Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Pedoman Penanaman Sikap Pendidikan Anak Usia Dini Kurikulum 2013

DAPODIK.CO.IDPedoman Penanaman Sikap Pendidikan Anak Usia Dini Kurikulum 2013. Undang-undang Nomor 20 tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional  menyebutkan bahwa kurikulum adalah seperangkat rencana dan pengaturan   mengenai tujuan, isi, dan bahan pelajaran serta cara yang digunakan sebagai pedoman penyelenggaraan kegiatan pembelajaran untuk mencapai tujuan pendidikan tertentu. Berdasarkan pengertian tersebut, terdapat dua dimensi kurikulum. Dimensi pertama adalah rencana dan pengaturan mengenai tujuan, isi, dan bahan pelajaran, sedangkan yang kedua adalah cara yang digunakan untuk kegiatan pembelajaran.




Kurikulum 2013 Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) mencakup pengembangan pada aspek struktur kurikulum, proses pembelajaran dengan pendekatan saintifi k, dan penilaian yang bersifat autentik. Kurikulum 2013 mengusung pengembangan pembelajaran konstruktivisme yang lebih bersifat fl eksibel dalam pelaksanaan sehingga memberi ruang pada anak untuk mengembangkan potensi dan bakatnya. Model pendekatan kurikulum tersebut berlaku dan ditetapkan di seluruh tingkat serta jenjang pendidikan sejak Pendidikan Anak Usia Dini hingga Pendidikan Menengah. Keajegan model pendekatan di semua jenjang ditujukan untuk membentuk sikap, pengetahuan, dan keterampilan peserta didik yang lebih konsisten sejak awal sehingga diharapkan peserta didik mampu berkembang menjadi sumber daya manusia yang memiliki kompetensi sikap beragama, kreatif, inovatif, dan berdaya saing dalam lingkup yang lebih luas.

 

Pedoman Penanaman Sikap Pendidikan Anak Usia Dini Kurikulum 2013

 

Sebagai jenjang paling dasar, Kurikulum 2013 Pendidikan Anak Usia Dini diharapkan menjadi fundamen bagi penyiapan peserta didik agar lebih siap dalam memasuki jenjang pendidikan lebih tinggi. Mengantarkan anak usia dini yang siap melanjutkan pendidikan tidak hanya terbatas pada kemampuan anak membaca, menulis, dan berhitung, tetapi juga dalam keseluruhan aspek perkembangan. Tanggung jawab ini harus dipikul bersama antara pemerintah, pengelola dan pendidikan PAUD, orang tua, serta masyarakat.

 

Untuk menyamakan langkah, khususnya bagi para pelaksana layanan program PAUD, guna perlu diberikan pedoman, pelatihan, dan acuan-acuan yang dapat dijadikan sebagai rujukan para pendidik dalam menerapkan kurikulum 2013 Pendidikan Anak Usia Dini di satuan pendidikannya.

 

Pencapaian pendidikan yang lebih baik melalui penerapan Kurikulum 2013 PAUD merupakan suatu keniscayaan jika dilaksanakan bersama-sama oleh seluruh komponen.

 

Pedoman ini sesungguhnya mengukuhkan keyakinan kita semua bahwa menanamkan sikap sejak usia dini seperti mengukir di atas batu, walaupun sulit, hasilnya akan terpatri lama. Oleh karena itu, penanaman sikap menjadi tanggung jawab bersama, antara orang tua, pendidik, pengasuh, masyarakat, dan pemerintah. Untuk itu kebersamaan, keselarasan, dan kemitraan harus selalu digalang untuk mencapa hasil yang diharapkan. Melalui tangan bapak ibu guru, pengelola dan pemerhati PAUD harapan melahirkan anak cerdas diperkokoh dengan sikap tangguh semoga segera terwujud.

Paparan Pedoman Penanaman Sikap Pendidikan Anak Usia Dini Kurikulum 2013:



Demikian Artikel Tentang Pedoman Penanaman Sikap Pendidikan Anak Usia Dini Kurikulum 2013. Semoga Ada Manfaatnya, Terima Kasih.


Jika artikel ini kurang jelas dan mungkin masih ada pertanyaan, anda bisa tanyakan pada kolom komentar yang tersedia di akhir postingan ini. Untuk dapat mengikuti berita terbaru dan mendapatkan notifikasi silahkan follow akun www.dapodik.co.id ini. Karena akan menyajikan berita terbaru dan terpopuler di dunia pendidikan, terima kasih.

 

Unduh Pedoman Penanaman Sikap Pendidikan Anak Usia Dini Kurikulum 2013 Di Sini


Posting Komentar untuk "Pedoman Penanaman Sikap Pendidikan Anak Usia Dini Kurikulum 2013"