermakna. Hal terpenting dalam pengembangan kompetensi sikap adalah keteladan dari tim guru yang menjadi model bagi anak didik. Tanpa keteladanan pengembangan sikap baik akan menjadi sia-sia.

 

Mengingat begitu pentingnya penanaman sikap dalam proses penerapan Kurikulum 2013 Pendidikan Anak Usia Dini, maka dipandang perlu adanya panduan yang dapat dijadikan  contoh inspiratif bagi para guru dalammenanamkan sikap anak didik di Satuan PAUD masing-masing.

 

Sahabat dimanapun anda berada, usia dini adalah anak yang mengalami masa-masa emas dalam masa untuk belajar yang sering di beri nama masa golden age yang biasany terjadi di anak usia 1-6 tahun ini meskipun anak belum bisa konsentrasi dengan tajam pada masa ini anak sangat bagus dalam mengingat. 

 


Demikian Artikel Terkait Penanaman Sikap dalam Kurikulum 2013 PAUD. Semoga Ada Manfaatnya Dan Silakan Bagikan Artikel Ini Ke Sosial Media Kalian Dengan Menekan Tombol Share Di Bawah.

 

Jika artikel ini kurang jelas dan mungkin masih ada pertanyaan, anda bisa tanyakan pada kolom komentar yang tersedia di akhir postingan ini. Untuk dapat mengikuti berita terbaru dan mendapatkan notifikasi silahkan follow akun www.dapodik.co.id ini. Karena akan menyajikan berita terbaru dan terpopuler di dunia pendidikan, terima kasih.


Posting Komentar untuk "Penanaman Sikap dalam Kurikulum 2013 PAUD "