Pedoman Pendidikan Sosial Finansial di Satuan PAUD Terbaru

DAPODIK.CO.ID - Pedoman Pendidikan Sosial Finansial di Satuan PAUD Terbaru
. Ada banyak manfaat memperkenalkan pendidikan sosial finansial sejak usia dini karena di usia dini anak sedang berada pada proses belajar untuk menumbuhkan sikap dan perilaku keuangan pribadi. Pendidikan memungkinkan seseorang meraih dan membuka kesempatan masa depan yang lebih baik. Melalui pendidikan karakter dan cara berfikir seseorang dibangun.

Pendidikanlah yang akan mempersiapkan anak didik memahami realitas kehidupan yang dihadapi sehingga kelak ketika dewasa mampu hidup secara mandiri di tengah masyarakat. Membekali anak dengan pendidikan sosial finansial memungkinkan tersedianya anak didik yang tidak hanya nantinya siap bekerja untuk mencari uang, namun juga bagaimana cara mengelola uang.

Anak usia dini merupakan calon para pelaku berbagai aktivitas sosial maupun ekonomi dimasa depan. Kelak keputusan-keputusan yang ia ambil mempengaruhi perkembangan kehidupan masyarakatnya. 

Oleh karena itu penting menumbuhkan rasa menghargai terhadap segala sesuatu yang ada disekitarnya dan bertanggungjawab memanfaatkannya melalui kemampuan mengelola keuangan sejak dini. 

Paulson (2008) menyatakan bahwa fokus kunci pengembangan literasi finansial pada anak usia dini penting karena usia dini adalah kesempatan terbaik kita untuk membuat perbedaan dalam jangka panjang.

Anak usia dini memiliki ketergantungan secara finansial pada orang tuanya dan belum dapat mengontrol sumber daya yang mereka miliki (Holden. K. et.all., 2013). Pada usia tersebut, anak dapat belajar konsep dasar tentang finansial, alat-alat untuk berbagi, dan alat-alat pembayaran yang memungkinkan bagi anak untuk lebih dini dan lebih mudah mengelola tantangan keuangan di masa depan sehingga lebih terjamin keamanan finansialnya.

Upaya untuk meningkatkan kemampuan tersebut, tentunya harus dilakukan sesuai dengan tahapan perkembangan serta memperhatikan kebutuhan anak usia dini.

Masa usia dini adalah tahap kritis dimana fondasi untuk kesejahteraan ekonomi masa depan diletakkan melalui akumulasi pengetahuan dan keterampilan dalam membentuk sifat dan kepribadian (Drever 2015).

Pada anak usia dini intervensi orangtua dan keluarga sangat mempengaruhi perilaku anak dalam perilaku prososial (FU & Padilla - Walker 2019). Hasil penelitian menunjukkan norma keuangan orang tua berpotensi mempengaruhi tahap pembelajaran dan transformasi psikologis anak (2019), sedangkan pendidikan keuangan sekolah memperkuat dampak informasi yang disampaikan oleh norma norma keuangan orang tua.

Karena itu dalam menerapkan Pendidikan Sosial Finansial, satuan PAUD harus bekerjasama dengan keluarga sehingga memberikan dampak pada perilaku anak.

Selengkapnya, Unduh Pedoman Pendidikan Sosial Finansial di Satuan PAUD terbaru:


Demikian Artikel Terbaru Terkait Pedoman Pendidikan Sosial Finansial di Satuan PAUD Terbaru, Semoga Ada Manfaatnya.

Jika artikel ini kurang jelas dan mungkin masih ada pertanyaan, anda bisa tanyakan pada kolom komentar yang tersedia di akhir postingan ini. Untuk dapat mengikuti berita terbaru dan mendapatkan notifikasi silahkan follow akun www.dapodik.co.id ini. Karena akan menyajikan berita terbaru dan terpopuler di dunia pendidikan, terima kasih.

Unduh Pedoman Pendidikan Sosial Finansial di Satuan PAUD Terbaru Di Sini.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Belum ada Komentar untuk "Pedoman Pendidikan Sosial Finansial di Satuan PAUD Terbaru"

Posting Komentar

Gambar ataupun video yang ada di situs ini terkadang berasal dari berbagai sumber media lain. Hak Cipta sepenuhnya dipegang oleh sumber tersebut.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel