Wajib Bagi GTK, Cara Memvalidasi E-Mail dan Memverifikasi Akun Masing-Masing Di Link Terbaru (Tutorial Bagi Guru dan Tendik)

DAPODIK.CO.ID - Wajib Bagi PTK, Cara Memvalidasi E-Mail dan Memverifikasi Akun Masing-Masing Di Link Terbaru (Tutorial Bagi Guru dan Tendik). Salam jumpa kembali pembaca setia www.dapodik.co.id di manapun anda berada. Pada kesempatan yang bahagia ini, ijinkan admin memberikan tutorial yang tentunya sangat di butuhkan oleh bapak/ ibu guru dan tekdik.


Untuk diketahui bahwa Aplikasi Dapodik versi 2021 telah  rilis dan menggunakan database versi baru yang dirilis dalam bentuk installer (tidak ada versi updater).

Untuk jenjang Paud, kode registrasi Aplikasi Dapodik untuk satuan pendidikan pada jenjang PAUD (TK, KB, TPA, SPS) dan pendidikan kesetaraan (SKB/PKBM) telah diubah menjadi kode registrasi format baru yang akan didistribusikan oleh Dinas Pendidikan Kabupaten/Kota. Akun petugas pendataan tidak mengalami perubahan, sehingga akun pada aplikasi sebelumnya dapat digunakan untuk registrasi pada Aplikasi Dapodik versi 2021.

Rilis aplikasi dapodik versi dapodik 2021 itu terdapat 30 perbaikan. Pada artikel kali ini admin fokus dan berbagi dari 2 perbaikan aplikasi dapodik versi 2021 yaitu: [Perbaikan]  Perubahan proses bisnis perekaman GTK untuk pertama kali dikelola oleh Pusdatin dan [Perbaikan] Perubahan proses bisnis pembuatan/perubahan akun GTK untuk jenjang SMP, SMA, SMK dan SLB.

Perbaikan pada aplikasi dapodik versi 2021 ini sangatlah penting dan wajib di lakukan oleh GTK. Karena banyaknya pertanyaan yang muncul lewat imel www.dapodik.co.id kami maka ijinkanlah admin memberikan tutorial tentang Cara Memvalidasi E-Mail dan Memverifikasi Akun Masing-Masing Di Link Terbaru (Tutorial Bagi Guru dan Tendik).

Berikut Ini Adalah Cara Memvalidasi E-Mail dan Memverifikasi Akun Masing-Masing Di Link Terbaru (Tutorial Bagi Guru dan Tendik), Simak Selengkapnya Sebagai Berikut:


1. Untuk Verifikasi Akun PTK, silahkan kunjungi laman https://ptk.datadik.kemdikbud.go.id



2. Klik Login Login Menggunakan SSO dan akan keluar halam login seperti gambar berikut :



3. Masukan alamat Email dan Password PTK yang sudah didaftarkan oleh operator dapodik sekolah anda, kemudian klik tombol Masuk (lihat gambar di atas).

4. Apabila Login berhasil menggunakan Akun PTK tersebut, klik menu Biodata.



5. Di bagian Identitas, klik tombol Akun.



6. Akan ditampilkan identitas PTK yang bersangkutan



7. Pada gambar diatas, ditampilkan alamat email PTK aktif, klik tombol Lanjutkan maka akan keluar isian data Kode Verifikasi.



8. Cek Inbox pada email aktif tersebut, nanti akan ada kode verifikasi email yang masuk. Kemudian masukan Kode Verifikasi tersebut.

9. Klik tombol Simpan.

10. Setelah berhasil di Simpan, silahkan logout dan login kembali dan pastikan Status Verifikasi berubah menjadi "Aktif".

11. Selamat, akun anda sudah diverifikasi.

Demikian Cara Memvalidasi E-Mail dan Memverifikasi Akun Masing-Masing Di Link Terbaru (Tutorial Bagi Guru dan Tendik), Semoga Ada manfaatnya.

Jika artikel ini kurang jelas dan mungkin masih ada pertanyaan, anda bisa tanyakan pada kolom komentar yang tersedia di akhir postingan ini. Untuk dapat mengikuti berita terbaru dan mendapatkan notifikasi silahkan follow akun www.dapodik.co.id ini. Karena akan menyajikan berita terbaru dan terpopuler di dunia pendidikan, terima kasih.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

2 Komentar untuk "Wajib Bagi GTK, Cara Memvalidasi E-Mail dan Memverifikasi Akun Masing-Masing Di Link Terbaru (Tutorial Bagi Guru dan Tendik)"

  1. Kenapa tidak bisa terbuka status verifikasi dari menu akunsehingga saya tidak bisa memverifikasi akun guru dan siswa

    BalasHapus
    Balasan
    1. masih penuh pengguna pada link yang baru. menunggu beberapa hari kedepan baru login lagi. semoga bisa muncul verivikasinya ya

      Hapus
Gambar ataupun video yang ada di situs ini terkadang berasal dari berbagai sumber media lain. Hak Cipta sepenuhnya dipegang oleh sumber tersebut.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel