Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

10 Portal Layanan Program GTK Kemendikbud Terbaru

DAPODIK.CO.ID - 10 Portal Layanan Program GTK Kemendikbud Terbaru. Salam pendidikan, bapak/ ibu guru dimanapun anda berada, di bawah ini merupakan kumpulan jalan pintas menuju ke masing-masing aplikasi Program GTK Kemendikbud.


Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) meluncurkan portal layanan program GTK Kemendikbud yang merupakan wadah bagi guru untuk saling berbagi pengetahuan dan pengalaman serta informasi-informasi penting lainnya demi kemajuan pendidikan di indonesia.

Portal-portal ini bertujuan untuk mendukung proses pembelajaran jarak dekat maupun jarak jauh yang dilakukan saat ini. Seperti salah satu pembelajaran jarak jauh berbeda dengan pembelajaran tatap muka, ada guru yang sudah terbiasa namun ada juga yang belum terbiasa,” ujar Pelaksana Tugas Direktur Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan (GTK) Kemendikbud, Supriano, pada saat peluncuran portal itu secara daring di Jakarta.

Berikut ini adalah 10 Portal Layanan Program GTK Kemendikbud Terbaru Yang Merupakan Kumpulan Jalan Pintas Menuju Ke Masing-Masing Aplikasi Program GTK Kemendikbud:

1.   SIMPKB - Admin / Personal
SIMPKB - Admin / Personal merupakan aplikasi induk dalam manjemen pengembangan keprofesian dan berkelanjutan.
SIM PKB adalah singkatan dari Sistem Informasi manajemen Pengembangan Keprofesian (dan) berkelanjutan.
Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan ini merupakan sebuah program lanjutan dari hasil pemetaan kualitas guru, dengan melihat kualitas guru dari instrumen uji Kompetensi Guru (UKG) yang telah dilakukan pada tahun 2015 kemarin.

Saat ini semua guru yang ada diwajibkan untuk mengikuti simpkb.

2.   PPG - Prajabatan dan Dalam Jabatan
PPG - Prajabatan dan Dalam Jabatan merupakan aplikasi yang menunjang dalam kegiatan Pendidikan Profesi Guru.
Program Pendidikan Profesi Guru (PPG) Prajabatan merupakan program pendidikan yang diselenggarakan untuk mempersiapkan lulusan S1 Kependidikan dan S1/DIV Nonkependidikan yang memiliki bakat dan minat menjadi guru agar menguasai kompetensi guru secara utuh sesuai dengan standar nasional pendidikan sehingga dapat memperoleh sertifikat pendidik profesional pada pendidikan anak usia dini, pendidikan dasar, dan pendidikan menengah.
PPG Dalam Jabatan merupakan guru pegawai negeri sipil dan guru bukan pegawai negeri sipil yang sudah mengajar pada satuan pendidikan, baik yang diselenggarakan pemerintah pusat, pemerintah daerah, maupun masyarakat penyelenggara pendidikan yang sudah mempunyai perjanjian kerja atau kesepakatan kerja bersama.

3.   Guru Berbagi
Guru Berbagi MERUPAKAN platform layanan berbagi materi, media, dan keilmuan dalam lingkup kependidikan.
Selama kebijakan belajar dari rumah berlangsung untuk mencegah penyebaran  Coronavirus Disease (Covid-19), GURU BERBAGI hadir #darimanasaja mendukung guru untuk tetap memberikan pembelajaran yang bermakna bagi pelajar Indonesia.
GURU BERBAGI merupakan gerakan kolaborasi pemerintah, guru, komunitas, dan penggerak pendidikan untuk bersama hadapi Covid-19. Mari gotong royong untuk berbagi ide dan praktik baik melalui Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) agar anak-anak Indonesia bisa belajar dari mana saja.

4.   Organisasi Penggerak
Program pemberdayaan masyarakat dari pemerintah untuk peningkatan kualitas guru & kepala sekolah.
Organisasi Penggerak adalah program pemberdayaan masyarakat secara masif melalui dukungan pemerintah untuk peningkatan kualitas guru dan kepala sekolah berdasarkan model-model pelatihan yang sudah terbukti efektif dalam meningkatkan kualitas proses dan hasil belajar siswa

5.   Guru Penggerak

Aplikasi seleksi untuk Fasilitator, Pendamping dan Calon Guru Penggerak.
Guru Penggerak adalah program pendidikan kepemimpinan bagi guru untuk menjadi pemimpin pembelajaran. Program ini meliputi pelatihan daring, lokakarya, konferensi, dan pendampingan selama 9 bulan bagi calon Guru Penggerak. Selama program, guru tetap menjalankan tugas mengajarnya sebagai guru.

6.   Diklat GPK - Guru Pembimbing Khusus
Mari menjadi bagian dari Guru Pembimbing Khusus abad ke-21 guna memajukan pendidikan inklusif di Indonesia.


7.   Upskilling dan Reskilling Guru Kejuruan (Vokasi)
Program upgrade Guru SMK dan bantuan pemerintah bidang kemitraan & penyelarasan dengan DUDI.


8.   Guru Praktik Baik - Segera
Platform berbagi pengalaman karya-karya praktik baik mahasiswa PPG untuk kemajuan generasi bangsa.


9.    Studi Lanjut Guru - Bantuan Pemerintah
Segera.



10.      Diklat Penguatan Kepala Sekolah
Segera

Demikian Penyampaian Informasi Terupdate Terkait 10 Portal Layanan Program GTK Kemendikbud Terbaru, Semoga Ada Manfaatnya.

Jika artikel ini kurang jelas dan mungkin masih ada pertanyaan, anda bisa tanyakan pada kolom komentar yang tersedia di akhir postingan ini. Untuk dapat mengikuti berita terbaru dan mendapatkan notifikasi silahkan follow akun www.dapodik.co.id ini. Karena akan menyajikan berita terbaru dan terpopuler di dunia pendidikan, terima kasih.

Posting Komentar untuk "10 Portal Layanan Program GTK Kemendikbud Terbaru"